×




PT. INFO CEMERLANG ANDAL NUSA
Konsultan Pendidikan Luar Negeri
(International Education Consultant - Indonesia)

COUNTRIES



KULIAH DAN STUDI DI Belanda (Netherlands)



Belanda sudah dikenal sebagai penghasil filsuf dan seniman terkenal di dunia seperti Erasmus, Spinoza, Van Gogh dan Rembrandt. Hal inilah yang menyebabkan negara ini dijadikan salah satu pusat study dan kebudayaan di Eropa. Jika dilihat dari kualitas universitas-universitas yang ada di Belanda, semuanya masuk dalam rangking 100 besar. Berdasarkan daftar rangking universitas terbaik yang ada di dunia. Soal dana penelitian juga tersedia sangat memadai. 

Belanda disebut juga Holland. Kata holland berasal dari kata houtland yang berarti tanah hutan. Berdasarkan letak astronomisnya, negeri Belanda terletak di antara 50°LU-53° LU dan antara 3° BT-7° BT. Batas-batas negeri Belanda adalah sebagai berikut: 

  • di sebelah utara negeri Belanda berbatasan dengan laut utara;
  • di sebelah timur negeri Belanda berbatasan dengan dataran wilayah Jerman;
  • di sebelah selatan negeri Belanda berbatasan dengan Belgia;
  • di sebelah barat negeri Belanda berbatasan dengan laut utara. 

 

 Benefit kuliah di Belanda

Setiap tahunnya ada sekitar 1,200 mahasiswa Indonesia yang berada di Belanda untuk menempuh studi gelar. Total mahasiswa internasional yang belajar di Belanda tahun 2012-2013 ada lebih dari 90,500 pelajar. Mahasiswa asing di Belanda paling banyak berasal dari Cina dan Jerman, sementara Indonesia ada di urutan ke sebelas. 

Ada lebih dari 2,100 program studi internasional yang ditawarkan perguruan tinggi Belanda, artinya perkuliahan seluruhnya dilakukan dalam bahasa Inggris. Hidup sehari-hari pun bisa dengan bahasa Inggris, karena orang Belanda fasih berbahasa Inggris. 

Kualitas pendidikan tinggi di Belanda tidak perlu diragukan lagi. Selain adanya sistem kontrol kualitas nasional dan kode etik yang harus ditandatangani universitas, banyak universitas riset di Belanda juga selalu masuk ke berbagai ranking universitas terbaik di dunia.

Pengurusan visa pelajar untuk kuliah ke Belanda

Untuk mengurus Visa Pelajar ke Belanda diperlukan waktu hinga selesai +/- sekitar 14 hari setelah diajukan melalui Kedutaan Besar Belanda di Indonesia, maka dianjurkan untuk memulai proses pendaftaran sedikitnya 1 bulan sebelum program dimulai. Untuk lebih lanjut mengenai dokumen yang perlu dipersiapkan silahkan menghubungi tim konsultan pendidikan kuliah ke Belanda kami disini.

 
Destinasi wisata terbaik di Belanda 

Belanda adalah negara yang sangat terkenal di dunia, tempat wisata di Belanda juga cukup banyak. Banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi oleh pengunjung luar negeri ataupun dalam negeri. Bagi kamu yang ingin mengunjungi negara ini, berikut ini ada daftar tempat wisata di Belanda yang sangat terkenal yang wajib untuk kamu kunjungi. 

  • Kanal Amsterdam
    Amsterdam memiliki banyak kanal yang mulai dibangun pada abad ke-17. Dari banyaknya kanal tersebut, 3 diantaranya membentuk sabuk konsentris pada daerah sekitar kota. 3 kanal tersebut yaitu Herengracth, Prinsengranct dan juga Keizersgracht. Panjangnya saat ini lebih dari 100 km atau setara dengan 60 mil dengan jembatan yang berjumlah 1.500. Oleh sebab itu, kanal-kanal ini merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. 
  • Taman Bunga Keukenhof
    Taman ini adalah taman bunga yang terbesar, bahkan merupakan taman yang dijadikan promosi industri bunga di Belanda. Di taman ini terdapat banyak bunga tulip, bunga gondok, bunga bakung dan bunga musim semi lainnya dapat kamu temukan di taman ini. Jika kamu ingin pergi ke taman ini, maka kamu hanya dapat mengunjunginya di bulan Maret pada minggu terakhir hingga pertengahan bulan Mei. Karena keindahan tamanya, taman ini menjadi tempat wisata di Belanda yang jadi favorit para wisatawan. 
  • The Peace Palace
    Bangunan ini merupakan bangunan yang sering dijadikan tempat pertemuan PBB. Desain arsitektur bangunan ini mirip dengan istana yang ada di negeri dongeng. Oleh sebab itu, salah satu tempat wisata di Belanda ini tidak boleh kamu lewatkan. Yang lebih unik lagi, bangunan ini terdapat kayu yang merupakan hadiah dari negara Indonesia untuk Belanda. 
  • Desa Kinderdijk
    Desa ini merupakan desa yang sangat terkenal, pasalnya lebih dari 1000 kincir angin dapat kamu temukan disini. Kincir angin yang juga merupakan salah satu icon negara Belanda ini dibangun pada tahun 1740an, sampai saat ini kincir angin tersebut masih terpelihara. 
  • Friesland
    Friesland merupakan rantai pulau yang ada di Laut Utara Belanda. Tempat wisata yang satu ini dapat kamu kunjungi dengan bantuan pengawasan yang dilakukan oleh pemandu yang memiliki lisensi. Yang lebih seru, beberapa tempat di pulau ini dapat kamu lalui dengan berjalan diatas lumpur saat air laut sedang surut.
Jenis - jenis transportasi di Belanda

Belanda menggunakan sistem transportasi yang sudah terintegrasi satu sama lain. Integrasi antara bus, tram dan kereta api informasi nya sudah lengkap tersedia. Jadwal keberangkatan dari tujuan A ke tujuan B dalam beberapa bulan ke depan pun sudah ada (jika tidak ada perubahan mendadak). Lebih mengagumkannya lagi, jadwal yang ada sangat sesuai dengan jadwal keberangkatan yang sebenarnya. Jadi, kita terlambat satu menit, artinya kita harus menunggu untuk jadwal berikutnya. Informasi mengenai jadwal dan tujuan keberangkatan bisa di akses secara online melalui website 9292. Tidak hanya itu, akses ini juga sudah tersedia dalam bentuk aplikasi di ponsel baik berupa android, apple dan windows phone. Berikut beberapa informasi transportasi umum yang digunakan di Belanda. 

  • BIS
    Bis di Belanda menghubungkan dua kota lewat desa-desa kecil dan bis dengan rute dalam kota. Bis kota berjalan tiap 8 – 10 menit sementara bis antar kota datang tiap 15 – 30 menit. Setelah jam 7 malam semakin jarang ada bus. Yang biasanya datang per 10 menit jadi 4 kali per jam. Setelah jam 9 biasanya hanya 2 kali per jam. Bis terakhir berjalan jam 12.30 malam. Setelah itu tidak ada bus lagi kecuali week end, ada disco bus. Tiap jam hingga jam 4 ada disco bus untuk orang yang keluar malam dan pulang dini hari. Didalam bus tersedia fasiiltas untuk penyandang cacat dan free WiFi on board. 
  • TRAM
    Di Belanda tram hanya ada di kota berikut: Amsterdam, The Hague, Rotterdam and Utrecht dan daerah pinggiran kota tersebut.
     
  • METRO
    Metro hanya ada di Amsterdam dan Rotterdam dan juga terbatas tujuannya. Jaringan Metro di kedua kota ini sangat terbatas, tidak bisa dibandingkan dengan Metro di Paris atau Tubes di London.
     
  • KERETA API
    Belanda mempunyai jaringan rel kereta api yang luas. Tarif kereta api termasuk mahal tapi naik kereta api disini termasuk nyaman dan cepat. Ada tiga jenis kereta api di Belanda. Stoptrein: kereta api yang berhenti di setiap stasiun, Intercity trein: kereta api dengan rute jauh dan hanya berhenti di stasiun besar. Yang terakhir kereta api antar negara. Enaknya di Eropa memang bisa travel dengan kereta api. 
     
  • KAPAL
    Berhubung di Belanda banyak sekali kanal dan sungai, kapal atau perahu adalah salah satu mode transportasi umum. Veerboot (ferry) melayani jaringan point to point. Ada ferry yang menghubungkan tanah Belanda dengan kepulauan Wadden di daerah utara dan ada Ferry besar yang melayani route Hoek van Holland ke Inggris. Ada lagi jenis Ferry yang menyebrangi sungai, namanya veerpont. Ferry jenis ini mengangkut pejalan kaki, orang naik sepeda, orang bermotor, mobil dan truk.
     
  • OV-CHIPKAART
    Naik kendaraan umum di Belanda wajib menggunakan OV-Chipkaart (Openbaar Vervoer atau transports umum). OV-chipkaart itu smart card dengan saldo yang kalian isi untuk membayar tarif di bis, kereta, metro dan tram. Saldo akan dihitung menurut jarak yang ditempuh. Harga 1 OV-chipkaart € 7,5. Setelah itu pengguna dapat mengisi saldo dari € 5 € 10 sampai  € 150. Cara memakai OV-chipkaart gampang, Di setiap stasiun, bis dan tram ada scanner. Pengguna hanya perlu menscan kartu until check in dan check out. Selagi check out akan tertera saldo yang tersisa dan tarif yang dipakai.
     
  • SEPEDA
    Belanda terkenal dengan sepedanya. Di sini banyak orang bersepeda karena fasilitasnya bagus sekali. Para mentri di Belanda pun naik sepeda ke gedung parlemen. Para komuter biasanya punya dua sepeda. Satu sepeda untuk dipakai dari rumah ke stasiun kereta api, dan satu sepeda dari stasiun ke kantor.

List Institution

Konsultasi GRATIS

Nama

Email

No.Telp/HP

Pertanyaan

HOTLINE

GADING SERPONG: 021-5421 0200 / 5422 0200

PLUIT VILLAGE: 021-6667 0206 / 66670204

D23D51C0

info@ican-education.com