Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Rekomendasi Buku yang Wajib Dibaca Mahasiswa

Buku yang Wajib Dibaca Mahasiswa, Penuh Ilmu!

Beranda / Bacaan Umum / Buku yang Wajib Dibaca Mahasiswa, Penuh Ilmu!

Sebagai mahasiswa tentu membaca adalah salah satu aktivitas yang wajib dilakukan. Bahkan ada beberapa buku yang wajib dibaca mahasiswa untuk bisa memperkaya pengetahuan dan menyelesaikan berbagai macam tanggung jawab selama masa studi. Memiliki hobi membaca buku memang menyenangkan, tetapi terkadang kamu merasa bingung untuk mencari rekomendasi buku bagus dan terbaik di kalangan mahasiswa.

Sebenarnya ada banyak sekali buku populer di dunia yang bisa memberikan gagasan serta wawasan yang berguna sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh mahasiswa. Bahkan beberapa diantaranya merupakan karya klasik yang sudah dibaca oleh semua orang.

Buku yang Wajib Dibaca Mahasiswa

Jika kamu masih merasa bingung untuk mulai membaca buku sebagai seorang mahasiswa, maka berikut ini beberapa judul buku yang direkomendasikan dengan kualitas terbaik.

Rich Dad Poor Dad – Robert T. Kiyosaki

Rekomendasi pertama yang bisa dipilih adalah Rich Dad Poor Dad karya Robert T. Kiyosaki. Buku yang satu ini sangat bagus dan wajib dibaca bagi kamu yang ingin menjadi seseorang handal dalam mengelola finansial. Banyak yang beranggapan bahwa buku karya dari Robert T. Kiyosaki in dikatakan sebagai kitab finansial yang wajib dibaca untuk bisa mengerti dan lebih baik dalam memahami konsep keuangan.

Buku ini memang sangat bagus dan berisi mengenai masalah finansial akibat kekeliruan orang tua dalam mendidik anaknya Mengatur keuangan. Gagasan penulis bisa disampaikan dengan perumpamaan “rich dad” dan “poor dad”, agar bisa membedakan antara orang tua yang benar dan tidak dalam mendidik anak.

To Kill a Mockingbird – Harper Lee

Selanjutnya juga ada buku To Kill a Mockingbird dari Harper Lee. Buku yang satu ini adalah sebuah novel yang memiliki cerita tentang gadis muda, di mana tumbuh dengan banyak petualangan seru dan memiliki hubungan yang erat dengan beberapa orang-orang di sekitar. Banyak hal yang di dalamnya dibahas, termasuk tentang ketidakadilan.

Sebagai seorang pembaca tentu kamu dapat mempelajari hal-hal menarik dari novel klasik di tahun 1960 ini. Bahkan bagi kamu yang seorang mahasiswa ilmu hukum, novel yang satu ini sangat wajib dibaca karena memiliki nilai-nilai keadilan kesetaraan, serta kewajiban sipil.

1984 – George Orwell

Dilihat dari judulnya mungkin kamu merasa penasaran dengan buku 1984 karya George Orwell ini. Merupakan novel satire yang terbit di tahun 1949 dan menggambarkan berbagai macam bentuk kecurangan penguasaan dan kepentingan politik. Buku yang satu ini membawa banyak sekali gagasan yang segar dan tetap relevan untuk terjadi hingga saat ini

Sebagai seorang mahasiswa tentu wajib untuk bisa berpikir secara kritis dan membaca buku 1984 ini kamu bisa mendapatkan hal tersebut.

How to Become a Straight-A Student – Cal Newport

Selanjutnya juga ada How to Become a Straight-A Student – Cal Newport sebagai buku yang wajib dibaca mahasiswa. Buku yang satu ini merupakan tuntunan yang lengkap bagi kamu yang belum memiliki gambaran terkait kehidupan berkuliah. Kamu juga bisa menemukan strategi dalam kehidupan agar menjadi seorang mahasiswa yang lebih terstruktur tetapi tetap menyenangkan untuk dijalani.

Bahkan kamu bisa mendapatkan strategi belajar, mempersiapkan diri menghadapi ujian, Bagaimana cara membagi waktu, dan bagaimana mengatasi menunda-nunda pekerjaan. Jadi buku ini benar-benar direkomendasikan dan sangat wajib untuk dibaca. 

What I Wish I Knew When I Was 20 – Teena Seelig

Berikutnya What I Wish I Knew When I Was 20 – Tina Seelig juga menjadi buku yang direkomendasikan. Buku yang satu ini dari penulis Tina Seelig yang membuat daftar hal-hal yang diharapkan untuk diketahui ketika putranya akan kuliah. Udah banyak sekali pesan serta nasehat yang bisa kamu ambil bahwa Misalnya saja seperti bagaimana menciptakan keberuntungan serta berbagai macam Nasehat untuk hidup dengan baik. 

Jadi buku yang satu ini benar-benar direkomendasikan bagi mahasiswa agar mereka tidak salah langkah dalam proses pendidikan tersebut.

Baca Juga: Rekomendasi Buku Luar Negeri untuk Belajar Bahasa Inggris

Jadi Mahasiswa Wajib Baca Buku!

Aktivitas membaca buku adalah kebutuhan yang esensial bagi mahasiswa. Buku tidak hanya menjadi sumber pengetahuan yang kaya, tetapi juga memperluas wawasan, mengasah keterampilan berpikir kritis, dan memperdalam pemahaman terhadap berbagai disiplin ilmu.

Dalam era digital ini, meskipun informasi mudah diakses secara online, buku tetap menjadi referensi yang terpercaya dan mendalam yang mendukung pembelajaran akademis yang komprehensif. Maka dari itu, menjadikan membaca buku sebagai bagian dari rutinitas harian adalah langkah bijak bagi setiap mahasiswa untuk mencapai keberhasilan akademis dan mengembangkan diri secara holistik.

Ada beberapa buku yang wajib dibaca mahasiswa dan bacaan tersebut bisa disesuaikan dengan hal-hal yang kamu sukai. Buku-buku tersebut bisa bermanfaat bagi proses perkuliahan kamu agar lebih berarti dan lebih mudah menjalani semua prosesnya. 

ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
Education Expo Batam TJ 2024
Education Expo Jabodetabek

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan