Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
syarat kuliah di university of queensland

Syarat Kuliah di University of Queensland

Beranda / Perkuliahan / Persiapan Kuliah / Syarat Kuliah di University of Queensland

Salah satu lembaga penelitian dan pengajaran terkemuka di Australia adalah The University of Queensland (UQ). Termasuk ke dalam salah satu kampus terbaik di Australia, universitas ini merupakan universitas penelitian negeri yang tersebar di tiga kampus utama, yaitu  St. Lucia, Gatton, dan Herston. Menaiki peringkat ke-47 universitas terbaik di dunia menurut QS World University Rankings 2020, UQ menawarkan sejumlah program gelar dengan sederet persyaratan masuk.

Sejumlah persyaratan masuk yang berlaku untuk masing-masing program studi di beragam jenjang yang ditawarkan UQ akan diuraikan berikut ini, seperti dimuat dalam laman resmi universitas, www.uq.edu.au.

Syarat Kuliah Program Sarjana

Bagi pelamar internasional untuk program gelar sarjana, penting untuk memahami persyaratan masuk dan pilihan jalur masuk yang berlaku. The University of Queensland memiliki serangkaian jalur penerimaan untuk membantu para calon mahasiswanya mencapai tujuan studi mereka. Temukan persyaratan apa yang harus dipenuhi untuk dapat masuk ke program sarjana.

Persyaratan masuk

Untuk memenuhi persyaratan masuk minimum untuk program sarjana di UQ, siswa pelamar perlu:

  • menyelesaikan kelas 12 SMA (atau kualifikasi setara),
  • mencapai nilai masuk minimum program yang dituju,
  • memenuhi prasyarat subjek program (jika ada),
  • memenuhi persyaratan kemampuan berbahasa Inggris (ELP) program yang dituju, dan
  • berhasil menyelesaikan persyaratan khusus aplikasi program.

Siswa pelamar akan menemukan persyaratan khusus program yang dituju dengan mencari program tersebut. Persyaratan masuk tercantum di bawah kolom ‘Detail Program’ di halaman program pada laman situs web.

Beberapa program memiliki kuota, dengan tempat terbatas yang tersedia. Karena jalur masuk bersifat kompetitif, maka jika siswa hanya memenuhi persyaratan masuk minimum untuk program yang dituju tidak menjamin penerimaan. Untuk program tanpa kuota, UQ menawarkan tempat untuk semua siswa pelamar yang memenuhi persyaratan masuk minimum program.

Baca juga : Fakultas Terbaik Di University Of Queensland

Menyelesaikan kelas 12 SMA atau kualifikasi setara

Untuk dapat memasuki kuliah dalam program sarjana, siswa pelamar harus berhasil menyelesaikan kualifikasi kelas 12 SMA atau setara dengan nilai masuk minimum yang diperlukan untuk program studi yang diminati.

Siswa pelamar juga dapat dipertimbangkan aplikasinya jika telah menyelesaikan gelar diploma, diploma lanjutan atau satu tahun/lebih pada studi sejenis.

Jika kualifikasi para siswa pelamar dianggap tidak setara dengan kualifikasi yang disyaratkan oleh UQ, maka mereka dapat mengajukan permohonan untuk program IES Foundation atau jalur lain. Program-program ini dapat membantu Anda memenuhi persyaratan masuk minimum untuk program yang diminati.

Nilai masuk minimum

Nilai masuk minimum adalah nilai terendah yang perlu  dicapai siswa pelamar untuk dipertimbangkan aplikasinya dalam suatu program. Jika nilai masuk minimum para pelamar tidak seperti yang diharapkan, masih ada sejumlah jalur masuk kuliah untuk membantu mereka.

Nilai masuk yang diperlukan suatu program ditampilkan dalam berbagai cara, tergantung pada jenjang studi yang telah diselesaikan oleh siswa pelamar yang bersangkutan.

  • Kelas 12 SMA atau setara
    Jika saat ini siswa internasional telah menyelesaikan sekolah menengah atas, maka ia harus mencapai nilai yang setara dengan nilai masuk yang diperlukan untuk program UQ pilihan.
  • Mereka yang tidak sekolah
    Jika pelamar bukan lulusan sekolah saat ini, UQ akan menilai aplikasinya berdasarkan studi yang telah ia selesaikan sejak menyelesaikan sekolah menengah.
  • Jika siswa pelamar sudah memulai gelar atau telah menyelesaikan diploma yang diakui atau diploma lanjutan, ia mungkin dapat melanjutkan studi tersebut ke UQ dan menerima kredit untuk studi sebelumnya.

Baca juga : Kuliah Di University Of Queensland? Ini Beasiswa Yang Bisa Dipilih

Prasyarat subjek

Beberapa program memiliki prasyarat subjek, yaitu subjek khusus yang harus dilewati agar memenuhi syarat untuk masuk ke program yang dituju. Mata pelajaran ini memberi para calon mahasiswa pengetahuan dasar yang diperlukan untuk membantu mereka berhasil dalam programnya. Paling tidak, prasyarat biasanya adalah subjek kelas 12 SMA atau setara yang telah ditetapkan UQ.

Siswa pelamar akan menemukan prasyarat program di setiap halaman program. Prasyarat subjek dicantumkan di bawah kolom ‘Detail Program’. Jika siswa pelamar tidak memenuhi prasyarat subjek untuk program yang diinginkannya, pilihlah jalur lain yang juga tersedia untuk membantu.

Beberapa program juga telah merekomendasikan bidang pengetahuan. Ini tidak wajib, tetapi dapat membantu siswa pelamar untuk lebih memahami materi pelajaran.

Jika saat ini, siswa pelamar tidak sedang belajar atau telah menyelesaikan kelas 12 SMA/setara, aplikasinya akan dinilai untuk menentukan apakah ia telah memenuhi prasyarat yang ditetapkan.

Persyaratan kemahiran bahasa Inggris

Untuk dapat memasuki kuliah dalam program sarjana, semua siswa pelamar harus memenuhi persyaratan kemahiran berbahasa Inggris (ELP) UQ. Untuk sebagian besar program, mereka harus memenuhi persyaratan ELP standar, tetapi beberapa program yang lain memiliki persyaratan ELP yang lebih tinggi.

Untuk kemahiran dengan sertifikasi IELTS, pelamar program sarjana setidaknya harus memiliki nilai minimum IELTS 6.5. Sementara, untuk nilai TOEFL IBT setidaknya pelamar program sarjana harus memiliki nilai minimum 87.

Ada banyak cara siswa pelamar dapat memenuhi persyaratan ELP, seperti:

  • studi pada sekolah menengah atas atau menengah,
  • tes bahasa Inggris, dan
  • pengalaman kerja.

Untuk informasi tentang persyaratan ELP di UQ dan cara untuk memenuhi persyaratan ini, lihat halaman persyaratan kemahiran bahasa Inggris pada situs web resmi UQ.

Untuk banyak program UQ, jika siswa pelamar memenuhi persyaratan masuk akademik untuk program ini, tetapi membutuhkan studi bahasa Inggris lebih lanjut untuk memenuhi persyaratan ELP, maka ia dapat mengajukan permohonan untuk penawaran paket. Penawaran paket termasuk studi bahasa Inggris di UQ-ICTE dan penawaran penerimaan masuk ke program UQ.

Persyaratan Khusus Aplikasi Program

Beberapa program memiliki persyaratan masuk tambahan. The Bachelor of Music (Honours), misalnya, meminta pelamar untuk mengikuti audisi. Cermati dalam memeriksa setiap persyaratan khusus aplikasi program.

Baca juga : Cara Daftar Kuliah Di University Of Queensland

Penilaian Aplikasi

Semua kualifikasi UQ diselaraskan dengan Kerangka Kerja Kualifikasi Australia. Setiap aplikasi dinilai berdasarkan kasus per kasus. Tim Penerimaan Internasional UQ akan meninjau kualifikasi para siswa pelamar untuk memeriksa apakah memenuhi persyaratan program yang mereka minati.

The University of Queensland juga merujuk pada reputasi atau peringkat institusi siswa pelamar dan Kantor Nasional untuk Pengenalan Keterampilan Luar Negeri (NOOSR). Ini memastikan apakah latar belakang akademis siswa pelamar dapat memenuhi standar Australia serta persyaratan subjek ataupun program studi di UQ.

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang syarat kuliah di University of Queensland, silakan menghubungi tim konsultan pendidikan resmi ICAN Education Consultant yang tertera di halaman situs web ini, atau dengan menghubungi langsung informasi kontak di bawah ini:

ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
Education Expo Kalimantan
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
KINGS USA
KINGS UK
SIM
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan