×




PT. INFO CEMERLANG ANDAL NUSA
Konsultan Pendidikan Luar Negeri
(International Education Consultant - Indonesia)

ARTICLE

Perbedaan antara TOEFL IBT dan PBT

Test of English As a Foreign Language(TOEFL).  Tes ini dilakukan untuk mengukur dan mengetahui kapabilitas dan kecakapan kita dalam berbahasa Inggris. Tes ini diselenggarakan oleh ETS atau Educational Testing Service dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1963. Tes TOEFL juga bisa digunakan untuk mendapat bantuan dana pendidikan atau beasiswa. Berikut akan dibahas dan disebutkan mengenai  jenis tes TOEFL serta perbedaan dari masing-masing tes.

 

Perbedaan antara TOEFL IBT dan PBT adalah pada saat pengujiannya, PBT lebih menggunakan lembaran kertas dan pensil sedangkan IBT lebih menggunakan computer dan koneksi internet. 

berikut penjelasan scara mendetail :

  • PBT (Paper Based Test TOEFL) atau dalam bahasa kita adalah tes TOEFL berbasis kertas. Seperti namanya, tes ini dilakukan di atas kertas dengan tiga sesi ujian yaitu Listening, Structure, dan Reading. Jenis TOEFL ini memiliki rentang nilai atau skor dari 310 hingga 677 sebagai nilai paling maksimum. Tes ini berlangsung selama 2 hingga 2,5 jam. Saat ini, PBT-TOEFL sudah tidak diberlakukan lagi di lingkup internasional, kecuali beberapa negara saja. Namun, ada banyak instansi lokal di Indonesia yang masih mau menerima hasil score PBT-TOEFL.
  • iBT ( Internet Based Test ) Tes ini dibagi menjadi 4 bagian, yaitu reading, listening, writing, dan speaking. Berikut adalah rincian tes nya:
    1. Reading. Kita diberikan bacaan panjang yang terdiri dari beberapa paragraf, kemudian diharuskan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan paragraf tersebut. Terdapat beberapa bacaan dengan tema beragam yang diberikan kepada kita
    2. Listening. Secara umum pada listening kita mendengarkan sesuatu dan kemudian menjawab beberapa pertanyaan dari situ. Ada dua macam audio pada listening: yang pertama berupa lecture seperti pada kuliah, dan yang kedua adalah percakapan antara dua orang. Seperti pada kuliah sebenarnya, kita diizinkan untuk mencatat yang kita dengar.
    3. Writing. Writing ada dua bagian. Yang pertama adalah membaca sebuah bacaan, kemudian kita menjawab pertanyaan yang diajukan dengan membuat sebuah essay.  Yang kedua adalah menuliskan sebuah essay yang berisi opini pribadi atas suatu isu, kalau tidak salah minimal 300 kata.
    4. Speaking. Pada speaking kita berbicara pada sebuah mikrofonBerbeda dengan bicara kepada orang, tidak akan ada feedback dari lawan bicara kita, sehingga akan terasa sangat awkward, seolah kita sedang berbicara sendiri. Ada tiga bagian. Yang pertama kita menjawab sesuatu yang personal (menceritakan pengalaman hidup), yang kedua adalah memberikan opini, dan yang ketiga meringkas suatu lecture.

sumber : Jusuf tobing blogspot

 

 

kini ICAN English menyediakan kelas persiapan untuk TOEFL IBT di wilayah tangerang & jakarta, cek detail lokasi dan info lainnya? hubungi ke (021) 2255 3272 atau (021) 5422 0200


×

Konsultasi GRATIS

Nama

Email

No.Telp/HP

Pertanyaan

HOTLINE

GADING SERPONG:
021-5421 0200 / 5422 0200
PLUIT VILLAGE:
021-6667 0206 / 6667 0204
TAMAN PALEM:
021-2255 3272 / 2255 3706

D23D51C0

info@ican-education.com