Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Tentang Bachelor of Medical Science

Tentang Bachelor of Medical Science

Beranda / Perkuliahan / Tentang Bachelor of Medical Science

Bachelor of Medical Science merupakan program setara dengan Sarjana atau tingkat S1 dalam bidang kesehatan. Medical Science atau ilmu kedokteran merupakan istilah yang di dalamnya mempelajari beberapa disiplin ilmu terkait dengan studi ilmiah tentang kedokteran dan kesehatan.

Untuk jenjang pendidikan sarjana lebih fokus pada pengetahuan serta keterampilan ilmiah dasar yang memiliki hubungannya dengan bidang kedokteran dan ilmu kesehatan. Ciri program sarjana yang satu ini akan memberikan dasar ilmiah dalam beberapa bidang, seperti biologi, kimia, dan fisika dengan penekanan khusus pada aplikasi medis serta penelitian.

Bachelor of Medical Science Belajar Apa?

Apabila kamu tertarik untuk mengambil program Bachelor of Medical Science ada berbagai macam hal yang akan dipelajari. Secara umum berbagai macam mata perkuliahan yang ditawarkan akan membantu mahasiswa untuk memahami prinsip-prinsip dasar ilmu kedokteran dan memiliki persiapan karir di bidang kesehatan.

Kamu akan belajar tentang Biologi Dasar, Kimia Dasar, Fisika, Anatomi & Fisiologi, Biokimia, Mikrobiologi & Imunologi, Patologi, Farmakologi, Etika Kedokteran dan Hukum Kesehatan, Keterampilan Klinis Dasar, Penelitian Medis, Kesehatan Masyarakat,

Program Bachelor of Medical Science akan melibatkan pengalaman praktis dalam bentuk praktik klinis, rotasi di rumah sakit, atau berbagai macam fasilitas kesehatan lainnya. Selain memahami teori dalam Ilmu Kesehatan, kamu juga akan melakukan banyak praktik. Hal ini berguna ketika kamu akan menghadapi pasien, bahkan kamu akan melakukan magang di tahun terakhir.

Baca juga:
Yuk Kenali Lebih Dalam University Of Sydney Bachelor Of Science!

5 Prospek Kerja Lulusan Bachelor of Medical Science

Apabila kamu berhasil menyelesaikan pendidikan Bachelor of Medical Science, kesempatan kerja terbuka cukup luas. Lulusan gelar yang satu ini memiliki berbagai macam pilihan karir di sektor kesehatan dan penelitian medis. Apalagi jika berhasil menyelesaikan pendidikan di luar negeri dengan kurikulum berkualitas internasional, tentu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Berikut ini jenis pekerjaan yang bisa didapatkan oleh lulusan Sarjana Ilmu Kedokteran.

1. Asisten Penelitian Medis

Setelah menyelesaikan program sarjana Medical Science di luar negeri dengan kampus berkualitas internasional, kamu dapat memiliki kesempatan untuk asisten penelitian medis. Kamu akan bekerja di laboratorium penelitian untuk mendukung berbagai macam proyek penelitian di bidang medis.

Tidak hanya itu tetapi kamu juga akan melakukan eksperimen dan menganalisis data seputar kesehatan.

2. Asisten Laboratorium Klinis

Tidak hanya menjadi asisten penelitian medis, tetapi kamu juga bisa mencoba untuk menjadi asisten laboratorium klinis yang akan melakukan uji diagnostik serta analisis laboratorium sehingga bisa membantu mendiagnosis berbagai macam jenis penyakit.

Melalui laboratorium klinis tentu bisa diketahui penyakit yang diderita pasien dan cara penanganan yang tepat.

3. Manajemen Kesehatan

Mengambil program studi Medical Science kamu juga bisa terlibat dalam aspek manajemen rumah sakit atau fasilitas kesehatan, termasuk untuk administrasi, perencanaan strategis, serta pengembangan kebijakan kesehatan.

4. Farmasi

Mendapatkan gelar Bachelor of Medical Science, apakah bisa bekerja di bidang farmasi? Tentu saja kamu memiliki kesempatan untuk bergabung dengan Farmasi atau industri kesehatan. Bidang farmasi atau industri kesehatan akan mengembangkan serta menguji obat-obatan baru, perangkat medis, maupun beberapa perangkat produk kesehatan lainnya.

5. Peneliti Kesehatan Masyarakat

Kamu juga memiliki kesempatan untuk menjadi seorang peneliti kesehatan masyarakat yang terlibat dalam berbagai macam penelitian dan fokus terhadap aspek-aspek populasi kesehatan, epidemiologi, serta berbagai macam faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan masyarakat.

Kampus yang Menyediakan Bachelor of Medical Science

Ada banyak perguruan tinggi yang menyediakan program Medical Science untuk tingkat sarjana. Berikut ini beberapa kampus terbaik yang bisa menjadi pilihan:

Australian National University – Australia

Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi di Australia dengan program Medical Science, maka Australian National University bisa menjadi pilihan yang tepat. Program ini akan membantu Kamu untuk mempelajari tentang genetika, imunologi, nutrisi, fisiologi, mikrobiologi, biokimia dan anatomi untuk memahami cara kerja tubuh manusia.

Kamu memiliki kesempatan untuk belajar langsung dari ilmuwan biomedis dan profesional kesehatan, belajar dari orang-orang yang berhasil mengembangkan berbagai macam vaksin atau pengobatan inovatif lainnya.

Program Bachelor of Medical Science di Australian National University memiliki durasi sekitar 3 tahun penuh waktu dengan minimum 144 units.

University of Oxford – Inggris

Apabila ingin kuliah di Inggris, maka University of Oxford bisa menjadi pilihan bagi program Bachelor of Medical Science. Ada banyak hal yang akan kamu pelajari dari pakar profesional dalam dunia kesehatan, mulai dari anatomi, perilaku, biokimia, sel, genetika, kesehatan, kedokteran, molekuler, ilmu saraf, patologi, manusia, farmakologi, psikologi, fisiologi, dan masih banyak lagi lainnya.

Kamu akan belajar dengan fasilitas terbaik dan modern, menggunakan teknologi terbaru untuk kebutuhan pemeriksaan kesehatan. Kamu juga akan banyak melakukan berbagai macam praktikum dari ahlinya.

University of Alberta – Kanada

Kuliah di Kanada, kamu bisa bergabung dengan University of Alberta yang merupakan salah satu kampus terbaik di negara tersebut. Program Bachelor of Medical Science ini tersedia dalam waktu 4 tahun penuh waktu.

Kamu akan mempelajari banyak hal seputar dunia kesehatan, seperti Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Sel, Genetika, Patologi, Farmakologi, Psikologi, dan masih banyak lagi lainnya.

Harvard University – Amerika

Program Bachelor of Medical Science di Harvard University akan memberikan kebutuhan siswa dalam mengejar karir. Siswa dalam program ini dapat mengejar karir di bidang penelitian maupun pengajaran dengan pendidikan luas dalam bidang kesehatan.

Pengajaran di kelas dan laboratorium akan dilakukan dengan seimbang dan didukung oleh terbaru,

University of Auckland – New Zealand

Selanjutnya ada University of Auckland, New Zealand yang menawarkan program Bachelor of Medical Science. Program ini tersedia dengan durasi setidaknya 3 tahun penuh waktu. Kamu memiliki kesempatan untuk melakukan berbagai macam penelitian dan mendapatkan pengetahuan mendalam di bidang ilmu kedokteran dari ahlinya.

Program ini juga menjadi jalur bagi pelajar yang tertarik untuk melanjutkan studi pascasarjana di tingkat Master maupun PhD, sehingga bisa meningkatkan pilihan karir dan studi lulusan.

Baca juga:
Universitas Biomedis Australia
Seputar Bachelor Of Medical Laboratory Science

Penutup

Program Bachelor of Medical Science merupakan jenjang pendidikan tingkat sarjana untuk ilmu kedokteran yang akan membantu kamu memahami dasar-dasar ilmu kedokteran serta ilmu kesehatan. Tidak hanya belajar tentang teori, tetapi kamu juga akan melakukan berbagai macam praktikum dan mengikuti program magang yang disediakan oleh kampus.

Untuk mendapatkan program Bachelor of Medical Science di kampus terbaik, konsultasi dengan ICAN Education sebagai konsultan pendidikan luar negeri terbaik yang akan membantu kamu untuk mendapatkan informasi balik seputar perkuliahan Medical Sciene, dan mempermudah proses pendaftaran di kampus tujuan.

ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
Auckland
Study in SIngapore
Macquarie
SIM
Queensland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan