×




PT. INFO CEMERLANG ANDAL NUSA
Konsultan Pendidikan Luar Negeri
(International Education Consultant - Indonesia)

ARTICLE

9 Bahan Pokok untuk Memilih Jurusan Perkuliahan

Ada yang bilang bahwa memilih jurusan perkuliahan itu sama dengan memilih masa depan. Banyak orang yang berspekulasi bahwa orang yang salah dalam memilih jurusan saat kuliah, berarti ia hanya menciptakan masa depan yang sia-sia. Bayangkan saja jika seseorang salah masuk jurusan, kuliah 4 tahun lamanya untuk menempuh gelar sarjana, berapa biaya yang telah dikeluarkan, berapa banyak tenaga yang telah dikucurkan, akan tetapi gelar tersebut tidak dapat menjamin masa depan yang sesuai dengan keinginannya.

 

Maka dari itu, agar masa depan kita capai sesuai dengan apa yang kita inginkan, sebelum memilih jurusan dalam perkuliahan, kita layak mempersiapkan bahan-bahan pokok ini, apa saja sembilan bahan pokok dalam memilih jurusan? Simak yuk. Yang berikut ini:

 

1. Kenali lebih awal Jurusan yang kamu inginkan

Kalau di sekolah ada pelajaran-pelajaran yang kamu tidak sukai, pasti kamu tidak maukan pelajaran tersebut hadir lagi ketika kamu duduk di bangku kuliah. Agar kamu dapat lebih nyaman belajar saat kuliah, ada manfaatnya untukmu dalam mengenali jurusan yang akan kamu ambil, dan lihatlah pelajaran apa saja yang terdapat dalam jurusan tersebut. Jika kamu tidak suka matematika, ambillah jurusan yang didalamnya tidak ada pelajaran matematikanya. Hal ini dapat membuatmu lebih serius dalam mengikuti pelajaran yang ada di jurusan tersebut, hingga mengantarmu ke gelar sarjana.

 

2. Be your self

Jadilah dirimu sendiri, atau jangan sampai terpengaruh oleh siapapun. Jangan memilih jurusan yang hanya kita niatkan untuk ikut-ikutan teman sekolah. Karena hal ini hanya akan membuat kuliahmu sia-sia. Biasakanlah memutuskan sesuatu dengan inisiatif dari diri sendiri, dan jangan biasakan kamu di intervensi oleh berbagai pihak dalam menentukan pilihan. Jika mereka hanya memberi saran atau masukan, jangan dijadikan itu sebagai paksaan agar kamu memilih yang mereka sarankan. Dan Pilihlah jurusan yang sesuai dengan yang kamu inginkan dari hati kamu sendiri.

 

3. Tentukan universitas/kampus yang ahli dalam jurusan yang kamu inginkan

Zaman sekarang memang banyak kampus-kampus yang mulai melengkapi jurusan dalam setiap fakultasnya, dalam kata lain jurusan tersebut masih baru adanya dalam kampus tersebut. Dalam hal ini kamu bisa mempertimbangkan perbedaan jurusan yang di urus dengan universitas yang ahli dalam jurusan tersebut, dibanding dengan universitas yang baru mengadakan jurusan baru dalam universitasnya. Di sinilah kamu bisa meng-compare lagi pilihan kamu. Pilih universitas yang sudah pengalaman atau pilih yang masih amatiran dalam mengelola jurusan tersebut. hal ini dapat dilakukan dengan melihat informasi dari brosur-brosur kampus, atau bisa juga dilihat dari website kampus tersebut.

 

4. ketahuilah bakat dan kemampuan dalam jurusan yang kamu inginkan

Dalam menentukan masa depan, banyak orang-orang yang memaksakan jurusan dalam perkuliahannya. Karena paksaan inilah akhirnya ia memikul beban yang berat dalam perkuliahan, banyak pelajaran kuliah yang ia tidak pahami, akhirnya ia tidak bisa belajar secara aktiv dalam kelas, hal ini dapat menyebabkan kuliah terbengkalai dan harus menunggu bertahun-tahun untuk menyesuaikan kuliah yang dipaksakan demi masa depan itu. Ada baiknya sebelum memilih jurusan kita ketahui dulu seberapa potensi kita untuk mengikuti mata perkuliahan di jurusan tersebut. Agar kita bisa dengan mudah memahami pelajaran dan bisa menyelesaikan kuliah guna mencapai gelar sarjana dengan tepat waktu.

 

5. Lihatlah peluang kerja setelah sarjana

Memilih jurusan memang menentukan masa depan, maka dari itu kamu juga harus lihat apa yang dapat kerjakan jika kamu telah mencapai gelar sarjana. Kamu kerja dimana, kerja sebagai apa. Ini juga harus dipikirkan matang-matang sebelum akhirnya kamu menentukan jurusan tersebut. lihatlah masa depanmu, sebelum kamu menentukan jurusan tersebut.

 

6. Perhitungan keuangan

Sebelum kamu memilih jurusan perkuliahan, ada baiknya kamu menghitung dahulu jumlah keuangan yang akan kamu keluarkan dari mulai biaya pendaftaran sampai biaya wisuda. Karena selain biaya makan, kos, dan pulsa. Masih ada biaya untuk ujian semester, biaya praktikum, biaya KKN dan biaya wisuda. Hal ini dapat mempermudah kamu, agar kamu tidak kaget dengan biaya-biaya tersebut ketika di tengah masa perkuliahan.

 

7. Carilah beasiswa untuk meringankan biaya perkuliahanmu

Jangan patah semangat, jika jurusan yang kamu minati membutuhkan biaya yang besar. Atau jika kamu ingin meringankan biaya perkuliahan, carilah informasi tentang beasiswa yang dapat membantu perkuliahanmu. Beasiswa bisa didapatkan dari pemerintah daerah setempat, bisa dari lembaga-lembaga pendidikan, atau bisa juga dari perusahaan swasta yang memberikan program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi pada setiap tahunnya.

 

8. Bertemanlah dengan orang yang baik sesuai keinginanmu

Ada pepatah yang mengatakan, jika kita ingin mengetahui seseorang maka tanyalah temannya.

Kehidupan sebagai mahasiswa memang tak lepas dari seorang teman. Teman yang baik akan mengantarkanmu kedalam kebaikan dan sebaliknya. Ada baiknya sebelum kamu masuk kedalam jurusan yang kamu minati, bertemanlah dengan orang-orang yang mempunyai visi dan misi yang sama denganmu. Pertemanan dalam perkuliahan biasa terjalin mulai dari masa pendaftaran, ujian, ospek hingga memasuki masa perkuliahan.

 

9. lihatlah record para sarjana yang telah lulus dari jurusan tersebut

Biasanya sebelum memilih jurusan kuliah, tepatnya ketika masa pendaftaran, ada para sarjana yang ikut mempromosikan jurusan tersebut. Tak ada salahnya bagi kamu untuk mengetahui, bagaimana perjalanan para sarjana yang lulus dari jurusan yang sama dengan kamu. Karena hal ini juga bisa menentukan apa yang akan kamu bisa kerjakan ketika kamu sudah seperti mereka atau sudah lulus dari perkuliahan. Entah dari segi kehidupan ataupun dari segi pekerjaan.

 

Inilah sembilan bahan pokok yang dapat kawan-kawan persiapkan sebelum memilih jurusan dalam perkuliahan. Sebelum melangkah lebih jauh, awalilah dengan kebaikan dalam memilih jurusan, jangan sampai terlalu jauh memaksakan perkuliahan yang tidak kawan-kawan inginkan. Karena masa depanmu ada ditanganmu sendiri. Semoga kawan-kawan bisa memilih jurusan secara tepat dan dapat selesai kuliah sesuai dengan apa yang kawan-kawan inginkan.

 

 

 

 

Sumber : Kompas.


×

Konsultasi GRATIS

Nama

Email

No.Telp/HP

Pertanyaan

HOTLINE

GADING SERPONG:
021-5421 0200 / 5422 0200
PLUIT VILLAGE:
021-6667 0206 / 6667 0204
TAMAN PALEM:
021-2255 3272 / 2255 3706

D23D51C0

info@ican-education.com