Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
teknik rahasia belajar bahasa inggris khusus pemula

Teknik Rahasia Belajar Bahasa Inggris Khusus Pemula

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Teknik Rahasia Belajar Bahasa Inggris Khusus Pemula

Belajar Bahasa Inggris pemula dari dasar adalah hal penting ketika kamu ingin mahir berbahasa Inggris. Dengan belajar dari dasar, kamu jadi lebih mudah memahami materi yang kompleks.

Misalnya, kamu dapat mempelajari seperti apa bentuk kata, kalimat, cara melafalkan kata, dan cara menulis kata. Setelah mempelajari dasar tersebut, maka kamu dapat melanjutkan materi berikutnya.

Pemahaman dasar yang baik tentu membantu mempermudah proses belajar. Apalagi saat ini sudah ada banyak dukungan teknologi, sehingga kamu dapat menggunakan berbagai media untuk belajar. Seperti apa teknik belajar Bahasa Inggris yang efektif?

5 Teknik yang Tepat Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Berikut adalah berbagai tenik belajar Bahasa Inggris yang sesuai untuk pemula.

1. Teknik Belajar Bahasa Inggris Speaking Dasar

Sebelum belajar menulis atau mendengar, tingkatkan skill speaking untuk membantu mengucapkan kosa kata secara baik dan benar. Ada banyak cara seperti memilih buku sesuai minat.

Karena masih pemula, pilih buku bacaan ringan dengan penggunaan kalimat sederhana. Contohnya adalah dongeng anak dan pelajari jenis bacaan. Kemudian, perlahan beralih pada buku tebal.

Ketika membaca, mungkin kamu menemukan kata yang belum dimengerti. Catat, dan garis menggunakan stabilo. Setelah mencatat setiap kosakata baru, kamu dapat mencari tahu artinya setelah kegiatan membaca selesai.

Bisa juga dengan membuat post it sebagai tanda dan tempelkan supaya buku bacaan bebas coretan dan rapi.

Teknik berikutnya adalah dengan rajin baca. Walaupun hanya dongeng anak, tapi kamu dapat bertukar buku tersebut dengan teman. Hal ini juga membuat proses belajar bahasa inggris cepat untuk pemula.

Baca juga : Belajar Menghitung Dengan Bahasa Inggris

2. Belajar Bentuk Kata Dalam Tenses

Bentuk kata dalam Bahasa Inggris dikenal dengan istilah tenses. Elemen paling penting dan dasar ini harus kamu pelajari sebagai pemula. Apa itu tenses?

Tenses merupakan bentuk kata kerja untuk memberi tahu kondisi kapan suatu peristiwa terjadi. Entah itu terjadi sebagai masa lalu, saat ini, atau masa depan.

Tenses adalah pelajaran paling mendasar dalam Bahasa Inggris. Sehingga, seringkali materi tersebut disampaikan pada bab pertama berbagai buku Bahasa Inggris. Artinya, kalau kamu berhasil menguasai jenis-jenis tenses, maka kamu sudah 60% menguasai Bahasa Inggris.

Ketika kamu telah menguasai tenses, maka interaksi berbahasa inggris dalam bentuk lisan atau tulisan pasti sudah dikatakan benar.

Tenses juga dapat berupa gabungan dua komponen dasar yang selalu berhubungan yaitu peristiwa dan waktu.

Pelajari rumusnya, pahami bagaimana penggunaannya, lalu praktekkan dalam pembicaraan sehari-hari.

3. Teknik Belajar Listening Bagi Pemula

Skill listening atau mendengarkan dapat kamu coba dengan membiasakan mendengar berbagai kosa kata Bahasa Inggris. Teknik belajarnya juga sangat mudah.

Pertama, tentukan learning goal terlebih dahulu. Media video serta video dapat kamu gunakan untuk persiapan. Tentukan juga jadwal serta tujuan. Dengan cara ini, maka kegiatan belajar Bahasa Inggris jadi lebih terjadwal serta akan lebih mudah mencapai goal ini.

Selain itu, membuat learning goal akan meningkatkan motivasi. Gunakan media audio seminggu dua kali serta persiapkan materi yang ingin anda capai setelah kegiatan.

Agar kegiatan belajar bahasa inggris efektif khusus pemula, terutama dalam skill listening, pastikan pilih materi yang sesuai. Jika sudah ada jadwal dan tujuan jelas, tentukan materi yang mudah kamu mengerti. Contohnya, goal listening pertama adalah mencari teman asing sebanyak tiga orang.

Berikutnya, kamu juga bisa mencoba mencari video percakapan dengan aksen British. Sesuaikan materi dengan kemampuan supaya tidak terlalu sulit dan kamu tetap semangat mempelajarinya.

Teknik rahasia berikutnya adalah dengan mendengarkan lagu Bahasa Inggris. Anda dapat menggunakan aplikasi pemutar musik. Biasakan memilih lagu Bahasa Inggris, dan simak lirik. Belajar menulis seluruh lirik dan cek dengan mencari lirik tersebut di internet.

Perlu diingat, kegiatan listening butuh fokus tinggi. Anda dapat menggunakan earphone atau headset dan carilah tempat belajar sepi. Bila perlu, matikan notifikasi ponsel supaya tetap fokus belajar.

Ketika fokus mendengarkan, kamu bisa langsung masuk materi audio. Hindari menerjemahkan per kata. Sebab, konsentrasi tetap harus pada ke percakapan.

Pemula dapat belajar dengan cara pause and replay, untuk terjemahkan kata yang belum dimengerti. Hal ini sebaiknya dihindari.

Nonton YouTube juga menjadi salah satu teknik passive listening. Pilihlah channel edukasi yang sesuai untuk belajar Bahasa Inggris.

4. Belajar Writing Bahasa Inggris Untuk Pemula

Writing atau menulis bukan hal yang mudah. Ada banyak aturan seperti spelling, grammar, dan lainnya. Sehingga, termasuk skill yang banyak tantangan ketika kamu ingin Belajar Bahasa Inggris untuk pemula.

Jika kamu memiliki skill reading yang cukup sebagai pemula, belajar menulis jadi lebih mudah. Hal ini karena kamu sudah mengenal beberapa aturan grammar, vocabulary, speaking, dan cara menulis yang baik.

Beberapa rahasia teknik belajar Bahasa Inggris bagi pemula adalah membuat diary, menulis lirik lagu, membuat caption sosmed, atau menggunakan aplikasi chat untuk mengobrol dengan teman.

Selain harus rajin latihan menulis Bahasa Inggris, kamu juga harus rajin mempelajari aturan writing. Perhatikan bagaimana menggunakan tanda baca, spelling, grammar, huruf kapital, dan lainnya.

5. Teknik Belajar Reading Bahasa Inggris Pemula

Pemula yang sudah menguasai skill listening, maka akan lebih mudah mempelajari skill reading atau membaca.

Ketika kamu belajar speaking dan menggunakan buku bacaan, maka secara tidak langsung kamu akan belajar berbagai struktur kata Bahasa Inggris.

Kosakata jadi meningkat dan terdapat peningkatan referensi dalam menulis serta mampu mengoreksi kalimat-kalimat sederhana Bahasa Inggris.

Skill reading dapat diperoleh dengan rajin membaca. Buku cerita anak-anak memberikan contoh pola kalimat sederhana, kosakata dasar, dan tidak terlalu rumit untuk pemula. Atau, kamu juga dapat membaca lirik lagu favorit, sehingga kamu dapat belajar reading sambil listening.

Baca juga : Cara Belajar Bahasa Inggris Tentang Jam

Belajar Bahasa Inggris Khusus Pemula Melalui Kursus Online

Dari berbagai teknik belajar Bahasa Inggris di atas, pemula lebih baik mengikuti kursus online, mengapa?

Kursus Bahasa Inggris online memberikan banyak manfaat. Kamu dapat belajar Bahasa Inggris untuk meningkatkan value secara total. Sehingga, dapat berguna ketika ingin melanjutkan kuliah atau melamar kerja.

Sebagai bahasa resmi di berbagai negara, belajar Bahasa Inggris dengan ikut kursus online diajarkan oleh para tutor profesional, berkualifikasi, dan memiliki pengalaman. Sehingga, ketika kamu memiliki kesulitan selama belajar, para tutor siap membantu berbagi teknik belajar terbaik mereka.

Kursus Bahasa Inggris online juga sangat membantu agar kamu bisa lebih mudah mencari informasi ketika menggunakan internet, berpartisipasi dalam forum diskusi, dan belajar juga jadi lebih mudah.

Jika dari segi biaya, belajar bahasa inggris pemula melalui kursus online tentu lebih murah dan fleksibel. Kamu dapat mengatur waktu, dan kamu punya jadwal khusus untuk belajar Bahasa Inggris.

Sehingga, tujuan belajar jadi lebih jelas, peningkatan skill lebih terlihat, serta teknik belajar lebih terarah. Karena, modul belajar dan dukungan tutor sudah tersedia.

Itulah informasi tentang panduan belajar Bahasa Inggris untuk pemula. Jika kamu punya tujuan belajar Bahasa Inggris sangat jelas, maka rekomendasi utama adalah dengan ikut kursus online. Selanjutnya, kamu dapat mencoba berbagai teknik di atas untuk belajar saat waktu luang.

ICAN Event - Study in Austrtalia, UK & New Zealand
ICAN Expo - Manado 2024
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
Sunway
Event SEG
Event PSB Academy
Education Expo Kalimantan

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan