Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri ICAN Education Consultant
Pilihan Beasiswa Kuliah S2 di Australia

Pilihan Beasiswa Kuliah S2 di Australia

Beranda / Bacaan Umum / Informasi Beasiswa / Pilihan Beasiswa Kuliah S2 di Australia

Mendapatkan beasiswa kuliah S2 di Australia tentu menjadi impian banyak belajar di Indonesia yang telah menyelesaikan studi S1. Sudah bukan rahasia lagi jika Australia dikenal sebagai negara tujuan populer bagi pelajar internasional untuk melanjutkan S2. Ada banyak perguruan tinggi berkualitas dan Australia telah memiliki badan pengawas dan kualitas nasional untuk perguruan tinggi.

Badan tersebut didirikan oleh pemerintah Australia dengan tujuan untuk memantau kualitas serta mengatur penyelenggara pendidikan tinggi Universitas maupun non Universitas terhadap standar yang telah dikembangkan. Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa pendidikan di Australia sudah berkualitas global.

Kuliah di Australia memang memiliki biaya perkuliahan yang cukup mahal, sehingga banyak belajar internasional yang tertarik untuk mencari beasiswa. Ada banyak program beasiswa yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan calon pelamar.

5 Rekomendasi Beasiswa Untuk Kuliah S2 di Australia

Jika kamu sudah merasa yakin untuk melanjutkan studi S2 di Australia dengan bantuan beasiswa, maka berikut ini beberapa rekomendasi beasiswa jenjang pendidikan S2 di Australia yang dibuka bagi pelajar internasional.

1. Australia Awards Scholarship

Program beasiswa Australia Awards Scholarship menjadi kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk mendapatkan gelar master maupun dokter di beberapa universitas Australia. Bahkan beasiswa ini juga membuka peluang untuk menitik karir secara global sehingga bisa membawa sebuah perubahan positif.

Calon pelamar akan dipilih sesuai dengan kemampuan akademik, kualitas kepemimpinan yang dimiliki, kecakapan dalam menggunakan bahasa Inggris serta potensi yang dimiliki untuk berperan dalam pembangunan indonesia.

Beasiswa ini juga disertai dengan kursus persiapan akademis dan bahasa Inggris jadi hingga 9 bulan di Indonesia sebelum keberangkatan di Australia kalian akan mengikuti kursus bahasa Inggris terlebih dahulu. Banyak keuntungan yang dirasakan setelah mengikuti program beasiswa Australia Awards Scholarship. Beasiswa ini akan menanggung perjalanan pulang pergi, memberikan kontribusi untuk biaya hidup selama di Australia, bertanggung jawab terhadap kesehatan pelajar selama program beasiswa berlangsung, tunjangan kerja lapangan, dan lain sebagainya.

Untuk berpartisipasi dalam beasiswa Australia Awards Scholarship, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki seperti berikut:

  • Memiliki IPK 2,9 – 4
  • Memiliki usia minimal 18 tahun
  • Bukan warga negara Australia dan bukan seseorang yang bertempat tinggal tetap di Australia, atau sedang mengajukan permohonan visa untuk tinggal di Australia secara permanen
  • Tidak sedang menikah atau bertunangan. 
  • Tidak sedang melayani personel militer
  • Pernah menerima penghargaan Australia jangka panjang kecuali bagi mereka yang telah tinggal di luar Australia dua kali lebih lama dari total waktu berada di Australia.

Masih banyak persyaratan dan kriteria yang wajib dipenuhi oleh calon pelamar, cari informasi lebih valid melalui website resmi Australia Awards Scholarship.

Baca juga : Seputar Kuliah Bahasa Inggris Di Australia

2. Rotary Peace Fellowship Program

Selanjutnya ada beasiswa Rotary Peace Fellowship Program. Program beasiswa yang satu ini membiayai uang sekolah, biaya kamar, transportasi pulang pergi, serta biaya untuk mendapatkan pengalaman lapangan terapan. Jika tertarik dengan beasiswa yang satu ini ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi oleh calon pelamar, seperti berikut:

  • Bagi anggota Rotary aktif, pegawai Rotary Club, Rotary International, ataupun entitas Rotary lainnya tidak berhak melamar dan tidak akan memenuhi persyaratan.
  • Sudah memiliki gelar sarjana
  • Setidaknya memiliki 3 tahun pengalaman penuh waktu dalam pekerjaan perdamaian maupun pembangunan.
  • Memiliki komitmen kuat terhadap pemahaman serta perdamaian lintas budaya yang ditunjukkan melalui prestasi profesional maupun akademik, serta memiliki pengabdian pribadi atau masyarakat
  • Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik
  • Memiliki nilai akademis yang baik
  • Adanya potensi kepemimpinan dalam diri
  • Setidaknya harus ada 3 tahun antara penyelesaian program gelar akademik terbaru, misalnya gelar sarjana atau pascasarjana dan tanggal mulai beasiswa yang dimaksudkan.

Masih banyak kriteria lain yang wajib dipenuhi oleh calon pelamar jika tertarik mengambil Rotary Peace Fellowship Program. Beasiswa ini diberikan untuk beberapa program studi tertentu. Lihat website resmi untuk mendapatkan informasi lebih valid.

Baca juga : Persiapan Pelajar Indonesia Sebelum Studi Di Australia

3. University of Adelaide Research Scholarships

Apakah kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di University of Adelaide Australia? Tersedia program beasiswa University of Adelaide Research Scholarships, di mana kamu bisa mendapatkan biaya pendidikan 100% untuk riset di University of Adelaide selama 2 tahun. Beasiswa ini sangat cocok bagi kamu yang tertarik untuk mengambil gelar Master Research.

Program beasiswa ini juga memberikan tunjangan hidup sebesar AUD 28.854 per tahun hingga menyelesaikan gelar Master Research. Selain itu juga ada dukungan keuangan untuk kebijakan Overseas Student Health Cover Worldcare. 

Mendapatkan program beasiswa ini ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi, seperti berikut:

  • Calon pelamar harus memenuhi syarat untuk mendaftar di program Higher Degree by Research penuh waktu di University of Adelaide.
  • Calon pelamar harus bisa mempertahankan status mahasiswa internasional selama masa pendaftaran di universitas tersebut.
  • Pelamar juga harus memberikan bukti mengenai persyaratan kemampuan berbahasa Inggris.
  • Mahasiswa yang sudah memulai program HDR di University of Adelaide tidak memenuhi syarat untuk dipertimbangkan sebagai penerima beasiswa.
  • Melamar saat ini tidak boleh menerima beasiswa RTP, atau beasiswa yang disponsori oleh luar negeri.

Beasiswa ini diberikan untuk beberapa program bidang studi, seperti Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu & Teknologi Hayati, Ilmu Kesehatan, Keuangan, Seni, dan masih banyak lagi lainnya.

4. Erasmus Master Journalism, Media, and Globalisation

Ada juga program beasiswa S2 di Australia yaitu Erasmus Master Journalism, Media, and Globalisation. Program bantuan pendidikan yang satu ini memberikan pembiayaan kuliah secara gratis sampai selesai dan memberikan tunjangan bulanan.

Universitas Australia yang mendapatkan persetujuan untuk beasiswa yang satu ini adalah University of Technology Sydney. Jika tertarik untuk bergabung dengan beasiswa yang satu ini maka ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi, seperti berikut:

  • Telah menyelesaikan gelar sarjana dalam bidang studi yang relevan
  • Memiliki kemahiran berbahasa Inggris, IELTS: 7,0, TOEFL iBT 100, dan lain sebagianya.
  • Memiliki pengalaman jurnalistik minimal 3 bulan.

Program beasiswa ini ditujukan untuk beberapa bidang ilmu, seperti Humaniora dan Ilmu Sosial, serta Seni.

5. Australian Government Research Training Program

Terakhir untuk beasiswa kuliah S2 di Australia yang bisa didapatkan adalah Australian Government Research Training Program. Program ini dibuka setiap tahunnya dan diberikan secara langsung oleh pemerintah Australia melalui seluruh perguruan tinggi yang ada di negara tersebut. The Research Training Program merupakan beasiswa dari Pemerintah Australia melalui Department of Education, Skills and Employment yang kemudian dikelola oleh masing-masing universitas.

Tujuan dari beasiswa ini adalah memberikan pendanaan kepada mahasiswa domestik maupun internasional untuk melanjutkan studi jenjang Master maupun doktor di Australia. Program ini memberikan kemandirian untuk masing-masing Universitas Mitra.

Baca juga : Keuntungan Memilih Study Di Australia

Penutup

Ada berbagai macam pilihan beasiswa kuliah S2 di Australia yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan calon pelamar, mulai dari Australia Awards Scholarship, Rotary Peace Fellowship Program, University Of Adelaide Research Scholarships, Erasmus Masters Journalism, Media, and Globalisation, dan Australian Government Research Training Program.

Dapatkan program beasiswa yang tepat untuk melanjutkan S2 di Australia melalui bantuan agen pendidikan luar negeri terbaik ICAN Education. Ada banyak informasi seputar beasiswa dan tips-tips menarik sehingga peluang diterima oleh beasiswa jauh lebih besar.

ICAN Event - Study in Asia
ICAN Event - Study in Austrtalia, UK & New Zealand
ICAN Expo - Manado 2024
ICAN Event - Open House UIC
ICAN Event - EF Academy
study in asia 24
Study in Australia 24
expo manado 24
Info Session UIC BSD
Info Session Ivy League

Konsultasi Gratis

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)

Berencana untuk

Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan