Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
cara mudah mendapatkan double degree

Cara Mudah Mendapatkan Double Degree

Beranda / Perkuliahan / Cara Mudah Mendapatkan Double Degree

Memutuskan untuk melanjutkan pendidikan tinggi membuat kamu harus membuat berbagai keputusan, salah satunya adalah mengambil dua studi sekaligus atau double degree. Nah, kamu juga perlu tahu cara mendapatkan double degree jika tertaik dengan program kuliah yang satu ini.

Double degree adalah program yang membantu kamu untuk kuliah dua jurusan atau program studi berbeda dalam waktu yang sama. Misalnya saja kamu akan mengambil jurusan sastra Inggris dengan pendidikan Inggris sekaligus. Setelah lulus kamu mendapatkan gelar SS dan S.Pd. sekaligus.

Bagaimana Cara Sukses Mendapatkan Double Degree?

Menjalani program double degree memang bukan Hal mudah. Ada berbagai macam tantangan yang harus dihadapi oleh dengan dua jurusan yang dipilih. Sebagai mahasiswa yang ingin mendapatkan double degree, berikut ini cara tepat untuk sukses menjalankan double degree.

Tekadkan Niat

Hal pertama yang harus kamu dipersiapkan dengan baik tentu adalah niat. Memutuskan untuk kuliah dengan program double degree memang lebih sulit dibandingkan perkuliahan biasa. Mahasiswa akan menghadapi berbagai macam tantangan dan kesulitan dari 2 jurusan tersebut.

Namun dengan meluruskan niat dan tekad tentu akan membantu menyelesaikan berbagai macam tantangan tersebut. Cobalah untuk menanamkan niat yang kuat dari awal masuk program double degree sampai akhir. 

Belajar Bahasa Inggris

Cobalah untuk belajar bahasa Inggris karena hal tersebut sangat penting untuk mengikuti program double degree. Biasanya bahasa Inggris akan digunakan sebagai bahasa pengantar Jika kamu memutuskan untuk mengambil double degree di luar negeri.

Kamu dapat membuktikan kemampuan berbahasa Inggris dengan adanya sertifikat TOEFL atau ILELTS sesuai dengan persyaratan dari kampus. Namun, jika kamu mengambil program double degree di Indonesia rasanya kemampuan belajar bahasa Inggris tidak terlalu dibutuhkan untuk beberapa jurusan. 

Menyiapkan Persyaratan

Selanjutnya kamu bisa mencoba untuk memenuhi berbagai macam Persyaratan yang telah ditentukan pihak kampus untuk program double degree. Ada berbagai macam persyaratan dan sebaiknya disiapkan jauh-jauh hari. Sebab beberapa persyaratan membutuhkan waktu yang lama loh.

Misalnya saja untuk sertifikat TOEFL/IELTS, paspor, visa, CV, dan masih banyak lagi. Syarat tersebut biasanya digunakan untuk mahasiswa yang kuliah di luar negeri.

Upayakan Dapat Beasiswa

Kuliah dengan double degree jauh lebih baik jika kamu mengupayakan untuk mendapatkan beasiswa. Memutuskan untuk kuliah 2 jurusan tentu dana yang dibutuhkan juga tidak sedikit. Jika kamu ingin mendapatkan program tersebut tanpa biaya atau gratis bisa mencari beasiswa.

Ada banyak perguruan tinggi di Indonesia maupun di luar negeri yang menyediakan beasiswa untuk program double degree. Ketahui berbagai macam persyaratan beasiswa tersebut dan upayakan untuk mendapatkannya agar bisa mendapatkan kesempatan kuliah gratis.

Menyiapkan Dana

Sebagai mahasiswa double degree pastikan kamu sudah menyiapkan dana terlebih dahulu. Jika kamu memutuskan untuk mengambil double degree ke luar negeri harus menyiapkan dana atau deposit untuk bisa menetap di negara tersebut. Jadi kamu harus menunjukkan bahwa wa ada uang di tabungan kurang lebih sekitar 60 juta.

Tetapi jika kamu tidak memiliki uang tersebut untuk melanjutkan pendidikan double di luar negeri, pastikan untuk membuat surat keterangan atas nama orang tua. Melalui Surat Keterangan tersebut berisikan bahwa orang tua akan bertanggung jawab atas biaya kamu di luar negeri. 

Baca Juga: Lebih Cepat Kuliah Dengan Double Degree

Tips Memilih Program Kuliah Untuk Double Degree

Cara mendapatkan double degree memang tidak mudah. Ada berbagai macam hal yang harus diperhatikan dan salah satunya adalah memilih program studi atau jurusan untuk perkuliahan. Jika memilih program double degree di universitas luar negeri, kamu bisa melakukan konsultasi kuliah luar negeri di ICAN Education Consultant bersama dengan tim konselor profesional.

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memilih program kuliah yang cocok bagi mahasiswa dengan double degree, seperti berikut.

Tentukan Program Studi Pilihan

Pertama pastikan kamu memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakatmu. Kesempatan pendidikan di di kampus atau dua negara memang tidak main-main. Kamu harus memahami minat dan bakat untuk bisa menentukan dua jurusan tersebut. Jauh lebih baik jika kedua jurusan tersebut memiliki kesinambungan agar lebih memudahkan kamu ya.

Cari Kampus yang Menyediakan Double Degree

Selanjutnya, kamu harus mencari kampus yang menyediakan program double degree. Pastikan bahwa kampus tersebut juga menyediakan jurusan yang diinginkan ya.

Cara mudah mendapatkan double degree mengharuskan kamu untuk menemukan jurusan dan kampus yang tepat lebih dulu. Dengan begitu akan semakin mudah untuk melanjutkan perjalanan studi di dua jurusan berbeda.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Bekasi
Macquarie
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan