Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
4 Beasiswa Kuliah S2 di Australia

Pilihan Beasiswa Kuliah S2 di Australia

Beranda / Bacaan Umum / Informasi Beasiswa / Pilihan Beasiswa Kuliah S2 di Australia

Beasiswa kuliah S2 di Australia  kamu menjadi salah satu harapan bagi pelajar Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa Australia merupakan negara populer bagi mahasiswa internasional yang tertarik untuk studi di luar negeri. Australia memiliki badan pengawas kualitas nasional bagi program pendidikan tinggi, yaitu Tertiary Education Quality and Standards Agency atau TEQSA.

Melalui badan yang didirikan oleh pemerintah Australia untuk bisa memantau kualitas serta mengatur penyelenggaraan pendidikan tinggi. Kualitas pendidikan di Australia memang tidak pernah diragukan. Selain itu, pelajar internasional juga bisa mendapatkan beasiswa, seperti berikut:

5 Pilihan Beasiswa Kuliah S2 di Australia

Ada banyak pilihan beasiswa untuk melanjutkan studi S2 di Australia, seperti berikut:

1. Australia Awards Scholarship

Pilihan pertama ada beasiswa Australia Awards Scholarship yang akan memberikan kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk mendapatkan gelar Master di salah satu universitas Australia. Calon pelamar akan dipilih sesuai dengan kemampuan akademik, kemampuan berbahasa Inggris, kualitas dalam kepemimpinan, dan potensi yang berperan untuk pembangunan di Indonesia.

Beasiswa ini juga disertai dengan kursus persiapan akademis dan bahasa Inggris dengan durasi hingga 90-an di Indonesia sebelum keberangkatan. Selain itu, melalui beasiswa Australia Awards Scholarship kamu sudah  tidak perlu khawatir dengan biaya perjalanan pulang pergi, biaya  hidup di Australia selama studi, asuransi kesehatan, dan lain sebagainya.

Apabila ingin berpartisipasi dalam beasiswa ini maka ada beberapa persyaratan yang wajib dimiliki oleh calon pelamar, seperti berikut:

  • Memiliki IPK 2,9/4  pengecualian untuk pelamar dari GFA  di atau lebih tinggi dari 2,75.
  • Berusia minimal 18 tahun
  • Bukan warga negara Australia
  • Belum menikah atau bertunangan
  • Tidak sedang menjadi personal militer
  • Belum pernah mendapatkan penghargaan Australia jangka panjang, kecuali telah tinggal di Australia dua kali lebih lama dari total waktu yang berada di Australia.
  • Penerimaan di bawah program beasiswa Sekolah Menengah Pasifik yang telah menyelesaikan pendidikan sekolah menengah di Australia
  • Memenuhi kriteria tertentu yang ditetapkan oleh area program atau pemerintah negara kewarganegaraan dari pemohon.
  • Dapat memenuhi semua persyaratan Departemen dalam negeri untuk mendapatkan vital pelajar.

Beasiswa Australia Awards Scholarship bisa didapatkan untuk beberapa program studi seperti Kesehatan Masyarakat, Ilmu Hukum, Hukum, Ekonomi, Manajemen Bisnis, Manajemen Organisasi, Perubahan Iklim, Hubungan Internasional, dan masih banyak lagi jurusan lainnya.

Baca juga:
Tips Memilih Universitas Di Australia

2. University Of Adelaide Research Scholarships (UARS)

Selanjutnya kamu juga bisa mendapatkan beasiswa studi S2 di Australia melalui University Of Adelaide Research Scholarships (UARS). Beasiswa ini akan membantu memberikan biaya pendidikan 100%,  bagi mahasiswa internasional yang melakukan riset di  University of Adelaide hingga 2 tahun.

Beasiswa ini juga akan memberikan tunjangan hidup sebanyak AUD 28.854 per tahun hingga dua tahun. Ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi, seperti berikut:

  • Calon pelamar harus memenuhi syarat untuk daftar dalam program “Higher Degree by Research  secara penuh waktu di University of Adelaide.
  • Pelamar internasional harus mempertahankan status mahasiswa internasional selama pendaftaran mereka di universitas
  • Calon pelamar internasional harus bisa memberikan bukti memenuhi persyaratan kemahiran bahasa Inggris minimum
  • Mahasiswa yang telah mulai program HDR  di University of Adelaide  tidak memenuhi syarat dan tidak dipertimbangkan sebagai penerima beasiswa
  • Salam pelamar tidak boleh menerima penghargaan atau beasiswa gaji  lebih besar dari 75% dari tunjangan dasar
  • Calon pelamar bisa memulai penelitian dalam periode yang telah tercantum

Informasi lebih jelas tentang jurusan yang bisa mendapatkan beasiswa ini dari University of Adelaide, segera  kunjungi website resmi.

3. Australian Government Research Training Program (AGRTP)

Ketiga ada beasiswa dari Australian Government Research Training Program (AGRTP) yang setiap tahunnya diselenggarakan untuk seluruh perguruan tinggi di Australia. Bagi kamu yang tertarik untuk mengambil program S2, maka beasiswa yang satu ini bisa menjadi pilihan tepat.

The Research Training Program atau RTP merupakan beasiswa dari pemerintah Australia melalui Department of Education, Skills and Employment,  yang dikelola oleh masing-masing universitas mitra.

Tujuan dari beasiswa ini adalah memberikan pendanaan kepada mahasiswa lokal maupun internasional yang tertarik melanjutkan studi jenjang Master by research di Australia. Ada pendanaan yang menunjang biaya hidup bulanan selama masa studi di Australia dan biaya perkuliahan maupun penelitian. Jangka waktu pendanaan ini bisa diperpanjang hingga setengah tahun dengan kesepakatan antara mahasiswa, pembimbing, dan  universitas.

4. Erasmus Masters Journalism, Media, and Globalisation (EMMA)

Beasiswa Erasmus Masters Journalism, Media, and Globalisation (EMMA)  akan memberikan biaya perkuliahan gratis hingga studi selesai dan tunjangan bulanan bagi pelajar internasional di University of Technology, Sydney.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika tertarik untuk mengambil be Erasmus Masters Journalism, Media, and Globalisation (EMMA), seperti berikut:

  • Gelar sarjana dalam bidang studi yang relevan
  • Memiliki kemahiran dalam bahasa Inggris, yaitu IELTS 7.0, TOEFL iBT 100, dan lain sebagainya.
  • Memiliki pengalaman jurnalistik minimal 3 bulan

Beasiswa ini bisa didapatkan untuk program studi Ilmu Komunikasi, Jurnalisme, dan Media.

5. Rotary Peace Fellowship Program

Selanjutnya ada beasiswa Rotary Peace Fellowship Program. Program beasiswa yang satu ini membiayai uang sekolah, biaya kamar, transportasi pulang pergi, serta biaya untuk mendapatkan pengalaman lapangan terapan. Jika tertarik dengan beasiswa yang satu ini ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi oleh calon pelamar, seperti berikut:

  • Bagi anggota Rotary aktif, pegawai Rotary Club, Rotary International, ataupun entitas Rotary lainnya tidak berhak melamar dan tidak akan memenuhi persyaratan.
  • Sudah memiliki gelar sarjana
  • Setidaknya memiliki 3 tahun pengalaman penuh waktu dalam pekerjaan perdamaian maupun pembangunan.
  • Memiliki komitmen kuat terhadap pemahaman serta perdamaian lintas budaya yang ditunjukkan melalui prestasi profesional maupun akademik, serta memiliki pengabdian pribadi atau masyarakat
  • Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik
  • Memiliki nilai akademis yang baik
  • Adanya potensi kepemimpinan dalam diri
  • Setidaknya harus ada 3 tahun antara penyelesaian program gelar akademik terbaru, misalnya gelar sarjana atau pascasarjana dan tanggal mulai beasiswa yang dimaksudkan.

Masih banyak kriteria lain yang wajib dipenuhi oleh calon pelamar jika tertarik mengambil Rotary Peace Fellowship Program. Beasiswa ini diberikan untuk beberapa program studi tertentu. Lihat website resmi untuk mendapatkan informasi lebih valid.

Baca juga:
Jurusan S2 di Australia yang Populer
Kuliah Jurusan Jurnalistik di Australia

Penutup

Beasiswa kuliah S2 di Australia cukup banyak dan dapat dijadikan pilihan bagi pelajar Indonesia tertarik untuk melanjutkan studi di negara tersebut. Ada baiknya untuk memilih beasiswa yang persyaratannya sesuai dengan kemampuan kamu.

Agar bisa menemukan beasiswa yang tepat, konsultasikan keinginan kamu untuk melanjutkan studi S2 di Australia dengan beasiswa melalui agen pendidikan luar negeri terbaik ICAN Education. Melalui konsultan pendidikan luar negeri akan lebih mudah bagi kamu  untuk mempersiapkan semua persyaratan serta ada tips menarik untuk mendapatkan peluang diterima. Tertarik?

ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ANU
Education Expo Batam TJ 2024
Education Expo Bandung
Education Expo Jabodetabek
Education Expo Jawa Tengah
Education Expo Kalimantan
Education Expo Medan

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan