Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
agen pendidikan kuliah ke malaysia

Agen Pendidikan Kuliah ke Malaysia

Beranda / Bacaan Umum / Agen Pendidikan Kuliah ke Malaysia

Malaysia Menjadi salah satu negara yang paling banyak dipilih oleh para calon mahasiswa, baik untuk para sarjana S1 atau S2. Hal ini karena Malaysia memiliki banyak universitas dengan kualitas pembelajaran terbaik. Selain itu, jarak negara ini dengan Indonesia tidak terlalu jauh sehingga biaya hidup yang akan dikeluarkan tidak akan jauh berbeda dengan biaya hidup di dalam negeri.

Info Lengkap Kuliah Di Malaysia yang Wajib Dipahami

Untuk kamu yang tertarik kuliah di Malaysia, kamu harus mencari tahu berbagai informasi lengkap seputar biaya hidup, daftar kampus hingga akomodasi yang akan kamu keluarkan. Dengan mengumpulkan berbagai informasi tersebut kamu bisa kuliah di Malaysia tanpa halangan berarti, tentunya kamu juga harus melengkapi berbagai persyaratan yang berlaku.

Mengapa Kuliah di Malaysia

Malaysia memiliki Sembilan universitas yang berhasil masuk ke dalam 1.000 universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education pada 2018 lalu. Dengan begitu, kamu punya Sembilan pilihan universitas terbaik di negara ini.

Kuliah di Malaysia, berarti kualitas pendidikan kamu akan sangat terjamin, sebab Malaysia mewajibkan semua universitasnya untuk menjalankan proses sertifikasi Lembaga khusus dari Kementerian Pendidikan di negara ini. Jadi, semua universitas di negara ini memiliki akreditasi dan reputasi yang menjanjikan dan tentunya diakui oleh negara.

Berbagai universitas di sini juga memiliki banyak jurusan yang masih jarang di Indonesia, sebut saja Human Development, Corporate dan Marketing Communication, Teknobiomedik, Teknik Ekonomi Konstruksi, Fashion Marketing Game Development, dan Multimedia Arts. Untuk kualitas pendidikannya sendiri, tentu tidak perlu lagi diragukan karena pendidikan di Malaysia mengadopsi program pendidikan dari Inggris. Mahasiswanya juga memiliki akses pendidikan yang baik terhadap sistem edukasi global.

Kamu juga tidak perlu khawatir tentang kondisi ekonomi di negara ini karena Malaysia sendiri memiliki kondisi ekonomi yang stabil. Dengan kondisi ekonomi yang stabil ditambah dengan mutu pendidikan yang baik dan diakui secara internasional membuat negara ini menjadi tujuan banyak mahasiswa Indonesia.

Persyaratan dan Pendaftaran Kuliah di Malaysia

Kalau kamu berminat untuk berkuliah di Malaysia, maka kamu perlu mengetahui persyaratan yang diberlakukan untuk para mahasiswa internasional. Semua mahasiswa dari luar negeri harus memiliki Visa Belajar agar bisa memiliki izin tinggal di sana. Visa belajar ini juga biasa disebut sebagai Student Pass. Untuk bisa mendapatkan Student Pass ini, kamu harus memiliki offer letter dari universitas, dan mengurus pembuatan VAL (Visa Approval Letter) di Lembaga Education Malaysia Global Service (EMGS). Visa ini berlaku selama tiga bulan.

Untuk masih ke universitas yang dituju, kamu juga harus memenuhi persyaratan dokumen seperti misalnya Ijazah SMA atau fotokopi rapor kelas 12, fotokopi atau scan paspor semua halaman, fotokoppi SKHUN, fotokopi nilai UN dan KTP serta foto diri dengan ukuran 4X6 dengan latar belakang putih sebanyak enam lembar.

Kamu juga harus memiliki sertifikat tes Bahasa Inggris. Untuk IELTS, kamu harus memiliki nilai minimum 4-6.5, untuk TOEFL kamu harus memiliki nilai sebesar 450-550. Kamu juga harus lulus dari program Foundation?GCE/O Level/IB.

Perlu diingat bahwa semua dokumen tersebut harus kamu kirimkan melalui email beserta dengan formulir pendaftaran yang bisa kamu dapatkan dari website masing-masing uiversitas. Untuk dokumen asli, bisa kamu bawa langsung ke Malaysia jika kamu sudah resmi diterima oleh universitas tujuan kamu. Siapkan berbagai dokumen tersebut jauh sebelum tenggat waktu yang ditentukan untuk meminimalisir berbagai kesalahan yang mungkin kamu lakukan.

Tahun akademik di Malaysia biasanya dimulai pada September. Jika kamu ingin berkuliah di sana, kamu harus menyiapkan berbagai dokumen mulai dari Mei karena proses seleksi cukup lama dan memakan waktu. Jika kamu diterima, maka kamu akan mendapatkan offer letter pada Juli hingga Agustus yang akan dikirimkan melalui email.

Tapi, kamu juga harus mencari informasi yang lengkap seputar pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru di universitas tujuan kamu. Sebab, setiap universitas memiliki waktu yang berbeda, khususnya untuuk universitas negeri dan swasta. Jangan lupa kunjungi website resmi universitas yang kamu tuju, ya.

Biaya Kuliah di Malaysia

Negara ini terletak tidak jauh dari Indonesia, ini yang membuatnya memiliki biaya kuliah yang cukup terjangkau dibandingkan dengan negara lain seperti Amerika Serikat atau Australia. Tapi, sama halnya seperti di Indonesia, biaya kuliah di universitas negeri akan lebih murah dibandingkan dengan universitas swasta lokal maupun asing.

Untuk biaya kuliah yang paling mahal adalah jurusan kedokteran, setelahnya ada jurusan Teknik, IT dan bisnis. Untuk jurusan bisnis sendiri, kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp50 juta hingga Rp 100 juta untuk gelar S1 di universitas negeri. Untuk jurusan bisnis di universitas swasta, kamu harus mempersiapkan dana sebsar Rp200 juta hingga Rp300 juta.

Jika kamu tertarik untuk masuk ke jurusan IT atau Teknik, maka kamu harus mempersiapkan dana sebesar Rp50 juta hingga Rp130 juta di universitas negeri dan Rp200 juta hingga Rp500 juta untuk universitas swasta. Pemilihan universitas negeri dan swasta tentu harus disesuaikan dengan minat dan kemampuan kamu.

Biaya hidup di negara ini juga tak jauh berbeda dengan biaya hidup yang biasanya kamu keluarkan di kota besar di Indonesia. Biasanya, para mahasiswa menghabiskan dana sebesar Rp50 juta hingga Rp60 juta per tahun. Sedangkan untuk tempat tinggal kamu bisa memanfaatkan asrama kampus. Selain bisa berhemat, kamu juga lebih dekat dengan pusat kota.

Baca juga :
Kelebihan Sistem Pendidikan Di Malaysia, Unggul Banget!

Tips Memilih Agen Pendidikan untuk Kuliah di Malaysia

Jika persyaratan yang diberikan oleh pihak universitas terlalu rumit dan kamu bingung harus menyiapkannya dari mana, kamu tidak perlu khawatir karena ada agen pendidikan yang siap membantu kamu untuk bisa kuliah di Malaysia. Agen pendidikan untuk kuliah di Malaysia biasanya akan membantu kamu dengan sesi konsultasi dengan konsultan yang professional yang akan membantu kamu dalam menentukan jurusan apa yang tepat, memberikan gambaran lingkungan di negara tujuan, hingga persiapan yang semakin matang.

Agen pendidikan juga menyediakan program Bahasa Inggris yang akan membatnu kamu untuk bisa mendapatkan skor TOEFL dan IELTS sesuai dengan standar yang ditentukan. Selain itu, kamu juga akan dibantu dalam melengkapi seluruh berkas dan visa yang dibutuhkan serta mengirimkannya. Dengan ini, kamu bisa meminimalisir kesalahan atau keterlambatan pengiriman dokumen.

Hal paling penting ketika kamu menggunakan jasa agen pendidikan adalah kamu akan tetap dipantau bahkan ketika kamu sudah meninggalkan Indonesia. Jadi ketika kamu menemui masalah, kamu tetap bisa meminta bantuan pada konsultan.

Nah, untuk itu kamu perlu memilih konsultan terbaik yang bertanggung jawab. Salah satu agen pendidikan untuk kuliah di Malaysia adalah ICAN Education Consultant. Kami akan membantu kamu untuk mengurus pendaftaran hingga urusan tempat tinggal selama kamu ada di sana. Beberapa pelayanan yang bisa kamu dapatkan dari Ican Education Consultant adalah pelayanan konsultasi gratis, membantu pendaftaran kuliah, pengurusan visa ke Malaysia, Pencarian tempat tinggal, airport pickup, pre departure briefing, serta pengurusan IELTS secara resmi.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan