Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
cara kuliah di inggris dengan biaya sendiri

Cara Kuliah di Inggris dengan Biaya Sendiri

Beranda / Perkuliahan / Cara Kuliah di Inggris dengan Biaya Sendiri

Kuliah di Inggris biaya sendiri bukanlah hal mustahil. Inggris merupakan tempat belajar tepat, menawarkan ilmu pengetahuan atau keterampilan yang mengasah skill kreativitas dan pencapaian terbaik.

Sekolah, universitas, dan pusat pendidikan Bahasa Inggris di negara ini mempunyai standar pendidikan bertaraf internasional, tersedia para pengajar profesional dan fasilitas berkualitas. Pendidikan di Inggris juga menjadi perhatian besar dunia karena keunggulan penelitiannya yang melibatkan para profesional dan akademisi dari bidang industri terkenal dunia.

Pedoman Kuliah di Inggris Menggunakan Uang Sendiri

Agar perkuliahan lancar, kamu sebaiknya melakukan konsultasi kuliah luar negeri dengan menghubungi agen pendidikan. Selebihnya, kamu dapat menggunakan informasi lengkap berikut sebagai pedoman mengurus perkuliahan di Inggris menggunakan uang sendiri:

Ketahui Berapa Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Inggris

Biaya kuliah di Inggris bisa menggunakan uang sendiri, yaitu dengan menyediakan biaya kuliah hingga GBP 12.000-GBP20.000 per tahun. Mahasiswa internasional yang mengambil jurusan kedokteran harus mengeluarkan biaya kuliah mulai dari GBP 15.000-GBP40.000 per tahun.

Perkiraan kasarnya, biaya hidup di London membutuhkan sekitar GBP 1.334 setiap bulan. Biaya tersebut berbeda jika kamu tinggal pada kota-kota lainnya di Inggris yang hanya membutuhkan biaya sebesar GBP 1.023 tiap bulan.

Estimasi biaya tersebut sudah termasuk biaya makan, akomodasi, telekomunikasi, transportasi, juga kebutuhan lainnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi pengeluaran biaya hidup adalah gaya hidup. Semakin sederhana, justru bisa membantu kamu menghemat tabungan sendiri.

Siapkan Biaya Visa & Asuransi

Kuliah di Inggris biaya sendiri juga harus mempertimbangkan biaya Visa dan Asuransi kesehatan. Hal ini wajib kamu pertimbangkan ketika sudah memperoleh Full Acceptance Letter dari univesitas pilihan. Kamu bisa mengurus visa pelajar dengan bantuan agen pendidikan tertentu, misalnya adalah ICAN Education.

Caranya dengan melengkapi seluruh dokumen syarat mengurus visa, termasuk menggunakan sidik jari dan foto langsung ke kantor perwakilan kedutaan Inggris. Jika kamu bisa memperoleh visa masuk, maka akan mendapatkan entry balance yaitu stiker atau vignette pada bagian paspor, berlaku selama satu bulan sejak hari keberangkatan.

Kemudian, kamu juga akan memperoleh Biometric Residence Permit sesampai di Inggris, sebagai tanda kamu berhak tinggal, bekerja, juga belajar di negara tersebut. Syarat tambahan mengajukan visa pelajar adalah mengikuti TB screening, tes kesehatan untuk cek TBC melalui X-Ray. Terdapat pula Credibility Check Interview saat pengajuan visa. Inggris juga memberikan syarat asuransi kesehatan dengan biaya mencapai GBP400 tiap tahunnya.

Siapkan Biaya Akomodasi di Inggris

Ada beberapa pilihan akomodasi bagi mahasiswa internasional yang harus kamu urus setelah diterima di universitas atau sekolah di Inggris. Jenis akomodasi University Residence disediakan oleh universitas di Inggris, termasuk fasilitas tempat tidur, lemari penyimpanan, meja sekaligus lampu belajar, pemanas, kursi, dan juga rak buku.

Terdapat pula fasilitas kamar mandi dalam kamar. Mahasiswa juga dapat menggunakan koneksi internet selama 24 jam. Biaya jenis akomodasi ini mencapai GBP150-GBP300 setiap minggunya.

Jenis akomodasi berikutnya yang lebih populer bagi dua mahasiswa internasional adalah apartemen. Sewa apartemen bisa dilakukan dengan cara patungan bersama teman sekamar, dengan syarat kontrak minimal satu tahun.

Biaya sewa apartemen mencapai GBP200-GBP400 per minggu. Harga sewa apartemen tergantung ukuran dan lokasi flat. Kemungkinan besar kamu juga harus membayar biaya lain, seperti pemanas, biaya telepon, atau biaya listrik.

Pelajari Peraturan Kerja Sambil Kuliah

Mahasiswa internasional juga dapat menikmati pengalaman belajar sambil bekerja, khususnya bagi pelajar dengan program studi lebih dari enam bulan. Izin kerja paruh waktu diberikan dengan syarat 20 jam per minggu masa kuliah, juga bekerja full time saat liburan program S1 atau S2. Gaji yang diperoleh bervariasi, yaitu mulai dari GBP6-GBP8 per jam.

Baca juga : Kuliah Perhotelan Di Inggris Dan Alasan Memilihnya

Cara Hemat Biaya Kuliah di Inggris

Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan selain mencari tahu bagaimana cara kuliah di Inggris biaya sendiri. Pertama, kamu bisa menggunakan bantuan bank agar menjadi nasabah. Persaingan lembaga perbankan sangat ketat, untuk memperoleh nasabah baru sehingga menawarkan banyak insentif menarik. Contohnya, Bank Natwest menyediakan Young Persons Railcard gratis untuk nasabah usia 16-25 tahun.

Insentif lainnya yaitu diskon fasilitas hiburan termasuk rental. Jika benar-benar membutuhkan bantuan keuangan, maka sebaiknya mencari informasi pinjaman tanpa bunga terlebih dahulu.

Cara hemat kedua yaitu memanfaatkan peluang beasiswa. Inggris memberikan perhatian besar pada sektor pendidikan, salah satunya adalah dengan memberikan beasiswa bagi pelajar asing. Tujuannya adalah untuk memperkaya komunitas pendidikan dan kebudayaan di negeri tersebut.

Jenis beasiswa sangat bervariasi, seperti beasiswa untuk etnis tertentu, negara tertentu, atau mahasiswa internasional dengan kemampuan akademis. Pastikan untuk selalu mencari informasi terbaru tentang peluang beasiswa supaya biaya kuliah sendiri jadi lebih ringan.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan