Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
penting! cara membuat personal statement yang perlu kamu tahu

Penting! Cara Membuat Personal Statement yang Perlu Kamu Tahu

Beranda / Perkuliahan / Penting! Cara Membuat Personal Statement yang Perlu Kamu Tahu

Personal Statement adalah bagian penting dari aplikasi universitas luar negeri. Ini adalah kesempatan yang tepat untuk menunjukkan keunikan dan nilai diri kamu. Hanya dalam 4.000 karakter, kamu harus meyakinkan universitas bahwa kamu adalah pelamar terbaik. Untuk itu, penting untuk mengetahui cara membuat personal statement.

Ini adalah contoh tulisan (seringkali sekitar 2 halaman) yang menggambarkan diri kamu yang terbaik, alasan memilih program studi, minat penelitian, tujuan, dan cara kamu dapat berkontribusi pada program yang dilamar.

Cara Membuat Personal Statement yang Tepat

Memecah tugas menulis pernyataan pribadi adalah langkah awal yang dapat membantu kamu menulis pernyataan yang kuat untuk universitas. Meskipun bagian pendahuluan, isi, dan kesimpulan harus tertata dengan baik, namun kamu boleh menulisnya sesuai urutan yang membuat kamu nyaman.

Misalnya, menulis bagian isi terlebih dahulu dan kemudian kembali untuk menulis pendahuluan dapat membantu kamu membuat pembukaan yang lebih kuat. Hal ini karena kamu telah mengetahui isi dari pernyataan pribadi tersebut.

Simak cara membuat personal statement di bawah ini!

Tulis Pengenalan Pribadi

Tulis pengantar yang mencerminkan diri dan kepribadian kamu. Dalam pengantar ini, kamu harus menunjukkan apa yang membuat kamu tertarik dengan jurusan yang kamu ambil. Mulai pernyataan pribadi dengan kalimat yang menunjukkan siapa kamu sebenarnya.

Dalam personal statement untuk aplikasi universitas, diskusikan bagian mana dari program atau sekolah yang sesuai dengan minat kamu. Pengantar universitas harus berupa paragraf penuh.

Perluas Keterampilan, Minat, dan Pengalaman yang Relevan

Di dalam isi, kamu bisa bercerita lebih banyak tentang keterampilan, minat, dan pengalaman yang relevan. Tulis tentang detail pribadi yang berhubungan dengan pekerjaan atau kursus yang kamu lamar. Contohnya adalah sebagai berikut

  • Prestasi dan pengalaman: Tulis tentang gelar, sertifikasi, penghargaan, pengalaman industri selama bertahun-tahun, dan posisi yang pernah kamu pegang yang berhubungan dengan tanggung jawab pekerjaan atau penawaran pendidikan universitas.
  • Keterampilan dan bakat yang relevan: Jelaskan bakat dan keterampilan yang telah kamu pelajari selama di universitas atau di jalur karir kamu. Pertimbangkan untuk menyebutkan keterampilan khusus yang dibahas dalam daftar pekerjaan atau nilai-nilai yang dicari sekolah pada siswa.
  • Apa yang akan kamu bawa ke organisasi: Ceritakan bahwa kamu akan menjadi aset bagi perusahaan atau universitas. Kamu dapat menyebutkan pengalaman atau keinginan untuk mempelajari keterampilan tertentu, melakukan tugas, atau mendapatkan kredensial di suatu bidang.
  • Tujuan profesional atau akademis: Tulis tentang bagaimana pekerjaan atau kursus yang kamu lamar cocok dengan impian di masa depan. Pertimbangkan untuk memilih tujuan tertentu yang dapat dibantu oleh pekerjaan atau kursus yang kamu tuju.

Buat Kesimpulan yang Kuat

Ringkasan singkat dari poin-poin utama dalam pernyataan kamu dapat menjadi strategi yang efektif untuk membuat kesimpulan. Pastikan untuk menghubungkan pencapaian, pengalaman, dan keterampilan secara langsung dengan kontribusi masa depan kamu serta universitas.

Tinjau kembali perkenalan kamu dan apa yang membuat kamu tertarik dengan posisi, sekolah, atau program gelar. Pertimbangkan untuk memperluas ide ini dengan menggabungkan keinginan dengan kualifikasi.

Mengakhiri pernyataan pribadi dengan menceritakan antusiasme terhadap peluang dapat memengaruhi universitas untuk mempertimbangkan kamu dengan serius.

Baca juga:
Contoh Personal Statement Yang Bisa Jadi Rekomendasi

Contoh Surat Personal Statement

Sebagai gambaran, bagian isi dari personal statement bisa berisi sebagai berikut:

Saya melamar posisi di kursus Master of Business Administration karena saya bersemangat untuk memajukan karir pemasaran saya dan tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang strategi manajemen.

Diri saya pertama kali tertarik pada pemasaran saat mendapatkan gelar Bachelor of Science in Business di King’s College. Saya tertarik dengan cara pemasar menggunakan gambar dan teks untuk membujuk konsumen membeli produk dan berbagai alat pemasaran modern, termasuk media sosial dan realitas virtual.

Butuh informasi lebih lanjut seputar personal statement yang harus kamu siapkan sebelum kuliah ke luar negeri? Kamu bisa mengunjungi kantor ICAN Education Consultant dan berkonsultasi dengan para konselor kami. Sebagai agen pendidikan luar negeri, kami akan membantu berbagai proses pendaftaran.

Selain itu, pastikan kamu menggunakan kata-kata sendiri untuk menggambarkan kualifikasi agar terasa lebih pribadi dan unik. Tetap gunakan kalimat pendek dan bahasa yang sederhana agar isi personal statement kamu tetap jelas dan efektif.

Fungsi dari Personal Statement

Personal Statement adalah lamaran kamu untuk belajar di perguruan tinggi atau universitas tertentu. Ini memberikan kesempatan untuk mengartikulasikan mengapa kamu ingin mempelajari mata pelajaran dan keterampilan serta pengalaman apa yang dimiliki.

Esai ini harus menunjukkan kesiapan kamu untuk bidang yang dipilih dan alasan kamu melamar program tertentu. Jika masih ada ruang setelah memberikan perincian ini, kamu dapat menjelaskan pencapaian atau kualitas pribadi.

Peran personal statement adalah untuk membuat kandidat menonjol dari pelamar lainnya. Pernyataan pribadi harus disusun dengan cermat, ditulis dengan baik, dan fokus untuk membedakan pelamar dari kelompok yang lebih besar. Isinya harus jelas, idenya harus mengalir dengan baik, dan harus dalam bentuk yang jelas dan etntunya harus dibuat langsung oleh pelamar tersebut.

ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
WSU Surabaya
Education Expo Batam TJ 2024
Education Expo Jabodetabek

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan