Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
cara jitu menguasai toefl dengan cepat

Cara Jitu Menguasai TOEFL Dengan Cepat

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Cara Jitu Menguasai TOEFL Dengan Cepat

Cara menguasai TOEFL dengan cepat dapat kamu pelajari sebagai strategi supaya dapat menyelesaikan Tes bahasa yang disusun oleh Educational Testing Service (ETS), sebuah lembaga Amerika Serikat. TOEFL merupakan syarat masuk kuliah pada seluruh perguruan tinggi luar negeri termasuk wilayah Amerika Serikat, Australia, dan Eropa.

Untuk menyelesaikan tes ini membutuhkan waktu 3 jam dengan total 4 bagian yaitu grammar structure and written expression, reading comprehension, listening comprehension, dan writing. Jika kamu berniat mengambil tes tersebut, sebaiknya melakukan beberapa persiapan penting.

6 Cara Mengerjakan TOEFL Dengan Cepat

Untuk menguasai dan memahami TOEFL lebih lanjut, kamu bisa menjalani kursus bahasa Inggris di ICAN English. Dengan tutor terbaik, kami memberikan pembelajaran bahasa Inggris untuk membantu meningkatkan pemahaman bahasa Inggris siswa.

Jika ingin mengerjakan TOEFL dengan cepat untuk kepentingan daftar kuliah atau sekedar menguji kemampuan, kamu dapat mengikuti beberapa strategi berikut:

1. Waktu khusus belajar

Ada beberapa materi yang wajib kamu pahami sehingga Salah satu cara terbaik adalah dengan meluangkan waktu belajar. Buat jadwal belajar pagi, sore, atau malam hari, durasi satu setengah sampai dua jam.

Cobalah belajar fokus dengan mencegah hal-hal yang dapat mengganggu proses belajar. Buat jadwal belajar berpola supaya kamu dapat mempelajari dari awal, misalnya pada hari pertama dan kedua adalah belajar listening.

Sedangkan pada hari berikutnya dapat belajar structure, reading atau writing. Selalu luangkan waktu melakukan evaluasi agar kamu mengetahui mana saja kemampuan yang harus ditingkatkan.

2. Tonton film bahasa Inggris

salah satu kegiatan menyenangkan untuk belajar TOEFL yaitu meningkatkan kemampuan listening dengan menonton film bahasa Inggris. Dengarkan percakapan langsung supaya kamu juga dapat meningkatkan vocabulary.

Jika terdapat kalimat yang tidak kamu pahami, cobalah melihat bagian subtitle Bahasa Inggris tersebut. Kemudian gunakan kamus untuk mencari tahu apa artinya sehingga kemampuan vocabulary lebih meningkat.

3. Pahami kelas kata

Cara menguasai TOEFL dengan cepat terutama untuk meningkatkan nilai structure terbilang mudah. Kamu perlu belajar pembagian kata pada satu kalimat soal structure misalnya pada bagian verb dan subjek.

Gunakan internet atau sumber belajar lainnya untuk mencari berbagai contoh soal latihan TOEFL dan pembahasannya supaya dapat memahami kelas kata. Jika sudah mulai memahami, kamu dapat mencoba mengerjakan berbagai soal latihan structure lebih mudah.

4. Tingkatkan vocabulary

Semakin banyak kosakata atau vocabulary yang kamu pahami, akan semakin mudah meningkatkan skor TOEFL sesuai harapan. Melakukan berbagai kegiatan supaya kamu dapat meningkatkan perbendaharaan kata, misalnya dengan rajin baca majalah, buku, atau konten sosmed berbahasa Inggris.

5. Latihan membaca menggunakan waktu

Kamu akan diberikan waktu 36 menit untuk menyelesaikan TOEFL Reading. Setelah setiap bagian membaca, kamu akan memiliki 10 pertanyaan tentang teks tersebut. Dengan kata lain, kamu memiliki 36 menit untuk membaca sekitar 1400 kata (700 kata per bagian) dan menjawab 20 pertanyaan (10 per bagian). Ini mungkin menjadi bagian yang sulit, maka latihan yang baik akan sangat membantu kamu. Gunakan timer di komputer atau handphone kamu untuk mengatur waktu dan melihat berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk menyelesaikan setiap pertanyaan.

6. Catat ekspresi lisan

Perlu diketahui bahwa mampu memahami bahasa Inggris dan mampu berbicara bahasa Inggris adalah dua hal yang berbeda. Meskipun kamu merasa akhirnya bisa memahami sebagian besar pembicaraan orang, bukan berarti kamu bisa berinteraksi dengannya. Salah satu cara untuk mulai membangun kemampuan berbicara bahasa Inggris adalah dengan memperhatikan ekspresi lisan ketika orang lain berbicara. Pastikan untuk mencatatnya sehingga kamu dapat menggunakannya sendiri!

Agar kamu dapat meningkatkan wawasan, sering membaca karya ilmiah atau tulisan-tulisan tentang ilmu pengetahuan, ekonomi, politik, atau budaya sangat direkomendasikan. Cara ini sangat penting untuk meningkatkan perbendaharaan kata secara kontekstual dan luas. Apalagi soal pembahasan TOEFL berhubungan dengan pengetahuan umum.

Keuntungan Skor TOEFL Tinggi

Jika kamu sudah mempelajari bagaimana cara menguasai TOEFL dengan cepat dan memperoleh skor tinggi, tentu memberikan banyak keuntungan. Skor TOEFL tinggi membantu meningkatkan peluang kuliah ke Universitas idaman dengan memperoleh beasiswa.

Atau, kamu akan mempunyai peluang lebih besar pada bidang karir karena lulus TOEFL skor tinggi membuat banyak perusahaan mengincar skill bahasa yang kamu kuasai tersebut. Sertifikat TOEFL adalah bukti valid beberapa perusahaan besar dalam menerima karyawan baru termasuk perusahaan multinasional sampai instansi pemerintah.

Keuntungan lainnya jika kamu mempunyai skor TOEFL tinggi adalah akan lebih mudah memperoleh peluang permanent resident ke luar negeri. Permanent resident adalah salah satu jenis visa bagi imigran seluruh dunia termasuk masyarakat Indonesia.

Jika kamu mempunyai permanent resident, kamu mempunyai izin tinggal dalam negara tersebut sesuai batas waktu. Sehingga kamu dapat meningkatkan peluang bekerja ke luar negeri. Syarat untuk memperoleh permanent resident adalah sertifikat TOEFL dengan pencapaian skor tertentu. Dengan seluruh alasan ini, maka sangat penting untuk mempelajari cara menguasai TOEFL dengan cepat.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
SIM
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan