Cara Mendaftar Kuliah di University of Technology Sydney (UTS)

Cara Mendaftar Kuliah di University of Technology Sydney (UTS)
Home » Persiapan Kuliah » Cara Mendaftar Kuliah di University of Technology Sydney (UTS)

Australia banyak dipilih oleh siswa internasional sebagai negara destinasi kuliah. Di antara kota-kota di Australia, Sydney merupakan kota destinasi studi yang paling diminati dengan hadirnya University of Technology Sydney (UTS). Universitas ini termasuk satu dari empat universitas terkemuka yang tergabung dalam Jaringan Teknologi Australia, yang berkomitmen untuk memberikan program-program praktis dan profesional melalui kerjasama dengan industri dan pemerintah.

Mahasiswa akan memiliki akses ke pusat-pusat penelitian terkemuka di dunia dan terhubung erat dengan komunitas lokal, industri, bisnis, dan profesi untuk membantu mereka membangun jaringan di sektor yang akan digeluti setelah kelulusan. Itulah mengapa UTS banyak diminati sebagai pilihan kampus global terbaik.

Mendaftar untuk kuliah di UTS itu cukup mudah. Ikuti panduan langkah demi langkah sederhana untuk memulai karier terbaik dengan mendaftarkan diri pada program gelar sarjana maupun pascasarjana secara online, seperti dimuat dalam platform resmi universitas, www.uts.edu.au.

Cara Mendaftar untuk Mahasiswa Internasional

Kunjungi halaman Mahasiswa Internasional untuk panduan lengkap tentang cara mendaftar kuliah di UTS. Ikuti panduan langkah demi langkah untuk membantu membuat proses aplikasi bagi mahasiswa internasional semudah mungkin. Jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut dalam membuat aplikasi, Anda juga dapat menghubungi agen resmi di negara Anda.

Harap diingat bahwa ada proses mendaftar yang berbeda:

  • mahasiswa penelitian internasional
  • mahasiswa UTS yang pergi ke luar negeri dengan program pertukaran
  • mahasiswa internasional yang datang ke UTS sebagai bagian dari program kuliah dan pertukaran mahasiswa
  • mahasiswa sarjana dan pascasarjana Australia

Langkah 1:  Pilih program studi

Kunjungi laman preferensi program dan pilihlah program sarjana atau pascasarjana yang ingin ditempuh dan sesi pengajaran yang diinginkan untuk memulai kuliah di UTS.

Anda dapat mendaftar ke UTS kapan saja. Berikut tanggal penutupan untuk aplikasi setiap sesi pengajaran:

Sesi musim gugur (awal Februari/Maret)

Pelamar yang berbasis di luar Australia: 30 November

Pelamar yang berbasis di Australia: 15 Desember

Sesi musim semi (mulai Juli)

Pelamar yang berbasis di luar Australia: 30 April

Pelamar yang berbasis di Australia: 31 Mei

Sesi musim panas (awal November)

Pelamar yang berbasis di luar Australia: 31 Agustus

Pelamar yang berbasis di Australia: 30 September

Aplikasi yang terlambat diajukan tidak akan diterima. Cara terbaik adalah mendaftar lebih awal agar calon mahasiswa memiliki banyak waktu untuk mengatur visa pelajar Australia untuk kuliah di UTS.

Semua mahasiswa internasional wajib mengajukan visa pelajar tunggal (subkelas 500) terlepas dari program studi yang mereka pilih. Kerangka kerja risiko imigrasi tunggal akan berlaku untuk semua mahasiswa internasional dan mereka akan diminta untuk mengajukan aplikasi visa secara online dengan membuat ImmiAccount (membuka situs eksternal) di situs web Departemen Dalam Negeri.

Menurut ketentuan Departemen Dalam Negeri, mahasiswa harus memiliki persyaratan kapasitas keuangan yang memadai selama mereka tinggal di Australia. Panduan untuk mengumpulkan bukti tersebut dimasukkan ke dalam proses aplikasi visa pelajar (subkelas 500) pada Langkah 2.

Pelamar juga harus memenuhi persyaratan bahasa Inggris untuk mendapatkan visa pelajar dan semua kriteria visa inti lainnya, termasuk: persyaratan masuk sementara (asli), persyaratan kesehatan, dan persyaratan karakter.

Langkah 2:  Aplikasi lengkap

Ada dua cara untuk mengirimkan aplikasi ke UTS International:

Cara (1): Kirim aplikasi online

Pilih program studi yang ingin dipelajari dari halaman pencarian program. Pada halaman rincian tersebut, klik tombol biru ‘berlaku online’ yang terletak di bawah kolom Bagaimana Cara Mendaftar. Ikuti instruksi untuk mendaftar dan mengirimkan aplikasi online langsung ke UTS International. Jika Anda sudah memulai aplikasi menggunakan Sistem Aplikasi Online UTS, Anda dapat langsung masuk ke aplikasi Anda.

Cara (2): Lengkapi formulir aplikasi cetak

  • Formulir Aplikasi Sarjana Internasional UTS (PDF, 107kB)
  • Formulir Aplikasi Pascasarjana Internasional UTS (PDF, 96kB)

Formulir aplikasi cetak harus diisi dengan lengkap menggunakan pena hitam, dengan pencetakan yang jelas. Anda harus menandatangani formulir aplikasi Anda sendiri. Formulir aplikasi yang ditandatangani oleh perwakilan UTS atau dengan proxy tidak akan diproses. Anda akan memerlukan Adobe Acrobat Reader (untuk membuka situs eksternal) guna melihat file PDF. Penerimaan ke program studi di UTS sangat kompetitif. Aplikasi ini bukanlah formulir pendaftaran, dan juga tidak menjamin masuk ke UTS.

Aplikasi yang tidak lengkap akan menyebabkan keterlambatan dalam pemrosesan.

Langkah 3:  Dokumen pendukung

Semua aplikasi memerlukan dokumen pendukung untuk diserahkan ke UTS. Semua dokumen yang diserahkan dengan aplikasi ini menjadi milik UTS. Dokumen dukungan aktual yang diperlukan tergantung pada pelamar dan jenis program kuliah yang dilamar.

Dokumen pendukung dapat mencakup:

  • transkrip akademik; termasuk salinan resmi dari catatan akademis.
  • kemahiran bahasa Inggris; termasuk salinan resmi nilai tes bahasa Inggris jika tersedia.
  • formulir yang sudah diisi, jika mengajukan permohonan pengakuan pembelajaran sebelumnya (RPL).
  • perincian pengecualian (atau kemungkinan pengecualian) dari program studi dengan alasan akademis atau lainnya.
  • perincian pengalaman kerja yang relevan; termasuk salinan referensi tersertifikasi dari perusahaan pelamar pada kop surat perusahaan, jika diperlukan.
  • pernyataan atau portofolio pendukung:
  • jika diperlukan, pernyataan pribadi Anda harus menyatakan mengapa Anda ingin kuliah pada program studi yang telah dinominasikan dan menguraikan pencapaian pribadi, akademik, dan pendidikan utama. Anda juga harus menjelaskan bagaimana dapat berhasil dalam program kuliah tersebut.
  • Jika diperlukan, portofolio Anda harus memuat sekitar 5-10 karya asli yang menunjukkan kemampuan desain Anda. Beberapa program mungkin memiliki persyaratan portofolio tambahan. Lihat Buku Pegangan UTS untuk detailnya. Portofolio masing-masing dapat dikirimkan dalam bentuk fotokopi berwarna, foto, CD-ROM, DVD, situs web, atau showreels.
  • perincian kecacatan atau kondisi medis yang sedang berlangsung yang akan mengharuskan Anda untuk mencari bantuan khusus dari Universitas. Anda harus melampirkan pernyataan medis dari dokter terdaftar.

Universitas tidak dapat mempertimbangkan aplikasi Anda jika semua dokumen pendukung yang diperlukan tidak dilampirkan. Jika Anda telah mengirimkan aplikasi online, Anda dapat melampirkan salinan dokumen pendukung Anda melalui aplikasi online Anda. Anda masih perlu mengirimkan salinan asli atau salinan yang disertifikasi ke UTS.

Dokumen yang tidak dilampirkan dalam bahasa Inggris harus diterjemahkan secara resmi dan diserahkan bersama dengan salinan dokumen pendukung yang disertifikasi.  Dokumen-dokumen tersebut harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris secara resmi oleh petugas yang berwenang dan harus memiliki segel resmi yang ditandatangani oleh penerjemah.

Langkah 4:  Biaya aplikasi

Biaya aplikasi hanya akan dihapuskan jika salah satu dari kondisi berikut ini berlaku:

  • Anda adalah mahasiswa UTS saat ini,
  • Anda adalah mahasiswa peneliti UTS saat ini,

Pembayaran biaya aplikasi dapat dilakukan dengan cara-cara berikut:

  • Melalui situs pembayaran Universitas yang aman. Setelah pembayaran disetujui, Anda harus mencetak salinan (pdf) tanda terima pajak dan menyerahkannya bersama dengan aplikasi.
  • Cek dan draft bank—dibayarkan ke UTS
  • Paypal—hanya berlaku untuk aplikasi online

Langkah 5:  Kirim aplikasi

Aplikasi, biaya aplikasi, dan dokumen pendukung harus diserahkan ke UTS dengan dua cara:

Secara langsung

Anda dapat mengirimkan formulir aplikasi ke kantor UTS International: Building 10, Level 2 (CB10.02.444) 235 Jones StreetBroadway NSW 2007 Australia View

Melalui surat

Manajer Perekrutan Internasional UTS International University of Technology Sydney, PO Box 123 Broadway NSW 2007 Australia

  • Kepada Perwakilan/Agen UTS

Anda dapat mengirimkan aplikasi ke salah satu agen perekrutan mahasiswa di seluruh dunia. Agen ini sangat senang untuk membantu Anda dalam mendiskusikan pilihan studi yang tersedia di UTS, dan dapat membantu Anda dalam mempersiapkan, serta mengajukan aplikasi.

  • Kepada Perwakilan/Agen UTS di acara internasional UTS

Aplikasi Anda juga dapat diajukan langsung ke perwakilan UTS di acara internasional UTS.

Langkah 6:  Surat pengakuan

Anda akan menerima surat yang menyatakan penerimaan aplikasi kira-kira 2 minggu setelah aplikasi Anda diterima oleh UTS.

Prosedur aplikasi biasanya memakan waktu sekitar 4-6 minggu dan UTS International akan memberi tahu Anda secara tertulis—apakah aplikasi Anda berhasil.

Langkah 7:  Menerima tawaran

Jika Anda telah memenuhi semua persyaratan khusus, Anda akan menerima surat penawaran untuk kuliah di UTS. Selanjutnya, Anda berkewajiban untuk menerima tawaran tersebut.

Nah, setelah mengetahui cara mendaftar kuliah di University of Technology Sydney Australia, segera daftarkan diri Anda dengan menghubungi tim konsultan pendidikan resmi kami yang tertera di halaman situs web ini.

FORM REGISTRATION

Artikel Terbaru :

Profil Lengkap University of Waikato

Profil Lengkap University of Waikato

University of Waikato merupakan perguruan tinggi  berlokasi di Hamilton, Selandia Baru yang berdiri pada tahun 1964. Universitas ini menjadi institusi progresif dan inovatif dalam pendidikan. Selain

Read More »

Sebelum Anda Konsultasi
Isi Data Diri Anda Di Bawah Ini

Setelah mengisi formulir, kami akan menyambungkan anda ke konselor kami.

mau dapat Informasi mengenai universitas dan kuliah di luar negeri terbaru dari ICAN Education Consultant ?

Daftar Semua Jurusan