×




PT. INFO CEMERLANG ANDAL NUSA
Konsultan Pendidikan Luar Negeri
(International Education Consultant - Indonesia)

ARTICLE

MENJAGA KESEHATAN MATA DENGAN OLAHRAGA MATA
 
 

Bagi anda yang sangat sering menghabiskan waktu anda di depan komputer atau gadget milik anda sangat penting sekali untuk memperhatikan dan menjaga kesehatan mata anda. Untuk sebagian orang menatap layar monitor dalam waktu yang lama dapat menimbulkan lelah, perih dimata hingga pusing. Dan jika anda termasuk dalam orang kategori ini, maka menjaga kesehatan mata anda adalah prioritas paling utama. Meskipun saat ini anda belum memiliki masalah dengan mata anda alangkah baiknya jika kita melakukan pencegahan sejak awal. Karena untuk menjaga kesehatan tak perlu kita menunggu sakit terlebih dahulu.

 

Salah satu bentuk untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan melakukan olahraga mata. Olahraga mata penting untuk menjaga fungsi mekanis maupun optiknya. Rajin dalam olahraga mata juga meningkatkan kemampuan fokus mata. Fungsi mekanis mata adalah kemampuan untuk tetap dalam kondisi stabil dengan mengkordinasikan dan memperkuat otot-otot mata. Sedangkan fungsi optik adalah kemampuan mata mengkordinasikan kedua buah ola mata dalam memperbaiki visual yang dihasilkan. Dengan kemampuan optik maka mata dapat mengirim citra gambar 3 dimensi dan mengirimnya ke otak dan akhirnya membuat mata mampu melihat objek tersebut dengan lebih baik.

 

Mungkin dengan olahraga mata tidak dapat mengurangi ketergantungan terhadap kacamata, namun dapat memperbaiki dan meningkatkan kekuatan dan daya tahan mata setelah anda pakai seharian untuk aktifitas yang berat. Olahraga mata rutin dapat membantu anda agar tidak merasa cepat kelelahan atau pusing ketika jam kerja selesai, selain itu hal ini dapat membuat mata dalam kondisi yang lebih sehat saat mengawali aktifitas anda.

Berikut adalah olahraga mata yang dapat anda lakukan setiap hari :

 

1. Memutar Bola mata

Memutar bola mata berlawanan dan searah dengan jarum jam, kemuadian ulangi lagi setiap 30 menit sekali. Hal ini sangat penting dilakukan untuk meregangkan pikiran dan mata anda yang tegang, apalagi bila anda bekerja dan duduk di depan layar komputer atau saat anda belajar dalam waktu yang cukup lama.

 

2. Tutup Mata dengan Telapak Tangan

Tutup mata anda, kemudian tutup lagi dengan kedua telapak tangan anda, ingat jangan terlalu rapat agar mata anda tidak tertekan saat ditutup. Hal ini dilakukan untuk membuat mata anda menjadi rileks, dan harus diingat badan anda juga harus rileks

 

3. Fokus dengan Objek Lain
Bila mata anda sudah sangat lelah, dianjurkan untuk melihat objek lain disekitar anda selama kurang lebih setengah menit. Cobalah untuk memperbaiki fokus mata anda, berkediplah dengan cepat beberapa kali. Lalu pandanglah objek yang dekat dengan anda selama kurang lebih 15 detik, dan berkediplah lagi dengan cepat secara beberapa kali. Ulangi lagi beberapa kali agar mata anda menjadi rileks.

4. Memandang Objek Hijau
Cara lain mengobati mata lelah bila ada pepohonan di sekitar ruangan anda adalah lihatlah keluar ruangan anda, lihatlah warna hijau pepohonan disekitar ruangan anda. Lakukan hal ini selama 2 - 3 menit setiap 2-3 jam saat anda terus menerus menatap layar monitor. Hal ini dilakukan agar mata anda tidak terus menerus menatap warna yang terlalu cerah sehingga membuat mata lelah dan kepala pusing. Dengan melakukan hal ini akan memberikan visual yang lebih rileks dan sejuk di mata anda.

 

 

Sumber : ananimex.biz


×

Konsultasi GRATIS

Nama

Email

No.Telp/HP

Pertanyaan

HOTLINE

GADING SERPONG:
021-5421 0200 / 5422 0200
PLUIT VILLAGE:
021-6667 0206 / 6667 0204
TAMAN PALEM:
021-2255 3272 / 2255 3706

D23D51C0

info@ican-education.com