Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Apa Itu Business Management? Ini Informasi Lengkapnya

Apa Itu Business Management? Ini Informasi Lengkapnya

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Apa Itu Business Management? Ini Informasi Lengkapnya

Apa itu Business Management? Mungkin banyak orang yang merasa penasaran dengan Business Management atau Manajemen Bisnis. Manajemen bisnis sangat, apalagi ketika seseorang ingin mengembangkan bisnisnya dengan baik. Banyak yang menganggap bahwa bisnis adalah sesuatu hal yang rumit karena ada sistem yang perlu dijalankan dengan baik agar bisa berhasil.

Namun jika kamu mempelajari manajemen bisnis, kerumitan tersebut bukanlah sesuatu hal yang sulit untuk dipahami. Lantas apa sebenarnya pengertian dari manajemen bisnis?

Apa itu Business Management?

Jadi, Business Management atau manajemen bisnis pada dasarnya berperan sebagai suatu sistem yang mengatur seluruh operasional bisnis, memastikan kelancaran setiap lini, dan memudahkan pencapaian tujuan bisnis. Up Counsel menyebutkan bahwa manajemen bisnis melibatkan kegiatan mengelola, mengkoordinasikan, dan mengorganisir suatu bisnis.

Jika tidak memahami manajemen bisnis dengan baik, maka dapat mengakibatkan ketidakteraturan dalam jalannya bisnis, meningkatkan risiko ketidakberlanjutan. Meskipun tidak semua orang memiliki latar belakang pendidikan di bidang manajemen, tetapi tetap penting bagi para pengusaha untuk memahami dasar-dasar manajemen bisnis.

Memahami konsep-konsep dasar seperti manajemen keuangan, pemasaran, perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengendalian, dan lainnya dapat memberikan wawasan yang diperlukan untuk mengelola bisnis dengan efisien.

Mengapa Business Management Harus Ada?

Kenapa harus memahami manajemen bisnis dengan baik? Nah, pengembangan produk dalam suatu usaha atau bisnis membutuhkan perencanaan yang matang. Tanpa pengelolaan yang tepat, risiko bisnis mengalami kemunduran akan meningkat, bukan kemajuan. Dengan adanya visi dan misi yang telah ditetapkan, manajemen menjadi krusial dalam mendorong pertumbuhan bisnis.

Manajemen berperan penting dalam memastikan efektivitas dan pencapaian target bisnis. Dengan strategi manajemen yang baik, suatu bisnis dapat berkembang secara efisien dan mencapai tujuan serta misi yang telah ditetapkan. Manajemen membantu merencanakan, mengorganisir, dan mengarahkan setiap aspek bisnis, menciptakan fondasi yang kuat untuk kemajuan jangka panjang.

Kegunaan Business Management

Setelah memahami dengan baik apa itu Business Management, kini saatnya kamu tahu tentang fungsi-fungsi dari Business Management, seperti berikut:

Perencanaan

Fungsi pertama sebagai perencanaan. Perencanaan akan memegang peran utama dan penting dalam landasan sebuah perusahaan yang didirikan dengan kuat. Dalam proses perencanaan, ada tujuan dan misi menjadi fokus dan harus dicapai, diikuti dengan pembuatan jalur atau strategi terbaik untuk mencapainya.

Tentunya, hal ini menjadi pondasi penting dalam mengarahkan langkah-langkah perusahaan menuju pencapaian sasarannya.

Pengorganisasian

Selanjutnya, Manajemen Bisnis akan memiliki fungsi untuk pengorganisasian. Setelah perencanaan terstruktur dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah pelaksanaan. Namun, perlu diingat bahwa pelaksanaan tidak boleh tergesa-gesa, karena perusahaan perlu menetapkan tim yang tepat.

Inilah pentingnya pengorganisasian di dalam sebuah bisnis, di mana tugas-tugas ditetapkan dengan jelas, dan orang yang bertanggung jawab untuk melaksanakannya ditentukan dengan baik agar perencanaan tersebut dapat tersusun dengan tepat.

Pengarahan

Jika sudah ada pengorganisasian dengan tepat, maka selanjutnya tinggal pengarahan. Dalam konteks ini, individu yang telah diberi tanggung jawab penuh perlu mendapatkan arahan agar rencana perusahaan dapat berjalan secara efektif dan mencapai tujuan yang ditetapkan.

Namun, selain arahan, para penanggung jawab juga perlu diberi motivasi dalam menjalankan tugasnya. Terdapat dua metode pengarahan yang dapat diterapkan, yaitu melalui pengaruh (influencing) dan motivasi.

Pengendalian

Manajemen akan berjalan secara efektif dan optimal, serta mengikuti rencana yang telah ditetapkan, dengan adanya proses kontrol atau pengendalian. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa orang-orang yang bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan dan sesuai perencanaan.

Dalam fungsi kontrol, terdapat empat kegiatan yang dilaksanakan, yaitu menetapkan standar prestasi, mengukur prestasi, membandingkan prestasi, serta melakukan revisi dan perbaikan.

Mengetahui Unsur-Unsur dalam Business Management

Dari sini mungkin kamu sudah banyak memahami apa itu Business Management. Kamu juga harus memahami unsur-unsur di dalam manajemen bisnis. Nah, berikut ini dasar-dasar yang perlu kamu ketahui.

  • Manusia – Unsur pertama dalam manajemen bisnis adalah manusia. Keberadaan manusia memungkinkan perusahaan untuk menetapkan tujuan dan misi mereka, sementara manusia juga menjadi unsur kunci yang memiliki kontrol penuh.
  • Uang – Unsru kedua yang sangat penting tentunya adalah uang, karena selain berperan sebagai alat tukar, uang juga berfungsi sebagai penilaian nilai. Dengan menghitung total uang yang dihasilkan, perusahaan dapat menilai apakah bisnisnya mengalami perkembangan atau tidak.
  • Bahan – Salah satu elemen yang dipilih dengan cermat adalah bahan, karena bahan merupakan salah satu komponen utama dalam pembuatan produk perusahaan. Terdapat dua jenis bahan, yaitu bahan jadi dan bahan setengah jadi.
  • Mesin – Unsur yang satu ini berupa perkakas, diperlukan untuk menciptakan produk perusahaan. Tanpa elemen mesin, bahan yang telah disiapkan tidak akan bertransformasi menjadi produk perusahaan.

Ada banyak unsur yang dibutuhkan dalam Business Management. Dengan unsur-unsur tersebut tentu akan mendukung manajemen bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga: Universitas Luar Negeri Untuk S2 Jurusan Manajemen Pendidikan

Penutup

Apa itu Business Management? Jadi, dapat disimpulkan Business Management merupakan sebuah sistem yang mengatur seluruh operasional bisnis, memastikan kelancaran setiap lini, dan memudahkan pencapaian tujuan bisnis. Banyak fungsi dan unsur yang ada di dalamnya.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan