Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
jenis jenis tes kemampuan bahasa inggris

Jenis – Jenis Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Beranda / Bacaan Umum / Jenis – Jenis Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Perkembangan jaman diikuti juga dengan perkembangan kualitas manusia. Minat para pelajar untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri semakin marak, untuk sekolah di luar negeri memerlukan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi salah satunya adalah kemampuan bahasa inggris. Ada berbagai jenis tes kemampuan bahasa inggris, yuk simak jenis-jenisnya yang sesuai dengan universitas tujuan kamu :

TOEFL

Kita mungkin sudah akrab dengan istilah TOEFL. Test of English as a Foreign Language disingkat TOEFL adalah ujian untuk mengetahui kapasitas seseorang dalam berbahasa inggris yang biasanya dilakukan untuk pra-syarat masuk kampus-kampus di Amerika Serikat atau negara lainnya di dunia ataupun juga sebagai prasyarat untuk masuk suatu perusahaan kelas dunia. Ujian ini sangat diperlukan bagi pendaftar atau pembicara yang bahasa ibu (mother tongue) bukan bahasa inggris. Ujian TOEFL ini diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di USA untuk semua peserta tes di seluruh dunia. ETS sendiri mulai melakukan pertama kali TOEFL sejak tahun 1963. Biasanya tes ini memakan waktu sekitar tiga jam dan diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu bagian:

  • Listening Comprehension,
  • Grammar Structure and Written Expression,
  • Reading Comprehension, dan bagian
  • Writing.

TOEFL dibagi menjadi tiga jenis metode tes yang dilakukan, yaitu :

  • PBT (Paper Based Test)
  • CBT (Computer Based Test)
  • IBT (Internet Based Test)
  • PBT TOEFL

PBT-TOEFL atau Paper Based Test TOEFL atau dalam bahasa kita adalah tes TOEFL berbasis kertas. Seperti namanya, tes ini dilakukan di atas kertas dengan tiga sesi ujian yaitu Listening, Structure, dan Reading. Jenis TOEFL ini memiliki rentang nilai atau skor dari 310 hingga 677 sebagai nilai paling maksimum. Tes ini berlangsung selama 2 hingga 2,5 jam. Saat ini, PBT-TOEFL sudah tidak diberlakukan lagi di lingkup internasional, kecuali beberapa negara saja. Namun, ada banyak instansi lokal di Indonesia yang masih mau menerima hasil score PBT-TOEFL. Di tempat-tempat yang belum bisa melaksanakan CBT atau iBT (karena belum ada fasilitas komputer dan jaringan internetnya), ujian TOEFL ini masih tetap diadakan secara manual menggunakan kertas dan potlot (paper-based test atau PBT). PBT TOEFL banyak dilakukan di berbagai Lembaga Bahasa Universitas di Indonesia yang bekerja sama dengan ETS atau lembaga bahasa yang ditunjuk oleh IIEF (biasanya disebut dengan ITP/Institutional Testing Programe TOEFL) seperti di Lembaga Bahasa Internasional UI (LBI UI) ataupun lembaga belajar bahasa inggris.

Baca juga : Materi Advanced English Grammar

CBT TOEFL

CBT-TOEFL atau Computer Based Test TOEFL atau tes TOEFL berbasis komputer. Tes ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1998. Tes ini menggunakan perangkat lunak resmi yang diterbitkan oleh ETS sebagai media pengujian. Dengan kata lain, peserta ujian mengerjakan soal-soal ujian TOEFL berbasis komputer. Pada tes jenis ini terdapat empat sesi ujian yaitu Listening, Structure, Reading, dan Writing. Selain itu, tes ini berlangsung selama 2 hingga 2,5 jam. CBT-TOEFL memiliki rentang nilai antara nol hingga 330 sebagai nilai paling tinggi. Biaya yang dikenakan untuk mengikuti test CBT TOEFL adalah US$ 110.

IBT TOEFL

IBT-TOEFL atau internet Based Test TOEFL atau bisa juga disebut tes TOEFL berbasis internet. Jenis tes TOEFL inilah yang sudah berlaku dan diakui secara global. TOEFL jenis ini diperkenalkan dan diberlakukan di dunia internasional pada 2005 silam. Jenis tes TOEFL ini masih dilakukan di komputer, hanya saja kali ini tidak ada dukungan perangkat lunak sebagai media pengujian, namun dilakukan secara online atau dengan kata lain, peserta ujian akan mengerjakan soal-soal tes yang langsung disediakan oleh ETS secara online. Tes terdiri dari empat sesi ujian yaitu Listening, Writing, Reading, dan Speaking dengan nilai maksimum 120, dan berlangsung selama 4 jam. Jenis ujian pun dibagi menjadi dua bagian yaitu Individual Test dan Integrated Test. Biaya yang dikenakan untuk mengikuti iBT TOEFL adalah sebesar US$ 160.

Secara umum kita mengenal tiga level penguasaan bahasa asing, yaitu Tingkat Dasar (Elementary), Tingkat Menengah (Intermediate), dan Tingkat Mahir (Advanced). untuk skor TOEFL, para ahli bahasa biasanya mengelompokkan skor ini kedalam empat level berikut (Carson, et al., 1990):

  • Tingkat Dasar (Elementary) : 310 s.d. 420
  • Tingkat Menengah Bawah (Low Intermediate) : 420 s.d. 480
  • Tingkat Menengah Atas (High Intermediate) : 480 s.d. 520
  • Tingkat Mahir (Advanced) : 525 s.d 677

IELTS

Selain TOEFL, mungkin kamu juga sudah pernah mendengar istilah IELTS. International English Language Testing System disingkat IELTS adalah uji coba kemampuan berbahasa Inggris yang berorientasi kepada British English sedangkan TOEFL lebih berorientasi kepada American English, IELTS sendiri digolongkan dalam dua macam modul ujian yaitu Modul Umum dan Modul Akademis. IELTS sendiri telah diakui di 125 negara, dimana tes IELTS lebih mengedepankan konsep isi seperti Listening, Reading,dan Structure serta berbagai macam standar bahasa yang digunakan oleh setiap Negara. IELTS memberikan skor 0-9 dengan rata-rata skor yang diminta adalah 6,5 atau 7. Bila ingin mengambil S2 di luar negeri, kamu disarankan untuk mengambil IELTS Preparation karena diajarkan mengenai writing untuk data dan writing untuk opini sehingga sangat berguna untuk mengerjakan paper-paper kuliah. Untuk mengikuti IELTS, kamu dikenakan biaya sebesar US$ 150.

Baca juga : Berbagai Level Dalam Bahasa Inggris, Sudah Tau?

TOEIC

Penggunaaan skor TOEFL untuk dunia kerja ternyata kurang efektif. Oleh karena itu, kemudian terjadi tren dari perusahaan-perusahaan yang bermaksud merekrut karyawan untuk beralih ke TOEIC (Test of English for International Communication). TOEIC sudah diselenggarakan ETS selama 25 tahun di seluruh dunia.” Di Indonesia tes TOEIC mulai diperkenalkan pada tahun 1999,” kata Julivan E. Rondonuwu dari PT International Test Center, perwakilan ETS di Indonesia. Biasanya materi tes TOEIC lebih mudah dibandingkan tes TOEFL karena hanya merupakan tes pilihan ganda selama 2 (dua) jam yang dibagi dalam sesi mendengarkan dan sesi membaca.

TOEIC dibagi menjadi dua bagian yaitu listening dan reading dengan durasi test sekitar 2 jam yang terdiri dari 200 soal terbagi menjadi listening, comprehension dan reading comprehension. Setiap peserta menerima skor dari listening dan reading dengan skala dari 5 sampai 495 sehingga total skor yang didapat adalah antara 10 sampai 990. Sertifikat TOEIC terdiri dari 5 warna yaitu:

  • Orange (10–215)
  • Cokelat (220–465)
  • Hijau (470–725)
  • Biru (730–850)
  • Emas (855–990)

Bagaimana, apa sekarang kamu sudah paham jenis – jenis tes bahasa Inggris?

Apabila kamu masih kebingungan ataupun berencana untuk mengikuti kursus bahasa Inggris, kamu dapat menghubungi ICAN English untuk mendapatkan informasi selanjutnya.

ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
UTS College Balikpapan
Education Expo Kalimantan
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
KINGS USA
KINGS UK
SIM
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan