×




PT. INFO CEMERLANG ANDAL NUSA
Konsultan Pendidikan Luar Negeri
(International Education Consultant - Indonesia)

COUNTRIES



KULIAH DAN STUDI DI Perancis (France)



Perancis adalah sebuah negara di Eropa barat. Perancis adalah negara terbesar ketiga Eropa dalam hal luas wilayah. Hanya Rusia dan Ukraina yang memiliki wilayah lebih luas. Ibukota dan kota terbesar Perancis adalah Paris, salah satu megapolitan di dunia. Selama ratusan tahun, Paris telah menjadi pusat seni dan ilmu dunia. Banyak seniman besar telah menghasilkan karya terbaik mereka di sana. Setiap tahun, jutaan wisatawan mengunjungi landmark Paris yang terkenal seperti Katedral Notre Dame, Menara Eiffel, dan Louvre -salah satu museum seni terbesar di dunia. Perancis juga salah satu negara manufaktur terkemuka di dunia. Perancis merupakan salah satu produsen mobil terbesar di dunia. Negara ini juga memiliki industri kimia dan baja yang besar. Selain itu, Perancis adalah produsen terkemuka gandum, sayuran, dan banyak tanaman lain. Perancis berdiri sama tinggi di antara negara-negara dunia dalam hal perdagangan, yang diukur dari nilai ekspor. Negara ini juga memiliki peran penting dalam perpolitikan dunia. Kebijakan luar negeri Perancis banyak mempengaruhi jutaan orang di negara-negara lain. Perancis adalah salah satu pemain kunci dalam permainan politik dan ekonomi di Eropa. Melayani sebagai perbatasan antara Semenanjung Iberia dan daratan Eropa, Prancis telah lama menjadi titik fokus budaya di Eropa. Paris juga merupakan pusat dari industri fashion dan banyak pengaruh mode terkemuka di dunia. Negara ini juga telah menghasilkan beberapa penulis paling terkenal di dunia, termasuk nama-nama seperti Rousseau dan Voltaire. Dengan koneksi ke Jerman, Prancis menjabat sebagai salah satu pemimpin dalam menyatukan Eropa dan mulai Uni Eropa. Selain fashion dan menulis, Prancis ini dikenal karena tradisi kuliner. 

Letak astronomis Prancis adalah 42oLU–51oLU dan 5oBB–9oBT. Adapun batas negara ini adalah di sebelah barat berbatasan dengan negara Jerman, Swiss, dan Italia. Di sebelah utara berbatasan dengan Selat Inggris dan Belgia. Adapun di selatan berbatasan dengan Laut Mediterania dan negara Spanyol. Sebagai negara terluas di Benua Eropa, tentu saja keadaan fisik Prancis sangat bervariasi. Keadaan alam Prancis secara garis besar dikelompokkan menjadi tiga bagian sebagai berikut : 

 

  1. Dataran rendah
    Dataran rendahnya yang luas terletak di bagian barat dan dialiri oleh sungai-sungai besar sehingga sangat cocok untuk pertanian. Sungai utamanya antara lain Sungai Rhein merupakan sungai terpenting di Eropa yang bermuara ke Laut Utara, Sungai Loire, Sungai Seine, Sungai Garonne bermuara ke Samudra Atlantik, dan Sungai Rhone bermuara ke Laut Tengah.

  2. Dataran tinggi tengah
    Dataran tingginya banyak dijumpai di bagian tengah, ke arah timur terdapat rangkaian pegunungan yang dijadikan batas dengan negara-negara tetangga di bagian timur, yaitu Pegunungan Vosges menjadi batas dengan Jerman, Pegunungan Yura menjadi batas dengan Swiss, dan Pegunungan Alpen menjadi batas dengan Italia. Pada Pegunungan Alpen terdapat puncak tertinggi Prancis yaitu Gunung Blanc (4.808 m).

  3. Pegunungan bagian selatan
    Di bagian selatan terdapat pegunungan yang menjadi batas alam antara Prancis dengan Spanyol yaitu Pegunungan Pyrenes. Keadaan iklim Prancis terdiri atas tiga bagian yaitu iklim laut yang terletak di bagian utara dan barat dipengaruhi oleh angin barat dari Samudra Atlantik. Iklim kontinental atau daratan terdapat di bagian tengah dan timur Prancis. Iklim yang ketiga adalah iklim mediteran terletak di sepanjang Laut Tengah.  
 Benefit kuliah di Perancis
  • Prancis merupakan Negara kaya, maju dan negara terindah di Eropa. Karena hal tersebutlah Prancis menjadi salah satu Negara tujuan wisata dan kuliah.
  • Di Prancis terdapat lebih dari 300 Universitas terbaik dengan 2000 program kuliah yang ditawarkan. Hal tersebut membuat calon mahasiswa dapat memilih sesuai dengan kemampuan dan keinginan mereka masing-masing.
  • Masa kuliah singkat, hanya 3 tahun.
  • Biaya pendidikan yang rendah, karena adanya subsidi untuk pendidikan dari pemerintah Perancis ke setiap institusi negeri.
  • Terdapat program bahasa Inggris.
  • Terdapat beasiswa dan bantuan pendanaan.
  • Biaya hidup bagi mahasiswa di Prancis sekitar €400 - €650.
  • Kesempatan mendapat pekerjaan yang lebih baik di tempat yang diinginkan.
Pengurusan visa pelajar untuk kuliah di Perancis

Untuk mengurus Visa Pelajar ke Perancis diperlukan waktu antara 3 - 4 minggu setelah diajukan melalui Kedutaan Besar Perancis di Indonesia, maka dianjurkan untuk memulai proses pendaftaran sedikitnya 6 bulan sebelum program dimulai. Untuk lebih lanjut mengenai dokumen yang perlu dipersiapkan silahkan menghubungi tim konsultan pendidikan kuliah ke Perancis kami disini.

 
 
Destinasi wisata terbaik di Perancis 

Paris, Perancis merupakan salah satu kota yang sangat terkenal di seluruh dunia, tempat ini punya pesona yang luar biasa. Tidak heran jika Perancis menjadi salah satu negara dengan pengunjung dari luar Perancis yang banyak setiap tahunnya. Nah kalau Anda ingin datang ke Paris, pastikan untuk mengunjungi Tempat Wisata di Paris yang terkenal ini. Berikut adalah beberapa tempat yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Paris.

  1. Arc de Triomphe
    Arc de Triomphe atau Gerbang Kemenangan adalah monumen di tengah Place de l'Etoile, bertujuan untuk merayakan kemenangan Perancis dan menghormati semua yang gugur dalam pertempuran. Ini adalah salah satu monumen terpopuler di Paris dan merupakan salah satu gapura terbesar dalam sejarah. Selain itu, gapura yang dibangun ini untuk memperingati kemenangan Napoleon. Gapura ini terletak di tengah bundaran Place Charles de Gaulle, di ujung barat jalan Champs-Elysees, Paris, Perancis. Arc de Triomphe di bangun atas perintah Napoleon pada masa kejayaannya pada tahun 1806, setelah ia menang melawan Austria dalam perang Austerliz. Arc de Triomphe dihiasi oleh banyak patung dan relief yang menggambarkan perang Napoleon. Selain itu juga terdapat banyak ukiran lain di dinding monumen ini. Selain itu masih banyak lagi yang bisa dilihat jika kita berkunjung ke Arch de Triomphe, seperti makam seorang tentara tak dikenal, masuk ke museum di dalam Arch de Triomphe, serta naik ke puncaknya dan melihat dari atas jalan-jalan di Paris yang berpusat di Arch de Triomphe.

  2. Menara Eiffel
    Menara Eiffel atau La Tour Eiffel merupakan menara yang menjadi ikon kota Paris. Menara ini berada di taman Champ de Mars, Paris, Perancis, dan merupakan salah satu landmark paling terkenal di dunia yang menjadi destinasi utama para wisatawan. Jika berkunjung ke Menara Eiffel tidak asik kalau tidak naik ke atas dan melihat panorama Paris dari sana. Tapi lebih mengesankan lagi jika naik menara Eiffel saat malam hari sambil melihat kerlap-kerlip lampu kota Paris dan menikmati hidangan di restauran Menara Eiffel. Selain itu, kita juga bisa membeli suvenir dan mengirim kartu pos langsung dari menara Eiffel. Sebetulnya tempat wisata ini adalah hasil rangkaian 18.083 besi yang dibangun antara 1887 dan 1889. Meski dibangun untuk merayakan seabad revolusi Perancis, pembuatannya sendiri mengundang kritik dari seluruh Perancis. Kalangan seniman menilai tidak adanya keindahan dari Eiffel, sedang para arsitektur mendebat ketahanan angin pada strukturnya. Meski begitu, ikon Perancis ini tetap setia dikunjungi oleh jutaan orang setiap tahun.

  3. Museum Louvre
    Museum Louvre atau Musée du Louvre, adalah bekas istana kerajaan Perancis yang sekarang menjadi salah satu museum terbesar di dunia dan sekaligus museum paling terkenal di Paris. Museum ini menjadi museum yang paling banyak dikunjungi di dunia, dengan kunjungan lebih dari 8 juta orang per tahun. Louvre Museum berisi lebih dari 380 ribu objek pameran dan memajang lebih dari 35 ribu karya seni. Yang menjadi primadona tentu saja adalah lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci yang seolah sudah menjadi ikon Museum Louvre. Dua masterpiece lain yang sekarang kian populer setelah menjadi setting lokasi dalam novel The Da Vinci Code dan juga film adaptasinya yang sama-sama sukses, juga bisa di jumpai di Louvre Museum. Ingin tahu apa saja yang bisa dilihat di Museum Louvre selain Mona Lisa, Piramida Louvre, dan Piramida Terbalik. Dahulu gedung yang dijadikan museum Louvre adalah istana (Palais de Louvre) yang dibangun tahun 1190 dan mengalami tahap penyelesaian menjadi seperti gedung yang terlihat saat ini. Kemudian pada tahun 1989 arsitektur Amerika asal China, I.M Pei membuat piramida kaca yang dijadikan salah satu dari 3 pintu masuk. Untuk bisa menikmati Museum yang memamerkan lebih dari 35000 obyek seni dari jaman pra-sejarah hingga abad ke-19 ini, anda harus datang pagi-pagi sekitar jam 09.00 karena di sini selalu ramai pengunjung sehingga harus mengantri.

  4. Saint-Malo
    Saint-Malo merupakan sebuah kota di Perancis yang terletak di bagian barat. Tepatnya di provinsi Brittany di Selat Inggris. Penduduknya berjumlah 50.675 jiwa dan memiliki luas wilayah 36,58 km². Sementara kepadatan penduduk mencapai 1.385 jiwa/km². Saint-Malo, awalnya dibangun sebagai benteng berdinding menjaga muara sungai Rance, itu selama berabad-abad rumah bagi bajak laut ditakuti. Mereka semua pergi ke Davy Jones 'Locker, meskipun, dan sekarang itu kota yang paling dikunjungi di Brittany. Berjalan-jalan ramai kota tua direkonstruksi dan pantai yang luas, pastikan untuk berhenti di Grande Porte, Porte St-Vincent, kastil kota dengan Musée de la Ville dan Grand Aquarium.

  5. Jembatan Archevêché (Gembok Cinta)
    Gembok cinta di Paris yang sangat terkenal berada di jembatan Arts dan jembatan Archevêché. Gembok cinta ini digantungkan terkunci oleh dua sejoli yang kasmaran. Tujuannya ialah agar cinta mereka terkunci abadi. Di gembok yang terpasang, kita bisa melihat nama yang tertulis, unik memang memercayakan sebuah gembok untuk kelanggengan hubungan percintaan. Kabarnya, tradisi yang dilakukan oleh penduduk Perancis hingga mancanegara yang datang ke tempat ini mulai membawa masalah bagi jembatan itu sendiri. Berhubung jembatan kuno Arts dan Archevêché ini sangat dijaga kelestariannya, pemerintah sedang mencari jalan keluarnya untuk memindahkan gembok tersebut. Bagi pembaca yang masih ingin melihat bukti cinta dari pasangan seluruh dunia, saatnya sekarang untuk mengunjungi dua jembatan dengan gembok cintanya.

  6. Mencicipi Kuliner di Cafe Populer
    Selain menara Eiffel, satu lagi yang tidak bisa dipisahkan dari Paris adalah Cafe. Tampaknya cafe tak hanya menjadi gaya hidup, tapi juga kebudayaan warga Paris. Saat berkunjung ke Paris Anda akan menemui banyak deretan cafe di pinggir jalan yang menyediakan outdoor seating di trotoar. Hampir semua cafe di Paris mempunyai desain klasik dan khas Perancis yang dapat menyegarkan mata. Sepertinya memang kurang lengkap rasanya kalau berkunjung ke Paris tanpa mengunjungi salah satu cafe populernya untuk mencicipi beragam kuliner yang disajikan disana.

 

Jenis - jenis transportasi di Perancis

Sebagai salah satu negara maju di benua Eropa, Prancis memiliki sistem transportasi yang sangat memadai, dan secara umum terdapat beberapa jenis moda tranportasi yaitu :

  1. Train à Grande Vitesse
    Train à Grande Vitesse yang berarti kereta kecepatan tinggi. TGV adalah kereta penumpang, namun ada juga yang digunakan untuk pengiriman surat antara Paris dan Lyon.

  2. Le Viaduct Millau
    Le Viaduc de Millau adalah sebuah jembatan jalan bersanggahkan kabel yang menyeberangi lembah Sungai Tarn dekat Millau di selatan Perancis.

  3. Trem
    Trem merupakan kereta yang memiliki rel khusus di dalam kota, dengan Trem yang berselang waktu 5-10 menit berangkat, merupakan solusi untuk kemacetan.

  4. Bajaj
    Menggunakan jasa bajaj untuk sekali perjalanan harus merogoh sekitar 20 euro atau Rp 240.000 dan untuk melakukan perjalanan sehari penuh menggunakan bajaj, atau menyewa sehari penuh, cukup menyediakan sekitar 300 euro atau Rp 3,7 juta.  

List Institution

Konsultasi GRATIS

Nama

Email

No.Telp/HP

Pertanyaan

HOTLINE

GADING SERPONG: 021-5421 0200 / 5422 0200

PLUIT VILLAGE: 021-6667 0206 / 66670204

D23D51C0

info@ican-education.com