Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
apakah kuliah di luar negeri susah

Apakah Kuliah di Luar Negeri Susah?

Beranda / Bacaan Umum / Apakah Kuliah di Luar Negeri Susah?

Apakah kuliah di luar negeri susah? Pertanyaan tersebut pasti pernah terbesit pada seluruh mahasiswa yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Persepsi bahwa melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri itu sulit, sebenarnya sudah dipatahkan oleh beberapa mahasiswa di Indonesia yang sanggup menyelesaikan studinya.

Sekarang ini banyak juga loh mahasiswa di Indonesia yang berhasil menyelesaikan kuliah di luar negeri, entah itu dari beasiswa atau dari biaya sendiri. Jadi, susah atau tidaknya itu tergantung keyakinan dan tekad masing-masing ya.

Langkah Menyusun Rencana Kuliah di Luar Negeri

Menyusun rencana untuk kuliah di luar negeri sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari. Ada berbagai macam persyaratan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Jika persyaratan sudah disiapkan, maka kesempatan kuliah di luar negeri lancar tanpa hambatan dapat terwujud. Nah, berikut langkah untuk menyusun rencana kuliah di luar negeri.

  • Pertama kamu harus memahami terlebih dahulu alasan menempuh pendidikan tinggi di luar negeri. Dengan memahami alasan untuk melanjutkan pendidikan tinggi tersebut, kamu bisa fokus pada tujuan awal dan tidak main-main pada saat menempuh pendidikan.
  • Selanjutnya kamu juga harus mempersiapkan apa yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan tinggi di luar negeri. Nantinya kamu akan belajar secara mandiri untuk mengurus sendiri-sendiri ketika berada di tempat asing menggunakan bahasa berbeda. Jadi Ada banyak hal yang harus disiapkan, termasuk bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi di sana. Waktu untuk memulai persiapan ini sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari, agar persiapan dilakukan dengan matang.
  • Selanjutnya kamu bisa mencoba untuk mencari informasi tentang program perkuliahan, termasuk syarat kuliah dan cara mendaftarkan diri. Untuk mengetahui semua persyaratan dan bagaimana cara mendaftarkan diri kuliah di luar negeri bisa meminta bantuan ICAN Education Consultant dan melakukan konsultasi kuliah luar negeri terlebih dahulu.
  • Selanjutnya kamu harus menyiapkan biaya pendidikan di luar negeri. Selama ini di Indonesia banyak yang terhambat untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri karena biaya yang cukup tinggi. Kamu harus memperkirakan biaya yang akan digunakan untuk menempuh pendidikan tinggi dan hidup di luar negeri. Jika kamu menggunakan beasiswa maka perhitungan dengan baik dan benar ya.

Banyak persiapan harus kamu lakukan untuk menempuh pendidikan tinggi di kampus berkualitas luar negeri. Pastikan bahwa persiapan tersebut akan mempermudah perkuliahan kamu di luar negeri.

Baca Juga: Manfaat Utama Kuliah di Luar Negeri

Tips Mudah Menghadapi Kuliah di Luar Negeri

Memutuskan untuk kuliah di luar negeri adalah hal besar yang penuh pertimbangan. Ketika sudah berhasil untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, berikut ini beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk memudahkan proses perkuliahan.

Serius dalam Belajar

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah serius dalam belajar semasa perkuliahan. Berdoa sembari belajar sudah seharusnya dilakukan. Untuk lebih maksimal, kamu harus belajar dengan serius. Manfaatkan waktu kamu dengan baik untuk belajar. Jadi, nantinya kamu lebih mudah menyelesaikan tugas dan memahami semua mata kuliah sesuai dengan bidangnya.

Tidak sedikit juga mahasiswa yang kuliah di luar negeri, tetapi mereka kurang fokus. Sehingga tidak bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu, jangan sampai hal tersebut terjadi pada kamu ya.

Hargai Kebudayaan Baru

Melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri bisa membantu kamu untuk memahami berbagai macam kebudayaan dan memainkan peran dalam kehidupan kampus. Seiring berjalannya waktu, kamu akan mempelajari dan memperluas pandangan terhadap budaya lain di negara tujuan. 

Kamu akan menjumpai berbagai macam teman perkuliahan dengan latar belakang budaya yang berbeda. Dengan banyaknya teman tersebut bisa membantu kamu untuk menghargai budaya lain dan belajar. Banyaknya budaya baru yang kamu temui bisa menjadi kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan baru dan membangun pemahaman terhadap apresiasi yang lebih baik.

Menjalin Koneksi Secara Global

Tinggal di luar negeri juga bisa membantu kamu untuk membangun relasi dengan beberapa orang yang baru. Kesempatan berkenalan dengan orang dari negara yang berbeda bisa membantu kamu untuk mendapatkan koneksi lebih luas. 

Koneksi yang kamu dapatkan bisa bermanfaat untuk membangun sebuah usaha atau bisnis nanti di masa depan. Siapa tahu nantinya kamu bisa bekerja sama mengembangkan ide bisnis bersama dengan teman satu kampus. Mengembangkan bisnis secara internasional tentu menarik ya.

Apakah kuliah di luar negeri susah? Anggapan seperti itu sebenarnya harus dikesampingkan terlebih dahulu jika ingin melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri. Jika memiliki kemampuan dan tekad yang tinggi, kuliah di luar negeri bukan sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan.

Negara Populer untuk Kuliah di Luar Negeri

Belajar di luar negeri adalah salah satu keputusan paling penting dalam hidup. Oleh karena itu, sebelum memilih kursus tertentu di suatu negara, selalu disarankan untuk memiliki pengetahuan menyeluruh tentang aspek-aspek penting sehari-hari. Faktor-faktor berikut ini sangat penting dalam memilih negara terbaik bagi pelajar internasional, seperti misalnya kualitas pengajaran, biaya kuliah, budaya dan gaya hidup, beasiswa dan pembelajaran bahasa.

Beberapa negara populer yang seringkali jadi pilihan adalah:

  • Australia
  • The United Kingdom
  • The United States
  • Germany
  • Canada
  • France
  • Spain
  • Italy
  • Switzerland
  • Singapore

Manfaat belajar di luar negeri tidak terhitung banyaknya, oleh karena itu, memilih negara yang tepat dan terbaik untuk belajar dan bekerja menjadi sangat penting. Keputusan yang tepat dapat berdampak signifikan dan membentuk pertumbuhan akademis dan pribadi.

Banyak universitas menawarkan program studi di luar negeri yang dipimpin oleh fakultas; ini bisa terjadi secepat liburan musim semi atau selama satu tahun kalender penuh. Beberapa perguruan tinggi telah menandatangani nota kesepahaman dengan universitas asing, menyetujui pertukaran sekelompok mahasiswa setiap semester. Sekolah lain menawarkan program yang diadakan di kampus universitas di luar negeri namun tetap menawarkan kelas yang diajarkan oleh profesor universitas tamu.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan