Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Apa itu QS World University Ranking? Ini Pengertiannya

Apa itu QS World University Ranking? Ini Pengertiannya

Beranda / Bacaan Umum / Apa itu QS World University Ranking? Ini Pengertiannya

Apa itu QS World University Ranking? Jadi QS WUR merupakan lembaga yang menyediakan berbagai informasi tahunan dan publikasi dari perguruan tinggi terbaik dunia dan dilakukan oleh Quacquarelli Symonds atau QS. Lembaga ini memperhatikan berbagai macam aspek untuk melakukan penilaian terhadap perguruan tinggi.

Nah, kamu mungkin sering menemukan informasi seputar pemeringkatan perguruan tinggi, luar negeri. Salah satu informasi biasanya diberikan oleh QS World University Rankings. Hampir semua perguruan tinggi di luar negeri mendapatkan penilaian dari QS WUR.

QS World University Rankings 2024

QS World University Rankings tahun 2024 masuk dalam edisi ke-20 menampilkan 1.500 institusi di 104 lokasi dan merupakan satu-satunya pemeringkatan yang menekankan kelayakan kerja dan keberlanjutan.

Tahun 2024, QS WUR telah menerapkan peningkatan metodologi terbesar yang pernah ada, dengan memperkenalkan tiga metrik baru, yaitu keberlanjutan, hasil ketenagakerjaan, dan jaringan penelitian internasional.
Ada berbagai macam jenis pemeringkatan, selain memberikan penilaian bagi beberapa perguruan tinggi dunia, seperti berikut:

  • QS Rankings By Subject – Pertama ada QS Rankings By Subject yang akan mengidentifikasi universitas terkuat di dunia dalam 54 bidang studi individual. Jadi kamu bisa mengetahui nilai bidang studi akan menjadi tujuan kamu ketika kuliah di luar negeri.
  • QS Sustainability Rankings – Kamu dapat menemukan Universitas mana yang mampu mengatasi berbagai macam tantangan lingkungan, sosial, dan tata kelola dunia dengan peringkat keberlanjutan.
  • QS Best Student Cities – Kamu bisa mencari informasi kota terbaik di dunia untuk pelajar internasional.
  • QS Business Masters Rankings – akan membantu untuk menilai program pascasarjana terbaik di bidang keuangan, manajemen, pemasaran, manajemen rantai pasokan, dan analisis bisnis.
  • QS Global MBA Rankings – Pemeringkatan MBA Global dari QS ini diterbitkan dalam kemitraan dengan situs TopMBA yang akan memberikan informasi peringkat program MBA penuh waktu terbaik di dunia.
  • QS International Trade Rankings – Kamu dapat menemukan universitas yang memberikan bekal kepada siswa untuk berkarya di perdagangan internasional. Temukan program pascasarjana mana yang memiliki konten yang relevan dengan industri dan kelancaran inovatif.

Ada berbagai macam jenis QS World yang akan membantu kamu mengetahui berbagai macam informasi seputar perguruan tinggi, bidang studi, kualitas kampus, dan lain sebagainya di dunia.

Baca juga:
Peringkat Universitas Menurut Webometrics

Metodologi yang Digunakan QS World University Rankings 2024

QS World University Rankings edisi ke-20 menampilkan 1.500 institusi di 104 lokasi dan menjadi lembaga pemeringkatan satu-satunya yang menekankan kelayakan kerja dan keberlanjutan.

Sudah dijelaskan secara singkat sebelumnya, untuk tahun 2024, QS telah menerapkan peningkatan metodologi terbesar yang pernah ada, dengan memperkenalkan tiga metrik baru, yaitu keberlanjutan (sustainability), hasil ketenagakerjaan (employment outcomes), dan jaringan penelitian internasional (international research network).

Hasilnya didasarkan pada analisis 17,5 juta makalah akademis dan pendapat ahli dari lebih dari 240.000 dosen akademik dan pemberi kerja.

Pemeringkatan yang dilakukan untuk edisi ke-20 ini cukup menarik, sebab dilakukan ketika prioritas pendidikan tinggi sedang berkembang. QS mempunyai posisi istimewa sebagai titik penghubung di sektor pendidikan tinggi, terhubung dengan jutaan pelajar, ratusan ribu akademisi dan pemberi kerja, serta ribuan institusi di seluruh dunia.

QS WUR telah melihat fokus dari pergeseran pemangku kepentingan yang berbeda sebagai respons terhadap tren yang lebih luas di bidang pendidikan dan masyarakat, dan agar mencerminkan kecerdasan kolektif dalam wawasan kinerja QS.

Nah, berikut ini penjelasan dari tiga indikator yang digunakan dalam penilaian QS WUR 2024.

Baca juga :
University Of Central Lancashire Dalam Ranking QS

Sustainability (Keberlanjutan)

Keberlanjutan telah menjadi hal penting bagi lembaga-lembaga global ketika mereka menyadari dampaknya terhadap dunia, para pelajar mengharapkan lembaga-lembaga tersebut mengatasi isu-isu terkait keadilan sosial dan iklim.

Survei Mahasiswa Internasional QS pada tahun 2022 menemukan bahwa 80 persen mahasiswa berpendapat universitas dapat berbuat lebih banyak untuk lingkungan. Hal ini mencerminkan tren yang lebih luas di kalangan pelajar muda yang sangat mendukung aktivitas sosial dan lingkungan.

QS menyadari permintaan untuk bertindak dengan menambahkan aspek keberlanjutan sebesar lima persen ke dalam peringkat unggulan dunia, peringkat pertama yang mencerminkan peran penting universitas dalam menentukan arah dan mendorong perubahan menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.

Employment Outcomes (Hasil Ketenagakerjaan)

QS WUR juga terus memperkuat wawasan mengenai kelayakan kerja dan tetap menjadi satu-satunya pemeringkat utama yang memasukkan pentingnya kelayakan kerja dalam metodologi. Untuk menjadikan kelayakan kerja sebagai metodologi, QS telah meningkatkan bobot Employer Reputation menjadi 15 persen dan menambahkan Employment Outcomes sebesar 5 persen.

International research network (Jaringan Penelitian Internasional)

Metrik terbaru dari QS yang ketiga adalah Jaringan Penelitian Internasional atau International Research Network, metode ini menjadi cara lain untuk mengakui pentingnya penelitian dalam mengubah dunia.

Metrik ini secara khusus memberikan wawasan tentang seberapa terhubungnya penelitian suatu institusi secara internasional serta mengakui pentingnya penelitian kolaboratif secara lebih luas.

Baca juga :
Northumbria University: World University Ranking Dan Cara Daftar Kuliah

Penutup

Apa itu QS World University Ranking? Jadi, QS WUR dapat dikatakan sebagai lembaga yang memberikan penilaian terhadap perguruan tinggi di berbagai negara. Lembaga ini yang menyediakan berbagai informasi tahunan dan publikasi dari perguruan tinggi terbaik dunia.

Selain itu ada berbagai macam jenis dari QS, seperti QS Rankings By Subject, QS Sustainability Rankings, QS Best Student Cities, QS Business Masters Rankings,QS Global MBA Rankings, dan QS International Trade Rankings.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
SIM
KINGS USA
KINGS UK
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan