Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
tips belajar speaking english secara otodidak

Tips Belajar Speaking English Secara Otodidak

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Tips Belajar Speaking English Secara Otodidak

Bisakah kamu belajar speaking english otodidak? Bahasa Inggris saat ini menjadi kebutuhan karena merupakan bahasa internasional yang akan memudahkan kamu dalam melanjutkan pendidikan atau memulai karir. Jika kamu ingin kuliah di luar negeri, maka bahasa Inggris adalah salah satu bahasa pengantar. 

Sedangkan jika kamu melamar pekerjaan di sebuah perusahaan multinasional, bahasa Inggris adalah hal penting karena terdapat tes speaking. Jika perusahaan terkesan dengan kemampuanmu, maka kamu dapat memberikan posisi pekerjaan lebih tinggi.

Itulah mengapa tidak sedikit para karyawan memilih mengikuti kursus bahasa Inggris. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuannya dengan harapan dapat memperbaiki posisi karir.

Cara Belajar Speaking Bahasan Inggris Tanpa Kursus

Jika terdapat pertanyaan besar apakah belajar speaking english otodidak terbilang efektif atau tidak semuanya tergantung usaha dan niat kamu. Agar lebih mudah, kamu dapat mengikuti tips belajar speaking English otodidak berikut ini:

Pelajari kosakata, frasa, juga ungkapan

Kosakata juga frasa adalah bagian penting supaya kamu mampu menyampaikan ide dalam bahasa Inggris. Jika tidak mempunyai kosakata cukup, maka dapat mempengaruhi kelancaran berbicara.

Misalnya ketika kamu tiba-tiba terdiam saat berada pada tengah-tengah pembicaran, karena bingung dengan kosakata yang belum kamu ketahui.

Itulah mengapa, cobalah kamu menghafal kosakata pada satu kelompok. Misalnya, pada hari pertama belajar, pelajari angka dan pada hari kedua dapat belajar kosakata ruang tamu dan seterusnya.

Tidak hanya menghafal kosakata, kamu juga harus tahu bagaimana mengucapkan masing-masing kata tersebut. Cobalah untuk meniru pengucapannya agar dapat melakukannya dengan benar. Bagian yang tak kalah pentingnya yaitu mempelajari idioms atau ekspresi dalam bahasa Inggris, seperti contoh berikut ini:

Calm down – Tenanglah!

Hang on – Sebentar

Belajar Speaking Dengan Mendengarkan

Jika ingin mempelajari bahasa Inggris dan bisa speaking secara lancar, maka syarat pertama adalah mau mendengarkan. Rajin mendengarkan bagaimana native speaker berbicara bahasa Inggris, terutama kota kosakata, pengucapannya sekaligus bagaimana situasi dan penggunaan kalimatnya. Sehingga, akan membantu kamu untuk menambah frasa dan kosakata hanya dengan cara mendengarkan.

Salah satu cara paling menyenangkan untuk belajar speaking english otodidak melalui mendengarkan yaitu dengan melihat film. Dengarkan bagaimana pengucapan juga kosakata setiap tokoh yang sedang berbicara dalam film tersebut. Misalnya jika kamu lebih tertarik mempelajari British English, maka film yang cocok untuk kamu tonton adalah Sherlock Holmes dan Harry Potter.

Belajar Speaking dengan Kursus

Mengikut kursus bahasa Inggris akan memberikan banyak keuntungan untuk kamu. Jika kamu memilih kursus bahasa Inggris offline di kelas, maka kamu bisa berkomunikasi lebih baik dengan rekan sekelas. Namun, jika kamu memilih kursus bahasa Inggris online, maka kamu akan didampingi oleh tutor berpengalaman.

ICAN English menjadi salah satu lembaga kursus yang bisa kamu pilih untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Berlokasi di banyak kota, kamu bisa memilih sesuai kota yang kamu tinggali saat ini.

Mengapa Harus Belajar Speaking English?

Setelah mempelajari bagaimana belajar speaking english otodidak, kamu juga wajib tahu betapa pentingnya bisa menguasai skill berbicara ini. Kemampuan tersebut membantu supaya kamu bisa berbicara di depan orang lain atau khalayak umum. Sehingga Jika kamu mampu menguasai speaking dengan baik, maka kamu juga belajar meningkatkan rasa percaya diri.

Seseorang yang mempunyai rasa percaya diri tinggi, pasti lebih siap menyambut berbagai kesempatan baik. Bahkan peluang karirnya juga terbuka secara lebar. Kemampuan speaking english juga membuat gaya bicara kamu lebih enak untuk didengarkan.

Kamu terbiasa berbicara dengan berbagai kata variatif dan tidak kehabisan topik untuk mengobrol. Siapapun yang mengobrol denganmu akan merasa senang karena merasa bahwa kamu mudah bergaul dengan orang lain dan memberikan rasa nyaman.

Kemampuan speaking juga dapat meningkatkan kualitas diri serta kamu juga punya peluang besar meningkatkan kemampuan memimpin. Ketika bepergian ke tempat asing di luar negeri, akan lebih mudah. Kamu sudah belajar skill speaking english otodidak bisa berkomunikasi dengan masyarakat sekitar yang juga menggunakan bahasa Inggris.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
SIM
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan