Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
tips untuk reading test, lengkap dengan contoh soal ielts

Tips untuk Reading Test, Lengkap dengan Contoh Soal IELTS

Beranda / Bacaan Umum / Tips & Trick / Tips untuk Reading Test, Lengkap dengan Contoh Soal IELTS

Tes membaca dalam bahasa inggris atau disebut juga reading test. Tes bertujuan untuk menilai seberapa baik keterampilan kamu dalam membaca tulisan dalam bahasa inggris. Konten tes bacaan IELTS ada berbagai macam jenis dengan panjang keseluruhannya mencapai 2.150-2.750 kata.

IELTS Reading Test: Strategi Terbaik (Best Strategies)

“Tes Reading IELTS kok susah yah?”

“Bacaanya sangat akademis dan panjang-panjang, sungguh sangat tidak bersahabat dan manusiawi.”

“ Waktu yang di sediakan juga cukup singkat, hanya satu jam! Terlebih lagi pertanyaan kadang sangat tricky atau menjebak, bikin kita garuk kepala”

“Ada ga sih jalan pintas (shortcut) biar bisa dapet nilai yang memuaskan?”

“Strategi yang sederhana, mudah, tapi efektif.”

Nah dalam artikel ini, penulis akan coba menjawab pertanyaan tersebut dan memberikan solusi praktis yang mudah untuk di praktikan. Memang harus diakui bahwa tes IELTS cukup menantang dari berbagai aspek mulai dari kontent akademik dan timing yang cukup singkat, seperti yang di keluhkan banyak perserta.

Ada satu kata kunci yang harus di tekankan dalam tes IELTS ini : parafrase. Yaitu kemampuan untuk mengkomunikasikan satu ide yang sama tapi menggunakan kata, frase, maupun struktur kalimat yang berbeda. Tidak kalah pentingnya juga kritikal skill seperti scanning dan skimming. 

Strateginya? Yuk kita langsung bahas.

  • Bacalah sebanyak mungkin jenis teks autentik dalam bahasa Inggris: koran, majalah, jurnal dan buku buku ilmiah. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat.
  • Sebelum membaca teks, baca pertanyaan lebih dahulu dan garis bawahi kata kunci. Kiat ini sangat membantu dalam mencari jawaban dalam teks.
  • Bacalah teks sekilas untuk mengetahui tema utama. Tidak usah khawatir jika ada katakata yang tidak kamu pahami. Kemudian cek kembali kata kunci yang ada pertanyaan untuk mengingatkan paragraph mana yang relavant yang didalamnya terdapat klue atau jawaban.
  • Semua jawaban ada dalam teks. Jadi kamu tidak usah mecari diluar itu. Hindari jawaban atau kata menurut pengetahuan kamu.
  • Ini juga penting: salinlah jawaban sesuai dengan ejaan yang ada di teks. Ingat, harus akurat.
  • Untuk pertanyaan yang komplek: pertanyaan membutuhkan pemahaman menyeluruh atau ide utama. Coba garisbawahi atau lingkari kata kunci dan gunakan konteks untuk memahami ide utama.
  • Tandai atau lingkari juga teks yang berisi informasi khusus seperti nama tempat, tanggal, tahun dan senjenisnya. Hal tersebut bisa menjadi petunjuk yang sangat bermanfaat untuk mencari jawaban.
  • Jika menemukan pertanyaan yang sulit, lompati saja dulu. Fokuskaan untuk menjawab pertanyaan yang lebih mudah. Dengan ini kamu tidak akan membuang waktu. Nah kalo masih ada waktu di akhir, kamu bisa coba lagi untuk menjawab pertanyaan yang sulit tadi.
  • Yang terakhir, yakinkan jika kamu menulis jawaban di lembar jawab, bukan di kertas pertanyaan. Why? Karena tidak ada waktu tambahan untuk mentransfer jawaban tersebut.

Baca juga : Contoh Soal Reading Comprehension Dan Pembahasannya

Contoh Tipikal Pertanyaan IELTS: Membaca (Reading)

Setelah belajar dan memahami beberapa tips dan strategi pada bagian pertama. Mari kita beralih dari apsek teoritis ke domain yang lebih praktis. Yuk kita aplikasikan teori ke praktek. Untuk itu mari kita lihat contoh real dari tipikal pertanyaan di IELTS dan membahas cara megerjakan dengan efektif dan benar.

Mengidentifikasi Informasi (Identifying information)

Tip: Perlu di tekankan bahwa informasi akan di sajikan secara implisit atau dengan parafrase. Jadi carilah kata atau frase bersinonim dengan kata atau informasi yang terdapat pada opsi pertanyaan.

Contoh: Berikut adalah kutipan dari bacaan tentang Green Land berikut dengan pertanyaan.

Mari kita bahas:

Perhatikan bahwa kata kunci pertanyaan di garisbawahi, beserta kata yang mengacu. Opsi pertama (1) (kata kunci: ancestor) mempunyai makna yang sma dengan kata yang atau frase yang di tandai (descended), iya kan? Kedua kata tersebut walupun memiliki ejaan yang berbeda tetapi bermakna sama yaitu: keturunan/ pendahulu. Inilah yang kita maksud dengan, ingat di bagian awal, ‘parafrase’. Mudah bukan?

Lebih lanjut, informasi ke 2 di teks menyatakan bahwa suku Inut di perkirakan telah hidup di Siberia sampai 7,000 atau 8,000 tahun yang lalu. Tetapi di opsi ke dua disebutkan bahwa beberapa dari mereka bermigrasi dari America Utara ke Green Land sekitar 5,000 tahun yang lalu. Singkatnya, kedua informasi tersebut tidak sesuai, sehingga salah.

Pada bagian ke tiga bacaan, tidak sebutkan alasan mengapa beberapa Inut berpindah ke Greenlaan. Lebih jauh, tidak ada keterangan bahwa tentang daya tarik daerah tersebut. Jadi kesimpulan yang bisa diambil ambigu (bisa iya, bisa tidak).

Menjodohkan Topik Utama (Matching Headings)

Meskipun terkesan sederhana, bagian ini bisa cukup menantang karena cukup membingungkan, semua topik utama terkesan relevan dan berpotensi bisa menjadi jawaban. Nah setelah membaca paragraph, analisa ide pokok mana yang paling cocok dengan isi paragraf. Gunakan juga konteks.

Contoh: Berikut satu contoh teks tentang sistem nama santifik untuk spesies hewan dan tumbuhan. Kamu harus memilih topik utama yang benar untuk setiap paragraph.

Pembahasan

Perhatikan paragraf (A) menjelaskan bagimana sistem bermula, oleh karna itu jawaban yang tepat adalah heading (iii), meskipun paragraf tersebut mengacu pada karya Carl Linnseus, dan tidak berhubungan dengan reaksi terhadapnya. Untuk alasan inilah mengapa heading (ii) salah.

Sedangkan untuk bagian (B) contoh berbagai nama hewan di sebutkan dengan menggunakan sistem, maka dari itu bisa disimpulkan bahwa heading yang tepat adalah nomer ( i ). Walaupun, bagian B mengacu pada singa dan harimau, poin tersebut tidak mengacu bagaimana hewan tersebut terhubung, itulah kenapa heading (iv) itu kurang tepat.

Itulah beberapa contoh autentik, tipe-tipe pertanyaan dalam tes IELTS beserta pembahasanya. Perlu di pahami di sini kita hanya membahas beberapa sampel . Dalam kenyataanya, masih banyak lagi tipe pertanyaan dan pembahasan yang tentunya simpel dan mudah dipahamai. Dan masih banyak metode metode lain yang belum kita explorasi yang mungkin di edisi mendatang bisa kita bahas.

Sampai poin ini cukup jelas. Ada pertanyaan? Silahkan bagi yang membutuhkan informasi lebih lanjut bisa bekonsultasi dengan konsultan kami.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
SIM
KINGS USA
KINGS UK
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan