Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
proses cara mendaftar kuliah di tafe queensland untuk pelajar indonesia

Proses Cara Mendaftar Kuliah Di TAFE Queensland Untuk Pelajar Indonesia

Beranda / Perkuliahan / Persiapan Kuliah / Proses Cara Mendaftar Kuliah Di TAFE Queensland Untuk Pelajar Indonesia

TAFE Queensland adalah tempat pendidikan dan pelatihan di Australia bagian timur di mana Anda bisa mendapatkan pendidikan yang tidak hanya didominasi oleh teori namun juga disediakan fasilitas untuk kerja praktek langsung dan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan untuk kualifikasi profesional. Di sini Anda bisa memilih salah satu dari sekian banyak program mulai dari ilmu sosial hingga ilmu teknik untuk dipelajari baik di tingkat sertifikasi maupun hingga untuk mendapatkan gelar akademik sarjana. Dengan pengalaman dan sejarah lebih dari 135 tahun, saat ini TAFE Queensland sudah memiliki lebih dari 500 bidang pelatihan yang berkaitan dengan kebutuhan dunia industri dengan jumlah siswanya ada lebih dari 110.000 orang setiap tahunnya termasuk siswa internasional. Ingin tahu cara mendaftar kuliah di TAFE Queensland untuk pelajar Indonesia?

Di mana bisa mendaftar?

Ada dua cara yang bisa Anda pilih untuk menjadi siswa di TAFE Queensland sebagai pelajar internasional, yaitu dengan mendaftarkan diri sendiri secara online dengan membuka halaman Studylink, atau dengan melalui agen-agen terotorisasi yang ada di dekat lokasi Anda yang bisa membantu untuk mendampingi setiap prosedur pendaftaran dan membantu untuk melengkapi berkas pendaftaran hingga proses penerimaan. 

Untuk mendaftar melalui Studylink Anda harus membuat akun terlebih dahulu kemudian nantinya Anda bisa memilih bidang apa yang ingin dipelajari kemudian mulai satu per satu mengunggah dokumen dan data yang diminta untuk bisa mendaftar di bidang studi yang Anda inginkan. Sedangkan jika melalui agen maka Anda bisa langsung berkonsultasi mengenai mana bidang studi yang kira-kira lebih cocok sesuai dengan minat, program apa yang sebaiknya diambil, hingga persyaratan administrasi yang harus dilengkapi. Agen akan membantu mengirimkan berkas pendaftaran Anda ke TAFE Queensland. Cara mendaftar kuliah di TAFE Queensland melalui agen adalah cara yang lebih efisien. 

Proses pengajuan aplikasi

Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda persiapkan untuk mendaftar kuliah di TAFE Queensland setelah memilih bidang studi yang diinginkan dan juga lokasi kampus yang ingin jadi tempat belajar:

  1. Cek syarat dokumen yang diperlukan untuk membuat visa pelajar
  2. Masing-masing program atau bidang studi memiliki syarat pendaftarannya sendiri-sendiri tapi umumnya yang mesti Anda persiapkan adalah dokumen yang menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris Anda, nilai akademik di pendidikan terakhir (untuk WNI syaratnya adalah ijazah SMA/sederajat), dan juga surat lamaran pendaftaran.
  3. Catat tanggal-tanggal penting proses pendaftaran
  4. Beberapa bidang studi mungkin akan meminta Anda untuk menyertakan portofolio atau hasil karya yang pernah dibuat
  5. Berkas dokumen yang digunakan untuk mendaftar harus dalam bahasa Inggris termasuk transkrip, sertifikat, dan sebagainya
  6. Siswa yang lolos seleksi akan menerima Letter of Offer 
  7. Setelah syarat yang ada pada LoF dipenuhi siswa akan menerima Confirmation of Enrollment yang bisa digunakan untuk mengajukan visa. 

Baca juga:
Syarat Masuk Kuliah di TAFE Queensland

Berapa biaya yang harus dibayarkan?

Info selanjutnya yang pasti ingin Anda tahu mengenai cara mendaftar kuliah di TAFE Queensland adalah berapa biaya pendidikannya? Besarnya biaya pendidikan di Queensland ditentukan oleh beberapa faktor yaitu:

  1. Bidang studi yang dipilih
  2. Masa studi
  3. Apakah Anda belajar secara penuh waktu, paruh waktu, atau secara online
  4. Punya bantuan pembiayaan atau tidak

TAFE Queensland memiliki beberapa program yang bisa membantu untuk meringankan beban biaya pendidikan Anda seperti misalnya subsidi, kelonggaran, beasiswa, atau pembiayaan “Away from Base”.

SubsisdiKelonggaran/konsesiBeasiswa “Away from Base”
Subsidi bisa diberikan kepada siswa yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan biaya sekolah dari swasta maupun pemerintah Siswa yang memenuhi syarat dan memenuhi kriteria bisa mengajukan kelonggaran pembayaran pendidikanKelonggaran yang diberikan misalnya pembayaran pendidikan bisa dilakukan dengan cara cicilan, maupun dengan beasiswaSiswa bisa memilih dari dua jenis beassiwa yang disediakan yaitu “Merit Scholarship” dan “Access and Equity Scholarship”ABS merupakan program dari pemerintah Australia untuk membiayai pelajar yang akan melakukan aktivitas di lokasi yang jauh dari tempat tinggal maupun tempat pendidikannya, diajukan oleh institusi tempat ia belajar

Syarat kemampuan bahasa Inggris

Karena Indonesia tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama maka siswa Indonesia yang ingin belajar di TAFE Queensland harus memenuhi syarat standar kemampuan bahasa Inggris yang ditentukan oleh masing-masing program.  Untuk tahu standar apa saja yang dibutuhkan sebagai cara mendaftar kuliah di TAFE Queensland Anda bisa membuka halaman masing-masing program yang ingin diambil. Berikut adalah syarat standar kemampuan bahasa Inggris secara umum untuk setiap tingkat pendidikan yang ingin Anda pilih:

  1. Sertifikasi III, IV, Diploma, dan Advanced Diploma maka dibutuhkan IELTS rata-rata 5,5 (tidak boleh ada skor di bawah 5,0)
  2. Program associate degree level membutuhkan IELTS rata-rata 6,0 (menulis minimal 6,0 dan nilai lain tidak boleh kurang dari 5,5)
  3. Program sarjana membutuhkan IELTS rata-rata 6,5 (tidak boleh ada skor di bawah 6,0). 

Itulah cara mendaftar di TAFE Queensland bagi siswa international, Anda juga dapat berkonsultasi dengan tim ICAN Education Consultant untuk informasi lebih detailnya.

ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
UTS College Balikpapan
Education Expo Kalimantan
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
KINGS USA
KINGS UK
SIM
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan