Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
cara tepat membuat paspor untuk pelajar

Cara Tepat Membuat Paspor untuk Pelajar

Beranda / Bacaan Umum / Cara Tepat Membuat Paspor untuk Pelajar

Cara membuat paspor untuk pelajar dapat kamu lakukan secara mandiri karena Direktorat Jenderal imigrasi telah menyediakan akses mudah pembuatan paspor bagi seluruh masyarakat. Paspor merupakan dokumen penting supaya kamu bisa masuk ke negara lain.

Menyediakan aplikasi layanan paspor online, pemerintah Indonesia melalui Bagian Imigrasi menganjurkan agar kamu melakukan antrian terlebih dahulu. Selanjutnya kamu harus mengurus berbagai kelengkapan dokumen, foto, juga tahap lainnya termasuk sidik jari dan wawancara dengan cara langsung datang ke kantor imigrasi.

Baca Juga:
Perbedaan e Paspor dan Paspor Biasa

Cara Buat Paspor Pelajar

Terdapat informasi lengkap tentang dokumen apa saja yang harus kamu siapkan, berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk mengurusnya. Pastikan bahwa paspor dan visa yang kamu miliki adalah valid supaya tidak ada masalah ketika sampai di negara tujuan. Apapun tujuan kuliah kamu, apakah akan kuliah di Malaysia, Amerika atau negara lainnya, dokumen ini harus kamu miliki.

Apalagi, kamu juga kadang harus melakukan transfer terlebih dahulu pada beberapa negara supaya bisa menuju ke negara tujuan. Petugas imigrasi akan melakukan pemeriksaan dokumen yang kamu miliki sebelum atau setelah naik pesawat kapanpun saat melintasi perbatasan.

Jika ingin lebih mudah mengurus paspor pelajar di Indonesia, maka kamu harus mengikuti berbagai persyaratan berikut ini:

  • KTP yang masih berlaku
  • Kartu keluarga terbaru
  • Ijazah terakhir/kutipan akta kelahiran
  • Surat keterangan perusahaan atau sekolah/universitas

Sedangkan syarat mengajukan paspor juga membutuhkan beberapa proses sebagaimana berikut:

  1. Isi formulir permohonan pengajuan paspor di bagian loket kantor imigrasi, gratis!
  2. Ajukan permohonan membuat paspor pelajar dengan tahap hingga 5 hari jam kerja.
  3. Wawancara juga foto harus kamu lakukan, proses wawancara menunggu jadwal pemanggilan.

Ketika petugas imigrasi bertanya mengapa kamu ingin membuat paspor, maka sampaikan bahwa kebutuhan paspor tersebut adalah untuk kuliah di luar negeri. Petugas imigrasi juga akan memeriksa keaslian dokumen yang telah kamu lampirkan.

Jika persyaratan administrasi kurang lengkap serta informasi atau identitas tersebut palsu, maka proses pengajuan paspor akan ditolak. Setelah proses wawancara, kamu harus mengikuti proses pengambilan foto untuk paspor selama 2 hari kerja. Berikutnya, kamu tinggal menunggu informasi dari kantor imigrasi tentang pengambilan paspor.

Baca Juga:
Syarat Lengkap Pembuatan Paspor untuk Pelajar

Kesalahan Dalam Mengurus Paspor

Sekarang kamu sudah mengetahui apa saja cara membuat paspor untuk pelajar, dan sangat penting mencari tahu apa saja kesalahan dalam mengurus paspor. Jika kamu sudah lolos pemeriksaan dokumen dan wawancara, maka pada tahap selanjutnya adalah antrian foto.

Tidak ada aturan tertulis bahwa foto buku paspor harus rapi dan sopan. Namun, terdapat aturan tertentu. Bagi laki-laki, harus mengenakan kaos berkerah atau kemeja, sedangkan bagi perempuan, harus mengenakan atasan sopan dengan pakaian semi-formal atau formal.

Kesalahan yang sering dilakukan adalah banyak pemohon paspor justru mengenakan kemeja putih. Warna kemeja ini harus kamu hindari karena membuat foto paspor tidak tampak saat diperiksa oleh badan imigrasi luar negeri.

Kesalahan berikutnya pada saat proses pengajuan paspor adalah merasa ragu ketika sedang wawancara. Pihak imigrasi memberikan berbagai pertanyaan sehingga kamu harus menjawabnya secara tepat. Beberapa pertanyaan yang paling sering adalah kondisi tubuh, apakah sedang sakit atau tidak, apa alasan kuliah di luar negeri, dan negara tujuan kamu untuk melanjutkan perkuliahan.

Dokumen yang kamu bawa juga harus mempunyai data sama termasuk nama, alamat, tempat dan tanggal lahir. Jika kamu berdomisili pada kota berbeda dengan kota alamat KTP, maka kamu wajib membawa surat pengantar atau surat keterangan dari RT atau RW lingkungan tempat tinggal atau kantor tempat kamu bekerja.

Kesalahan paling banyak dilakukan terakhir yaitu datang tidak sesuai pada jadwal. Misalnya kamu mengajukan permohonan pada aplikasi layanan paspor online dengan nomor antrian yang sudah kamu peroleh agar bisa mengurus ke kantor imigrasi.

Baca Juga:
Ketahui 7 Langkah Mudah Cara Membuat Paspor Baru

Hindari datang terlambat ketika sedang mengurus paspor. Atau jika ingin lebih praktis, gunakan layanan ICAN Education Consultant untuk membantu mengurus perkuliahan ke luar negeri. Kami memberikan konsultasi kuliah luar negeri. Tim profesional kami juga akan memastikan bahwa semua dokumen dan syarat yang dibutuhkan sudah kamu penuhi. Dengan begitu, kamu bisa langsung berangkat ke negara tujuan.

Atur waktu sebaik mungkin jika mengurus secara mandiri. Bila kamu datang pada waktu di luar jadwal tersebut, petugas imigrasi akan langsung menolak memberikan layanan. Konsekuensi terlambat atau terdapat pembatalan adalah kamu harus mendaftar lagi dengan cara menunggu hingga 30 hari dari permohonan terakhir.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan