Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
perhitungan keperluan hidup dan biaya sekolah di singapura

Perhitungan Keperluan Hidup dan Biaya Sekolah di Singapura

Beranda / Sekolah / Perhitungan Keperluan Hidup dan Biaya Sekolah di Singapura

Di Asia negara Singapura menjadi salah satu negara dengan tingkat kawasan yang cukup maju, tidak mengherankan ketika Anda hidup di negara tersebut memerlukan biaya hidup yang tidak sedikit. Meskipun terbilang mahal, terbukti banyak anak sekolah yang ingin melanjutkan kuliah di negara singa itu. Ada beberapa tempat kuliah di Singapura yang memang menjadi favorit banyak orang di Indonesia, meskipun dengan biaya sekolah di Singapura yang tidak murah. Kualitas pendidikan yang baiklah menjadi daya pikat beberapa orang tua atau calon mahasiswa untuk meneruskan sekolah mereka.

Sudah ada beberapa anak pemimpin negara Indonesia yang memilih melanjutkan sekolah di negara Singapura, salah satunya anak presiden Joko Widodo. Sebagai anak dari orang nomor satu, Kaesang sendiri pernah berbagai informasi jika memang kuliah di sana tidaklah murah. Bukan hanya untuk biaya sekolah tetapi untuk biaya hidup atau gaya hidup orang Singapura yang berbeda dengan negara Indonesia. Makanya untuk menjadi mahasiswa di negara tetangga tersebut, Kaesang memberikan tips untuk lebih berhemat supaya bisa menjalani proses sekolah tanpa terhalang biaya.

Biaya Yang Harus diperhatikan Kuliah di Singapura

Perhitungan sejak dini sebelum akhirnya memutuskan kuliah ke negara orang itu sangat penting sekali, apalagi bagi orang tua. Ya, dianjurkan sejak dini memutuskan untuk mempersiapkan pendidikan anak sampai dengan tiba waktunya. Nah, untuk kuliah di Singapura sendiri bisa dibagi beberapa biaya yang diperlukan seperti:

Biaya kuliah

Dari negara Asia Tenggara lainnya memang Singapura mempunyai angka biaya kuliah yang relative lebih mahal. Tetapi jika dibandingkan dengan Eropa dan Amerika Serikat negara tersebut masih tergolong sangat murah. Untuk bisa menempuh gelar sarjana saja memerlukan kurang lebih 13.730 dolar singapura. Anda bisa memperhitungkan sendiri jika nilai kurs sekarang ini 13 ribuan. Tetapi hal itu tergantung pula dengan jenis jurusan yang Anda ambil, untuk Singapura yang paling mahal pendidikan medis.

Biaya makan

Berbicara mengenai biaya makan itu umumnya satu hari memerlukan 3 kali makan, hal ini juga umum. Nah, untuk Singapura sendiri memang mempunyai harga yang relative lebih mahal untuk jenis makanan. Umumnya satu bulan Anda memerlukan biaya 225 dolar sampai dengan 400 dolar. Untuk makan dikantin sekolah biaya yang dibutuhkan lebih murah sekitar 3-5 dolar setiap harinya.

Biaya transportasi

Sama seperti di Indonesia, ketika Anda harus ke kampus pasti perlu adanya transportasi yang digunakan. Tetapi hal ini tidak bisa menjadi patokan karena masing-masing orang mempunyai frekuensi perjalanan yang berbeda setiap harinya. Disamping itu juga dipengaruhi oleh letak dari tempat kos yang dipilih.

Biaya lain

Lalu mengenai biaya lain itu bisa bersifat gaya hidup, seperti membeli buku, pakaian, komunikasi ataupun yang lainnya. Jenis ini termasuk dalam biaya yang perlu Anda perhitungkan dari awal sebelum memutuskan untuk sekolah di Singapura. Biaya lain juga dipengaruhi oleh masing-masing orang yang pastinya berbeda antara satu dengan lain.

Sebagai seorang mahasiswa, biaya yang diperlukan selama kuliah itu bukan hanya diawal masuk saja. Ada beberapa hal lain yang perlu juga Anda pertimbangkan seperti biaya setiap semester, biaya ujian, sampai dengan biaya kegiatan lainnya selama proses belajar di Singapura. Nah, berbicara mengenai biaya sekolah di Singapura sangat kompleks sekali. Jika semuanya diperhitungkan memang jatuhnya lebih mahal, apalagi jika Anda bandingkan dengan Indonesia. Makanya kenapa harus memperhatikan sejak dini dengan usaha ataupun tabungan yang memberikan banyak keuntungan.

Alasan Kuliah di Singapura

Singapura adalah rumah bagi institusi dan universitas terkenal di dunia. Kurikulum akademik mereka yang ketat, fasilitas canggih, dan penekanan kuat pada penelitian dan inovasi memastikan bahwa siswa menerima pendidikan terbaik. Kolaborasi dengan universitas elit seperti MIT dan Harvard semakin meningkatkan kualitas program yang ditawarkan.

Meskipun Singapura adalah negara multibahasa, bahasa Inggris adalah bahasa pengantar utama di lembaga pendidikan. Hal ini menjadikan transisi lebih lancar bagi pelajar internasional dan juga membekali mereka dengan keterampilan komunikasi bahasa Inggris yang kuat, yang merupakan aset di pasar kerja global.

Perekonomian Singapura yang berkembang pesat dan statusnya sebagai pusat bisnis global berarti terdapat banyak peluang kerja bagi para lulusan. Banyak perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Asia di Singapura, memberikan mahasiswa peluang magang dan pekerjaan yang luas.

Penutup

Dalam kancah pendidikan internasional yang sedang berkembang, Singapura menonjol sebagai mercusuar yang cemerlang. Dengan budaya Timur-bertemu-Barat yang unik, universitas-universitas papan atas, dan lanskap ekonomi yang ramai, Singapura, selama bertahun-tahun, identik dengan keunggulan dalam pendidikan.

Negara kota ini bukan sekadar surga pendidikan; di sinilah masa depan bertemu dengan masa kini, tempat pelajar global datang untuk mengubah impian mereka menjadi kenyataan. Memulai perjalanan Belajar di Singapura mirip dengan memasuki dunia di mana tradisi dan modernitas bersatu, menawarkan pengalaman belajar yang benar-benar unik.

ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
UTS College Balikpapan
Education Expo Kalimantan
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
KINGS USA
KINGS UK
SIM
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan