Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
cara cepat belajar bahasa inggris untuk utbk

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Untuk UTBK

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Untuk UTBK

Belajar bahasa inggris untuk UTBK atau SBMPTN adalah hal wajib yang harus kamu pelajari, alagi kalau sudah berada di kelas 12 ataupun alumni dengan bahasa inggris minim. Agar kamu bisa pede menghadapi UTBK, maka penting sekali mempersiapkan pembelajaran.

UTBK Bahasa Inggris merupakan jenis ujian TPS. Perbandingan soalnya sebanyak 15 soal dari 90 soal keseluruhan yang harus kamu selesaikan dalam 105 menit saja. Walaupun hanya 15 soal, tetapi semua jenis pertanyaan tersebut merupakan jenis bacaan.

5 Cara Mengerjakan Soal UTBK Bahasa Inggris

UTBK Bahasa Inggris berupa bacaan tentu membutuhkan waktu cukup banyak karena kamu harus memahami apa maksud bacaan, kemudian baru menjawab soal. Padahal, soal UTBK Bahasa Inggris selalu berada pada bagian paling akhir. Sehingga, kamu hanya menggunakan waktu-waktu sisa saja.

Itulah mengapa, sebaiknya ketika mengerjakan soal UTBK, jangan menghabiskan waktu terlalu lama pada bagian Matdas dan Bahasa Indonesia. Artinya, jika kamu ingin berhasil dalam mengerjakan bahasa inggris tes UTBK, sebaiknya bagi waktu dengan baik dan efisien.

Cara belajar bahasa inggris untuk UTBK agar bisa mengerjakan tes lebih mudah dan cepat, maka kamu bisa menerapkan tips berikut:

1. Skimming

Waktu ujian sangat terbatas, sehingga kamu harus baca cepat atau dalam bahasa inggris disebut dengan skimming. Fungsinya supaya kamu bisa memperoleh informasi ide umum pada teks bacaan. Ide umum biasanya terletak pada paragraf pertama ataupun paragraf terakhir sebuah bacaan.

Baca Juga : Metode Belajar Bahasa Inggris Cepat Paham

Cara belajarnya yaitu dengan sering latihan, sehingga semakin mudah dan cepat dalam mengidentifikasi informasi penting dan yang tidak perlu untuk dibaca. Hindari membaca dengan cara baris per baris pada setiap paragraf karena ini hanya membuang waktu. Cara terbaik yaitu telusur paragraf dengan cara vertikal, bukan horizontal, pada bagian tengah baris.

2. Tandai Informasi Penting

Karena soal UTBK Bahasa Inggris hanya 15 soal, tetapi berupa teks bacaan, maka sebaiknya beri tanda informasi penting. Selagi kamu membaca dan menemukan informasi penting, tandai saja baik dengan cara menggaris bawahi atau melingkari.

Artinya, jika kamu menemukan soal yang nanti membahas jawaban berupa informasi yang sudah kamu temukan tadi, maka kamu bisa langsung melihat tanda tersebut, bukan membaca ulang.

3. Tebak Kosakata Yang Tidak Kamu Mengerti

Pernahkah kamu menemukan kosakata yang tidak kamu mengerti? Jika konteksnya merupakan ujian, maka kamu harus menebak makna dari kosakata tersebut melalui konteks. Lewati saja jika kamu tidak bisa menebaknya. Hindari berpikir terlalu lama, karena mending fokus pada soal yang masih dapat kamu selesaikan.

4. Baca Teks atau Baca Soal Dulu?

Belajar Bahasa Inggris untuk UTBK selanjutnya yang mungkin membuat kamu bingung adalah baca teksnya dulu atau soalnya dulu?

Murid pasti punya kesukaan berbeda, mulai dari hobi baca, atau baca teks dulu. Metode membaca mana yang kamu sukai, seringnya kamu harus bolak-balik dari baca teks ke soal, dan kembali ke teks, lalu soal begitu seterusnya. Apalagi jika kamu tidak mengerti maksud paragraf tersebut, maka sebaiknya langsung cek soalnya.

5. Lewati Pertanyaan Sulit

Dalam mengerjakan soal UTBK, kamu mungkin mendapati soal yang sulit, sehingga sebaiknya lewati terlebih dahulu. Ada banyak soal lain yang dapat kamu jawab berikutnya dan gunakan waktu terbatas tersebut. Jika masih ada waktu, kamu bisa kembali lagi pada nomor yang telah kamu tinggalkan.

Baca Juga : Cara Cepat dan Mudah Belajar Bahasa Inggris Online

Tipe Soal UTBK

Sekarang, kamu sudah mengetahui seperti apa belajar Bahasa Inggris untuk UTBK dan cara menjawab pertanyaan pada bacaan umum. Untuk mempersiapkan diri, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris di ICAN English agar persiapan kamu bisa lebih maksimal. Kamu akan belajar materi yang dibutuhkan dan sesuai dengan level kemampuan kamu.

Jenis soal pertama adalah soal dengan pertanyaan gambaran umum seperti bertanya tentang conclusion, title, purpose, main topic, ataupun main idea. Ketika mencari main idea atau main information, maka kamu harus ccari gambaran umum teks menggunakan satu kalimat. Sedangkan kalau ditanya tentang topik, maka harus jawab dengan frase.

Jenis soal UTBK kedua justru tanya tentang informasi spesifik. Contoh soalnya menggunakan kata siapa, dimana, kapan, atau mana yang tidak termasuk jawaban. Tipe soal UTBK ketiga yaitu informasi tersirat. Jadi, tidak boleh asal tebak, karena kamu harus mencari makna implisit teks, sehingga kamu harus berlatih mengasah kemampuan bernalar, misalnya dengan cari clue.

Kamu juga harus belajar Bahasa Inggris untuk UTBK dengan berlatih soal vocabulary dan reference. Sehingga, kamu bisa bertanya makna, sinonim, maupun antonim suatu kata. Misalnya, ketika soal tersebut bertanya tentang sinonim, tidak boleh langsung memilih pilihan.

Kamu harus cari tahu konteks kata terlebih dahulu, karena bisa saja maknanya lebih dari satu, dan seluruh makna tersebut tersedia pada pilihan jawaban. Itulah mengapa kamu harus cari maknanya terlebih dahulu agar sesuai konteks penggunaan.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan