Punya Cita-cita Kuliah di Luar Negeri? Ketahui Syarat Kuliah di Liverpool!

syarat kuliah di Liverpool
University of Liverpool

Ini Dia 3 Syarat Kuliah Di Liverpool yang Perlu Diketahui

Sebagian besar dari kita mungkin sedari kecil bermimpi untuk bisa bepergian keluar negeri, entah untuk berlibur atau menuntut ilmu. Menuntut ilmu di negeri orang tentu akan terasa sangat berbeda dengan belajar di negeri sendiri. Banyak hal yang bisa dipelajari ketika Anda memutuskan untuk pergi dari lingkungan yang familier menuju lingkungan yang benar-benar baru untuk menuntut ilmu. Kemampuan untuk hidup mandiri dan keberanian untuk mengambil risiko dalam hidup akan Anda dapatkan jika Anda pergi menuntut ilmu ke negeri seberang. Liverpool menjadi salah satu kota tujuan yang menarik untuk studi karena Liverpool menawarkan pengalaman hidup yang mengesankan. Jika Anda tertarik untuk menjadi pelajar di Kota Liverpool, berikut beberapa syarat kuliah di Liverpool yang harus Anda ketahui.

1. Letter Of Acceptance

Syarat pertama yang harus Anda penuhi atau dapatkan untuk mulai studi di Liverpool adalah Letter Of Acceptance atau LOA. Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan LOA adalah dengan memilih kampus yang Anda inginkan terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa membuka website kampus tersebut untuk mengetahui langkah-langkah yang harus ditempuh dan dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan LOA. Anda harus mengecek langsung pada website kampus resmi karena biasanya setiap kampus memberikan syarat yang berbeda-beda.

Baca juga:

2. Sertifikat Kemampuan Bahasa

Syarat kedua ketika Anda ingin belajar di Liverpool adalah sertifikat kemampuan bahasa yang diakui yaitu IELTS. Setiap kampus tentu memiliki standar yang berbeda mengenai batas minimum skor IELTS yang dibutuhkan. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan penelusuran secara online pada masing-masing kampus untuk mengetahui berapa standar skor IELTS yang dibutuhkan. Biasanya untuk jurusan perkuliahan humaniora seperti bahasa, filsafat, seni dan budaya membutuhkan nilai IELTS yang lebih tinggi dibandingkan dengan jurusan-jurusan sains. Menilik kemampuan komunikasi dan diskusi sangat dibutuhkan untuk bisa mengikuti perkuliahan pada jurusan humaniora.

3. Visa Pelajar

Syarat selanjutnya yang perlu dilengkapi ketika Anda sudah mendapatkan Letter Of Acceptance atau LOA dari kampus yang Anda tuju adalah visa pelajar. Visa pelajar untuk pelajar internasional yang menuntut ilmu di Liverpool dan Inggris secara general biasa disebut dengan Tier 4 visa. Untuk mendapatkan visa ini, Anda perlu mendapatkan 40 poin agar memenuhi syarat. Empat puluh poin tersebut bisa didapatkan dari LOA (Letter Of Acceptance) yang bernilai 30 poin dari institusi yang telah terakreditasi yang disebut dengan Sponsor Tier 4 dan sertifikat bukti kemampuan berbahasa Inggris atau IELTS. Selanjutnya Anda bisa mendapatkan 10 poin tambahan dari pengumpulan keterangan dana pendidikan sebagai bukti Anda memiliki dana yang cukup untuk memenuhi biaya pendidikan dan biaya hidup saat menjadi mahasiswa di Liverpool. Untuk keterangan dana pendidikan ini bisa berupa deposit atau surat keterangan beasiswa.

Baca juga:

Setelah membaca beberapa syarat kuliah di Liverpool yang telah dikemukakan di atas, tentu Anda memiliki pemikiran bahwa untuk belajar di luar negeri butuh kesiapan yang matang menilik proses aplikasi yang panjang. Hal ini memang benar adanya, namun, dibalik semua itu, manfaat pembelajaran yang akan Anda dapatkan nantinya pun akan lebih beragam sehingga bisa memperkaya pengalaman hidup dan pengalaman belajar Anda. Jadi, tunggu apalagi, persiapkan diri Anda dengan baik untuk menyongsong masa depan yang gemilang sekarang juga!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*