Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Cara Belajar Agar Cepat Paham dan Ingat dengan Mudah

Cara Belajar Agar Cepat Paham dan Ingat dengan Mudah

Beranda / Bacaan Umum / Cara Belajar Agar Cepat Paham dan Ingat dengan Mudah

Cara belajar agar cepat paham dan ingat bagi sebagian orang menjadi hal yang penting. Mungkin banyak dari kita merasa kesulitan saat belajar, bahkan setelah berjam-jam meluangkan waktu, hanya sedikit materi yang benar-benar terserap. Bisa jadi hal tersebut dikarenakan kita belum menggunakan metode belajar yang efektif untuk menghemat waktu dan memahami materi dengan lebih baik.

Sebenarnya ada banyak sekali tips yang bisa dicoba untuk membantu kamu lebih mudah mempelajari materi pembelajaran dan mengingatnya. Pertama yang harus kamu miliki adalah kesungguhan dan niat yang kuat untuk belajar mempelajari semua materi yang dibutuhkan.

Cara Belajar yang Efisien

Jika merasa sudah niat untuk belajar, tentu akan banyak tantangan yang harus dihadapi. Apalagi saat harus menyelami isi sebuah buku yang tebal dengan puluhan halaman, memahami semua yang tertulis di dalamnya, tentu hal tersebut bukan hal mudah.

Namun, sebenarnya, tak perlu memaksa diri untuk mengerti semuanya. Fokuslah pada informasi penting yang disampaikan dalam setiap materi. Untuk itu, berikut beberapa cara yang bisa dicoba agar materi dapat terserap lebih cepat oleh otak:

  • Membuat catatan ringkas
  • Menggarisbawahi pokok-pokok penting
  • Membuat mind map
  • Melakukan latihan soal berulang
  • Studi kasus
  • Brainstorming

Dengan menggunakan beberapa teknik di atas, tentunya kamu bisa memilah mana informasi yang krusial dan mana yang kurang penting. Cara tersebut memungkinkan kita untuk fokus pada bagian-bagian yang memerlukan pemahaman mendalam, sementara bagian lain bisa dipahami secara lebih ringan.

Selain itu, praktikkan juga cara-cara efektif untuk mempercepat pemahaman dan memperkuat ingatan saat belajar.

Cara Belajar Agar Cepat Paham dan Ingat

Selain memiliki niat yang kuat ternyata ada beberapa cara yang bisa dicoba agar kamu lebih mudah untuk mempelajari materi dan mengingatnya. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba:

Cari Tempat Belajar yang Nyaman

Setiap individu memiliki preferensi unik dalam memilih tempat yang ideal untuk belajar. Ada yang merasa nyaman di lingkungan ramai, seperti cafe atau taman, sementara yang lain lebih suka suasana yang tenang seperti di kamar atau perpustakaan.

Nah, kamu bisa pilih sesuai dengan kenyamanan belajar kamu ya. Coba pilihlah tempat yang paling menyenangkan bagimu, karena kenyamanan akan memperkuat motivasi dan semangat dalam proses belajar.

Pahami Informasi dari Materi yang Sedang Dipelajari

Teliti dengan seksama setiap informasi yang terdapat dalam suatu materi, karena dari situlah kamu akan mendapatkan pengetahuan baru untuk dipelajari. Pastikan tidak ada informasi yang terlewat, karena pemahaman yang kurang bisa menghambat proses pembelajaran.

Jika ada kesulitan memahami materi dari sumber yang sedang digunakan, cobalah mencari materi alternatif dari sumber lain yang menggunakan bahasa yang lebih sederhana atau penyampaian yang lebih jelas. Internet dapat menjadi sumber yang kaya akan informasi, sehingga kamu dapat menemukan materi yang relevan dari jurnal atau artikel dengan tingkat keakuratan yang tinggi.

Pahami Informasi Penting dari Materi Tersebut

Pastikan untuk selalu membuat catatan atas informasi penting yang disampaikan. Tuliskan poin-poin kunci yang perlu diingat karena mereka mengandung inti dari materi yang dipelajari. Gunakan bahasa yang sederhana agar pemahamanmu tidak terganggu, sehingga catatanmu jelas dan mudah dipahami tanpa kebingungan.

Coba Ulang Kembali Materi yang Dipelajari

Setelah mencatat informasi penting dari berbagai sumber seperti buku atau artikel, praktikkan teknik pengulangan untuk memperdalam pemahamanmu. Pahami secara mendalam maksud dan tujuan dari materi tersebut, sehingga kamu bisa menjelaskannya kembali dengan lancar dan menjawab pertanyaan yang mungkin muncul.

Penting untuk diingat bahwa menghafal tanpa memahami isi sebenarnya tidak akan memberikan manfaat yang optimal. Jadi, lebih baik jika kamu memahami materi yang sedang dipelajari ya.

Pastikan Istirahat Kamu Cukup

Ingin memahami materi memang boleh saja, tapi jangan terus-menerus terpaku pada belajar, karena otak dan tubuh kamu juga membutuhkan istirahat untuk memulihkan diri setelah beraktivitas keras.

Ketika rasa lelah mulai menghampiri, berikanlah waktu untuk beristirahat. Hindari memaksakan otakmu bekerja terlalu keras dalam waktu yang lama, karena hal itu bisa menyebabkan stres dan kelelahan. Aturlah waktu belajar dan istirahat secara seimbang, sehingga tidak terlalu memaksakan diri namun tetap produktif.

Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup, dengan durasi sekitar 7-8 jam setiap hari. Ingatlah bahwa tidak hanya otak, tetapi seluruh organ tubuhmu juga membutuhkan istirahat untuk mendukung segala aktivitasmu dengan optimal.

Atur Jadwal untuk Belajar di Waktu yang Tepat

Cara selanjutnya dengan mengatur jadwal belajar di waktu yang. Ada waktu-waktu yang tepat bagi otak untuk beraktivitas belajar yang mungkin belum banyak diketahui orang. Pagi hari, khususnya antara pukul 7-9, adalah waktu yang ideal karena otak masih segar dan siap untuk menyerap informasi.

Di rentang pukul 9-11, hormon kortisol meningkat, membantu meningkatkan fokus dan produktivitas. Namun, di antara pukul 11 siang hingga 2 siang, sebaiknya kurangi kegiatan belajar karena konsentrasi cenderung menurun. Saat tubuh sedang mencerna makanan, antara pukul 2 hingga 3 sore, asupan darah dan oksigen ke otak berkurang, sehingga disarankan untuk beristirahat sejenak atau melakukan aktivitas ringan.

Sore hari, sekitar pukul 3 hingga 6, bisa digunakan untuk review materi yang sudah dipelajari dengan lebih santai. Di antara pukul 6 hingga 8 malam, luangkan waktu untuk menyegarkan pikiran dengan menonton film atau berkumpul bersama keluarga dan teman-teman.

Setelah itu, menjelang pukul 8-10 malam, ketika tubuh mulai merasa lelah, kamu bisa melakukan sedikit pembelajaran lagi atau merangkum materi yang sudah dipelajari hari itu. Pukul 10 malam, pastikan untuk beristirahat agar tubuh dan otak bisa pulih dengan baik untuk aktivitas esok hari.

Coba Belajar Kelompok

Belajar kelompok dapat menjadi salah satu metode yang dapat meningkatkan efektivitas belajar dengan beragam dampak positif. Mengajak teman-teman yang memiliki kesamaan tujuan dan visi denganmu untuk belajar bersama bisa memberikan semangat dan motivasi tambahan. Diskusi dan pertukaran gagasan dalam kelompok dapat memperluas wawasan dan pengetahuan kamu.

Belajar dengan kelompok juga memberikan kesempatan untuk saling memotivasi dan mendorong satu sama lain menuju pencapaian target bersama. Namun, penting untuk memilih teman belajar yang memiliki kedisiplinan dan keinginan yang sama tinggi untuk belajar serta berkontribusi secara aktif dalam diskusi dan pembelajaran.

Pentingnya Mencari Referensi yang Tepat

Untuk memperluas pengetahuan, jauh lebih baik jika kamu dapat mengakses materi dan referensi dari berbagai sumber yang berbeda. Mengandalkan satu sumber informasi saja seringkali tidak cukup untuk memperoleh pemahaman yang mendalam dan luas. Di dunia ini, banyak peneliti dan ahli yang memiliki perspektif dan pendapat yang beragam tentang suatu topik.

Dengan mencari informasi dari sudut pandang yang berbeda, kamu dapat memperoleh wawasan yang lebih komprehensif dan mendalam tentang suatu materi. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengembangkan pemahaman yang lebih baik serta mendapatkan sudut pandang yang lebih luas dan terbuka terhadap berbagai ide dan konsep.

Masih banyak cara yang lain yang dapat digunakan untuk mempermudah kamu belajar dengan efisien. Cara belajar agar cepat paham dan ingat bisa disesuaikan dengan kenyamanan kamu ya. Pastikan lakukan dengan konsisten.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Bekasi
Macquarie
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan