Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Apa itu Computer Science? Ini Penjelasannya!

Apa itu Computer Science? Ini Penjelasannya!

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Apa itu Computer Science? Ini Penjelasannya!

Apa itu Computer Science? Pernahkah pertanyaan tersebut terlintas di benak kamu untuk mengetahui arti dari Computer Science dan memahaminya secara mendalam? Jadi, Computer Science atau Ilmu Komputer adalah Ilmu yang akan mempelajari tentang komputasi. Jika kamu ingin mempelajari teknologi komputer dengan baik, maka dapat mengambil program studi Computer Science.

Orang yang berkecimpung di bidang ini biasanya terlibat dalam proses interaksi dengan data yang kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk program. Berbeda dengan insinyur komputer dan elektrik, para ilmuwan komputer (istilah untuk mereka yang bekerja di bidang ini) lebih fokus pada perangkat lunak dan sistem perangkat lunak. Ini mencakup aspek-aspek seperti teori, desain, pengembangan, hingga implementasinya dalam industri.

Apa itu Computer Science?

Jadi, Computer Science atau Ilmu Komputer adalah studi tentang komputer dan sistem komputasi, dimana mencakup sebagian besar interaksi yang melibatkan komputer. Seseorang yang sudah ahli dalam ilmu komputer akan  memiliki sebutan ilmuwan komputer.

Menjadi ilmuwan komputer kamu akan berkecimpung dengan perangkat keras komputasi maupun organisasi dan Arsitektur perangkat keras. Perlu diketahui bahwa ilmuwan komputer ini berbeda dengan Insinyur komputer, di mana juga fokus terhadap kelistrikan karena mereka mengembangkan perangkat lunak sebagai media untuk mengendalikan perangkat keras komputer.

Jadi ilmuwan komputer akan mempelajari bahasa pemrograman formal yang akan digunakan untuk bisa mendeskripsikan perangkat lunak, Sedangkan ilmu komputer lebih dari sekedar pemrograman komputer. Seluruh siklus hidup perangkat lunak, termasuk spesifikasi, desain, pengkodean, pengujian, dan akan dipertimbangkan oleh ilmuwan komputer melalui rekayasa perangkat lunak.

Ilmuwan komputer akan memberikan perhatian pada perangkat lunak sebagai inti sistem komputasi melalui studi sistem operasi, jaringan, arsitektur, serta grafik. Tidak hanya itu tetapi mereka juga akan menggunakan perangkat lunak untuk bisa memfasilitasi interaksi sistem dengan manusia, misalnya seperti pengambilan informasi dan pemrosesan bahasa alami.

Saat ini sudah banyak ilmuwan komputer yang berupaya untuk menciptakan perangkat lunak agar bisa berjalan secara mandiri untuk memecahkan masalah menggunakan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin. Ilmuwan komputer memiliki kewajiban untuk bisa memahami dampak sosial dan etika dari apa yang mereka ciptakan. Seiring dengan berkembangnya teknologi, ilmuwan komputer harus bisa memastikan keamanan dan  integritasnya. Apalagi saat ini perubahan dalam teknologi komputasi sangat berjalan cepat sehingga bisa menimbulkan permasalahan baru dalam budaya online, privasi, dan lain sebagainya

Materi dalam Computer Science

Setelah mengetahui apa itu Computer Science dan memahami tugas dari seorang ilmuwan komputer,  apabila kamu berminat maka bisa mulai mempelajari tentang Ilmu Komputer. Nantinya kamu akan menjadi seorang programer, dimana profesi tersebut saat ini sudah semakin populer. Ada berbagai macam materi yang perlu dipelajari untuk bisa unggul di bidang Computer Science, seperti berikut:

Pemrograman

Keterampilan pemrograman merupakan hal penting bagi seorang pengembang perangkat lunak. Pemrograman melibatkan serangkaian proses, mulai dari menulis kode, menguji, memperbaiki, hingga merawat kode yang digunakan untuk membangun program atau aplikasi komputer.

Fokus utama dari pemrograman adalah menciptakan program yang dapat melakukan perhitungan atau tugas sesuai dengan kebutuhan pengembangnya. Untuk menjadi seorang pemrogram, seseorang harus memahami konsep algoritma, logika, matematika, dan bahasa pemrograman.

Terdapat berbagai jenis bahasa pemrograman, namun dalam pembuatan satu program, biasanya hanya menggunakan 1 atau 2 jenis bahasa. Beberapa bahasa pemrograman yang populer di Indonesia, seperti berikut:

  • Java, sebagai bahasa pemrograman, memiliki fleksibilitas untuk digunakan pada berbagai perangkat, mulai dari komputer pribadi (PC) hingga perangkat mobile. Keunggulan Java membuatnya menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer.
  • Bahasa pemrograman C, merupakan bahasa pemrograman tertua dan populer. Diciptakan pertama kali oleh Dennis Ritchie, bahasa C memiliki popularitas yang tinggi di Indonesia. Banyak perguruan tinggi dan lembaga kursus pemrograman menggunakan bahasa C sebagai dasar sebelum mempelajari bahasa pemrograman lainnya.
  • PHP, atau PHP Hypertext Preprocessor populer di Indonesia karena sifatnya yang gratis dan sebagai server-side scripting yang dirancang untuk membangun website dinamis. Beberapa situs terkemuka yang menggunakan PHP antara lain Facebook, WordPress, dan Digg.
  • Visual Basic, diciptakan oleh Microsoft dimana dapat memberikan lingkungan pengembangan terpadu visual untuk membuat perangkat lunak. Sebagai turunan dari bahasa pemrograman BASIC, Visual Basic sering digunakan dalam pengembangan perangkat lunak untuk sistem operasi Windows.
  • Python, sebagai bahasa pemrograman kelas tinggi, menonjol dalam kemampuannya untuk membangun aplikasi, baik yang berbasis web maupun mobile. Meskipun demikian, Python cukup mudah dipelajari, terutama bagi pemula, karena menggunakan sintaks yang sederhana dan mudah dimengerti.
  • JavaScript adalah bahasa pemrograman yang lebih umum digunakan untuk pengembangan web. Dengan JavaScript, kamu dapat menciptakan situs web dengan tampilan yang interaktif dan menarik.

Ada banyak bahasa pemrograman yang harus dipahami dengan baik oleh Ilmuwan Komputer.

Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak merupakan materi penting yang harus dikuasai oleh seorang programmer. RPL melibatkan pemahaman mendalam tentang pengembangan perangkat lunak, mulai dari tahap perancangan, pembuatan, pemeliharaan, hingga pengembangan dan manajemen perangkat lunak.

Seorang programmer yang mahir dalam rekayasa perangkat lunak harus memiliki kemampuan untuk memastikan bahwa program yang dibuatnya dapat dijaga, mengikuti perkembangan teknologi, memenuhi kebutuhan pengguna, serta efektif dan efisien dalam penggunaannya.

Penutup

Apa itu Computer Science? Jadi, Computer Science atau ilmu komputer adalah studi tentang komputer dan sistem komputasi, dimana mencakup sebagian besar interaksi yang melibatkan komputer. Ada banyak materi yang harus kamu pelajari.

Jika tertarik, kamu bisa kuliah Computer Science di perguruan tinggi terbaik luar negeri. Konsultasi dengan agen pendidikan luar negeri, seperti ICAN Education. Ada banyak saran dan solusi agar kamu bisa mendapatkan pendidikan Computer Science terbaik dan berkualitas.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan