Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
pilih kursus ielts atau toefl kursus bahasa inggris di bintaro

Pilih Kursus IELTS atau TOEFL? Kursus Bahasa Inggris di Bintaro

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Pilih Kursus IELTS atau TOEFL? Kursus Bahasa Inggris di Bintaro

Pernah nggak muncul rasa penasaran seperti apa kuliah di luar negeri? Kuliah di luar negeri memang jadi banyak impian banyak orang. Kalian juga mungkin penasaran kenapa harus menguasai TOEFL iBT atau IELTS untuk bisa kuliah disana.

Kali ini, kami akan menjelaskan kepada teman-teman khususnya yang ingin mengikuti kursus bahasa Inggris IELTS/ TOEFL di Bintaro. Semoga setelah membaca informasi berikut, kalian jadi lebih mudah memahami apa itu TOEFL iBT , apa bedanya dengan IELTS, dan kenapa harus lulus biar bisa diterima di kampus luar negeri.

TOEFL iBT Vs IELTS

TOEFL iBT dan IELTS keduanya tes untuk menguji kemampuan bahasa Inggris yang kalian miliki. Kedua tes tersebut juga menguji empat skill yang harus kalian punya, yaitu listening atau mendengar, reading atau membaca, writing atau menulis, dan speaking atau berbicara.

Lantas, Apa bedanya TOEFL iBT dan IELTS?

Perbedaan yang paling nampak adalah dalam proses pelaksanannya. TOEFL IBT perlu menggunakan komputer, dari listening sampai writing kalian harus menghadap layar komputer. Sedangkan untuk IELTS, proses pengerjaannya adalah menggunakan kertas, terutama untuk bagian listening dan reading. Kemudian, untuk sesi speaking, kalian harus langsung berbicara dengan Native Speaker.

Perbedaan kedua adalah IBT dan IELTS punya format penilaian yang berbeda. IBT menggunakan nilai dari 0 sampai 120. Sistem penilaiannya juga secara keseluruhan, dari tiap-tiap section yang ada. Dalam satu section, nilai maksimal yang bisa kalian dapatkan adalah 30.

Berbeda dengan IELTS yang mempunya sistem penilaian dengan sebutan “band” yaitu dari band 1 sampai 9. Band dikumpulkan dari masing-masing skill kemudian dijumlah untuk dilihat nilai keseluruhan band.

Pilih TOEFL IBT atau IELTS?

Tentu saja, memilih juga harus menggunakan pertimbangan terlebih dahulu. Buat temen-temen di Bintaro yang sampai sekarang masih bingung menentukan mau ambil IBT atau IELTS, kalian bisa menggunakan panduan berikut:

Pilih yang lebih mudah

Tentu kalian bisa merasakan sendiri ketika sudah mencoba mengikuti kursus atau latihan IBT dan IELTS. Keduanya punya perbedaan sebagaimana yang sudah disebutkan tadi.

Biasanya, teman-teman akan mengambil IBT jika merasa familier dengan aksen Amerika, dan ini akan sangat membantu ketika di listening section. Sedangkan untuk IELTS bisa jadi pilihan kalau kalian lebih senang dengan aksen British.

Perhatikan universitas mana yang ingin kalian tuju

Ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu syarat apa yang diajukan oleh universitas yang kalian tuju. Kampus-kampus yang ada di Australia, Selandia Baru, Amerika, biasanya masih menggunakan keduanya sebagai pilihan. Namun, beberapa kampus di UK malah sudah tidak mengunakan TOEFL iBT.

Baca Juga: Pilihan Kursus IELTS di Bintaro

Pertimbangan Harga Ujian atau Metode Pembayaran

Untuk mengambil ujian iBT, tentu saja harganya nggak main-main. Kalian bisa mengeluarkan uang hingga 2,5 juta atau lebih. Biasanya pendaftaran dilakukan secara online dan membayar menggunakan kartu kredit. Berbeda dengan IELTS yang harganya masih bervariasi.

Penutup

Itulah mengapa hal-hal seperti ini wajib kalian ketahui lebih dahulu sebelum memulai memutuskan untuk mengambil ujian IELTS atau IBT. Dengan ini, sekarang kalian sudah tahu beberapa perbedaan dan bagaimana cara mempertimbangkan memilih tes yang sesuai. Jadi, dari awal kalian juga bisa menentukan mana latihan dan kursus apa yang ingin diambil agar bisa lulus tesnya nanti.

Seperti yang kalian tahu, betapa pentingnya bisa mengasah kemampuan Bahasa Inggris, terutama untuk bisa lulus ujian TOEFL atau IELTS yang kalian pilih. Sebagai Agen Pendidikan Kuliah Luar Negeri, kami memiliki ICAN English untuk teman-teman yang ingin mengikuti kursus Inggris IELTS/ TOEFL di Bintaro sebagai bentuk persiapan. Kalian bisa menghubungi kami kapanpun jika punya pertanyaan tentang biaya kursus, dan lainnya.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
SIM
KINGS USA
KINGS UK
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan