Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
10 dafatar universitas terbaik di belanda

Daftar Universitas Terbaik di Belanda, Bisa Jadi Pilihan!

Beranda / Perkuliahan / Info Universitas / Daftar Universitas Terbaik di Belanda, Bisa Jadi Pilihan!

Eropa masih menjadi tujuan pendidikan favorit bagi banyak pelajar. Di antara negara-negara di benua tersebut, Belanda adalah salah satu negara yang menjadi impian banyak pelajar untuk tujuan pendidikan. Berbagai universitas terbaik di Belanda mampu menampung banyak mahasiswa dari seluruh dunia.

Kualitas pendidikan di Belanda memang terkenal sangat baik, sistem belajar yang efektif juga membuat negara ini dituju oleh banyak pelajar internasional. Setiap tahunnya, ada banyak pelajar dari berbagai negara, khususnya Indonesia memilih untuk kuliah di Belanda.

10 Daftar Universitas Terbaik di Belanda

Negara kincir angin ini memang dikenal memiliki jajaran universitas terkemuka dengan kualitas pendidikan yang sangat mumpuni. Ada banyak perguruan tinggi tersebar di berbagai kota di Belanda. Berikut daftar universitas terbaik di Belanda yang bisa jadi tujuan pendidikanmu.

1. Breda University of Applied Sciences

Universitas yang satu ini didirikan pada 1966 dan menawarkan pendidikan dalam ilmu pariwisata dan rekreasi. Lembaga ini terletak di sebelah selatan Belanda, tepatnya di kota Breda dan menampung lebih dari 7,000 siswa yang berasal lebih dari 50 negara.

Breda University of Applied Sciences menawarkan program sarjana dan magister di tingkat professional (‘hbo’) dan akademik (‘wo’) dalam berbagai bidang seperti Media, Hotel, Fasilitas, Logistik, dan Hiburan.

Strategi universitas ini adalah untuk mendedikasikan fokus yang lebih besar pada pendidikan internasional, memiliki sinergi antara berbagai disiplin ilmu dan kerja sama dengan mitra industri. Setiap siswa didorong untuk mengembangkan bakat mereka, dan mengembangkan kecerdikan serta daya ciptanya.

Memiliki pengalaman lebih dari setengah abad dalam bidang pendidikan tinggi berbasis praktik dan Kerjasama internasional, program gelar sarjana di sini telah mencatat peringkat tinggi secara konsisten dalam HBO Keuzegids selama bertahun-tahun hingga sekarang.

2. Wittenborg University of Applied Sciences

Wittenborg University of Applied Sciences adalah sekolah bisnis yang berupaya untuk mempromosikan keunggulan dalam pengajaran dan pembelajaran bisnis dan manajemen internasional.

Universitas ini memiliki kampus utama yang berbasis di Apeldoorn. Kampus yang berlokasi di Amsterdam sendiri memungkinkan universitas untuk mendukung pengusaha internasional yang datang ke Belanda, dengan program sarjana kewirausahaan yang dirancang secara khusus.

Wittenborg berupaya untuk memberikan koneksi yang sangat bagus, baik di dalam kelas maupun di luar. Universitas ini tidak didanai oleh pemerintah, namun telah diakui secara hukun oleh Pemerintahan Belanda sebagai Institusi Pendidikan Tinggi dan beroperasi sebagai organisasi non-profit.

Program yang ditawarkan oleh universitas ini berfokus pada bidang bisnis dan perhotelan. Di bidang bisnis sendiri ada beberapa spesialisasi yang bisa dipilih oleh para mahasiswa, seperti General Management, International Hospitality Management, Entrepreneurship & Innovation, Finance, Education dan masih banyak lagi.

Sementara di bidang perhotelan, kamu bisa memilih spesialisasi dalam International Hospitality Management dan beberapa lainnya.

3. University of Amsterdam

University of Amsterdam berlokasi di Belanda dan menjadi universitas riset yang telah dianugrahi sebagai universitas terbaik di Belanda. Perguruan tinggi ini bahkan mendapat peringkat terbaik ke-17 di Eropa dan peringkat 56 terbaik di dunia.

Universitas ini merupakan universitas tertua ketiga di Belanda dan kini telah memiliki sekitar 30,000 mahasiswa dan menjadikannya sebagai universitas yang paling banyak pendaftar di Belanda. Program perkuliahan dilakukan di tujuh fakultas dan program master di universitas ini banyak yang menggunakan pengantar Bahasa Inggris.

University of Amsterdam atau kerap juga disapa UvA unggul untuk perkuliahan dalam bidang Seni, Humaniora, dan Ilmu Sosial. Ada sekitar 150 gelar akademik internasional yang ditawarkan dengan jumlah 3000 mahasiswa internasional dari 100 negara.

UvA dikenal sebagai universitas penghasil riset terbesar di Eropa. Universitas ini juga memiliki lima museum, salah satunya adalah Rijksmuseum.

4. University of Twente

Berdasarkan data dari QS, University of Twente berada di peringkat ke-9 untuk universitas terbaik di Belanda. Universitas ini adalah universitas teknik negeri yang berada di Enschede, Belanda.

University of Twente telah dikenal sejak lama sebagai universitas yang menawarkan program S2 berkualitas dan menghasilkan lulusan yang siap kerja. Ada lima fakultas dengan fokus berbeda yang ada di Twente.

Bidang Teknologi Biomedis dan Kesehatan, Teknik, Administrasi Publik Eropa, Teknologi Informasi, Administrasi Bisnis International, Sains dan Teknologi adalah fokus utama universitas ini.

Sejak 1 Januari 2020 lalu, universitas ini menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Maka, untuk kamu yang belum mahir berbahasa Belanda, University of Twente menjadi universitas yang sangat tepat untukmu.

Baca juga : Akomodasi Dan Jurusan Kuliah Di University Of Twente, Belanda

5. Cambridge Education Group (CEG), Amsterdam

Sejak 1952, CEG telah menawarkan program akademik berkualitas tinggi, menyediakan langkah yang berharga kepada ribuan mahasiswa untuk proses menuju universitas ternama tujuan dan memaksimalkan tujuan karir mereka.

Cambridge Education Group ONCAMPUS bekerja sama dengan University of Amsterdam di mana para mahasiswa bisa merasakan proses belajar langsug di kampus tersebut dan merasakan sendiri kehidupan mahasiswa di sana.

ONCAMPUS sendiri adalah kemitraan antar universitas terkemuka dan CEG. Universitasnya sendiri berpusat pada universitas di seluruh Inggris, Eropa dan Amerika Serikat.

Program ini mengajarkan program pra-universitas sebagai langkah awal sebelum memasuki program Sarjana dan Master di universitas terkemuka di Inggris, Eropa dan Amerika Serikat.

Program ini dirancang untuk para siswa internasional yang tidak memenuhi persyaratan untuk masuk ke program studi universitas.

6. Holland International Study Centre

Berlokasi di Amsterdam, Holland International Study Centre mempersiapkan mahasiswa untuk belajar dalam program Sarjana di universitas yang tersebar di Belanda. Di sini, para siswa akan mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris dan akademik secara umum.

Kamu bisa memilih satu universitas tujuan ketika kamu telah menyelesaikan program di lembaga ini. Ada banyak program yang ditawarkan dalam Bahasa Inggris. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa ada 100,000 mahasiswa internasional yang belajar di Holland International Study Centre setiap tahunnya.

Holland International Study Centre bermitra dengan universitas ternama untuk menawarkan kepada siswa internasional jalur menuju berbagai gelar yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Erasmus University Rotterdam, Hanze University of Applied Sciences, Tilburg University, Vrije Universiteit Amsterdam adalah beberapa universitas yang bekerja sama.

Baca juga : Holland International Study Centre Ranking

7. Delft University of Technology (TU Delft)

TU Delft menjadi universitas teknik umum terbesar dan tertua di Belanda. Awalnya, universitas ini didirikan sebagai akademi untuk insinyur sipil, sebagian untuk mendidik pegawai negeri yang akan bekerja untuk Perusahaan Hindia Timur Belanda.

Berbagai fasilitas disediakan oleh universitas ini, mulai dari lab komputer, perpustakaan, fasilitas olahraga, fasilitas seni dan lainnya. TU Delft termasuk universitas yang mudah diakses karena ada banyak transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke universitas ini. Bahkan, kamu bisa mencapai universitas ini menggunakan sepeda selama 5 menit dari pusat kota Delft.

Awalnya, gedung universitas berada di pusat kota, namun saat ini semua kegiatan belajar beada di Mekelpark, lingkungan universitas yang memang sengaja dirancang untuk ekosistem pendidikan.

Dari sekitar 17,000 siswa di universitas ini, seperempatnya adalah mahasiswa internasional.

8. Wageningen University & Research

Wageningen University & Research adalah salah satu universitas terbaik di dunia untuk sains dan ilmu sosial yang berfokus pada ilmu pengetahuan.

Ada lebih dari 10,000 mahasiswa mengambil gelar Sarjana, Pascasarjana, dan kualifikasi professional dan sekitar 20 persennya berasal dari luar Belanda. Program sarjana diajarkan sebagian dalam bahasa Belanda dan ada 40 gelar program sarjana dan pascasarjana yang diajarkan dalam bahasa Inggris.

Secara keseluruhan, ada 20 program sarjana yang berbeda di universitas ini, termasuk bisnis, pengembangan internasional dan ilmu kesehatan. Sebanyak 29 program master diajarkan dalam bahasa Inggris dan rata-rata mahasiswa membutuhkan waktu dua tahun untuk menyelesaikannya.

Wageningen University & Research kini berhasil menduduki peringkat ke-3 untuk universitas terbaik di Belanda menurut QS.

9. Leiden University

Leiden adalah universitas tertua di Belanda yang didirikan pada 1575, Masing-masing mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan dalam penelitian.

Sebagai universitas tertua, banyak anggota keluarga kerajaan Belanda yang berkuliah di sini dan menarik sejumlah peneliti berbakat untuk bergabung di universitas ini. Bahkan, para filsuf seperti Spinoza dan Descartes pernah berkuliah di sini selama Zaman Keemasan Belanda. Universitas inipun berhasil melahirkan 16 alumni penerima hadiah Nobel termasuk Albert Enstein dan Enrico Fermi.

Ada sekitar 200 gelar akademik ditawarkan dalam kelas internasional, baik di tingkat sarjana dan pascasarjana. Leiden juga dikenal karena inovasinya dan selalu menggunakan gaya mengajar yang tidak biasa.

10. Erasmus University Rotterdam

Sesuai dengan namanya, universitas yang satu ini terletak di Rotterdam. Uniknya, nama universitas ini dinamakan berdasarkan nama seorang humanis dan ahli teologi pada abad ke-15, Desiderius Erasmus Roterodamus.

Setidaknya, ada lebih dari 6,000 pelajar internasional yang berada di universitas ini, demham tuju fakultas yang fokkus pada empat bidang, yaitu Kesehatan, Keuangan, Tata Kelola dan Budaya.

Erasmus sendiri didirikan pada 1913 ketika Sekolah Perdagangan Belanda mengubah namanya beberapa kali sebelum akhirnya Erasmus University Rotterdam pada 1973.

Universitas ini sendiri memiliki reputasi sekolah bisnis dan ekonomi yang cukup baik. Erasmus University Rotterdam sempat menduduki peringkat pertama dalam QS World University Rankings by Subject 2018.

Baca juga : Universitas Terbaik Di Rotterdam Belanda

Mengapa Kuliah di Belanda?

Universitas-universitas Belanda menawarkan program pengajaran bahasa Inggris dalam jumlah terbesar di benua Eropa. Sekitar 2.000 program diajarkan seluruhnya dalam bahasa Inggris.

Selain itu, 95% orang Belanda berbahasa Inggris, sehingga mudah berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Kualitas pendidikan tinggi Belanda sudah diakui dengan baik. Biaya sekolah dan biaya hidup jauh lebih rendah dibandingkan di negara-negara berbahasa Inggris. Selain itu, ada banyak peluang beasiswa.

Gaya pengajaran Belanda bersifat interaktif dan berpusat pada siswa. Kamu akan mengembangkan keterampilan berharga seperti menganalisis, memecahkan masalah praktis dan berpikir kreatif. Banyak siswa internasional berasal dari lebih dari 160 negara berbeda. Masyarakat Belanda beragam dan inklusif. Hal ini sangat terkait dengan budaya lain, komunitas bisnis dan dunia. Orang Belanda berpikiran terbuka dan lugas, sehingga mudah untuk bertemu dan bertukar pikiran.

Belanda adalah salah satu negara teraman di dunia, menurut indeks Perdamaian Global 2018 dan termasuk dalam 10 negara paling bahagia di dunia. Baca lebih lanjut tentang standar hidup Belanda yang baik di Better Life Index OECD.

Nah, dari 10 universitas terbaik di Belanda yang disebutkan di atas, kamu bisa memilih satu universitas yang paling tepat untukmu. Kamu bisa memilih berdasarkan lokasi, ranking universitas atau program-program yang ditawarkan. Proses pendafataran bisa kamu lakukan lewat agen pendidikan luar negeri yang professional.

Selain universitas yang ditawarkan di atas, masih ada banyak universitas terkemuka lainnya di Belanda yang bisa kamu pilih. Bahkan, terdapat pula universitas murah di Belanda yang bisa jadi pilihanmu. Perlu diperhatikan bahwa ada beberapa program yang memang menggunakan bahasa Belanda sebagai bahasa pengantar. Jika kamu belum cukup mahir dalam hal ini, maka kamu bisa memilih program-program yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
SIM
KINGS USA
KINGS UK
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan