Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
catat! ini perbedaan akademi dan universitas

Catat! Ini Perbedaan Akademi dan Universitas

Beranda / Perkuliahan / Catat! Ini Perbedaan Akademi dan Universitas

Bagi Anda yang saat ini masih duduk di jenjang pendidikan SMA maupun SMK wajib mempertimbangkan untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi. Oleh karena itu, harus tahu dahulu perbedaan akademi dan universitas.

Hal ini agar Anda bisa menyesuaikannya dengan minat maupun bakat. Informasi kali ini akan membahas beberapa perbedaan yang berkaitan dengan akademi maupun universitas.

Perbedaan Akademi dan Universitas

Pada dasarnya, akademi dan universitas sama-sama institusi yang berhubungan dengan pendidikan. Namun, di bawah ini akan dijelaskan lebih detail tentang keduanya, antara lain:

Fokus Pendidikan

Salah satu perbedaan akademi dan universitas yaitu dilihat dari fokus pendidikan. Universitas adalah satuan pendidikan yang di dalamnya telah menyediakan berbagai jenis ilmu berbeda dalam jumlah tidak terlalu terbatas.

Bentuk universitas ini nantinya memungkinkan untuk menyediakan rumpun ilmu yang paling luas dibandingkan jenis perguruan tinggi lainnya. Sedangkan, akademi tidak sama seperti universitas yang menyediakan banyak program studi untuk berbagai macam rumpun ilmu.

PT berjenis akademi biasanya hanya menyediakan satu cabang ilmu atau program studi berdasarkan nama akademiknya.

Bobot Pembelajarannya

Perbedaan akademi dan universitas selanjutnya dilihat dari proporsi atau bobot pembelajarannya. Universitas dibagi menjadi pendidikan profesi (gelar keahlian khusus), pendidikan akademik (pengembangan ilmu), dab pendidikan vokasi (keahlian bidang terapan).

Tidak heran, jika Anda lebih sering menemukan perguruan tinggi yang berbentuk universitas. Apalagi jika Anda mencari-cari tempat berkuliah di jenjang lebih tinggi, maka universitas bisa menjadi pilihan karena semuanya ada dalam satu tempat.

Sementara itu, untuk Akademi saat ini hanya menyelenggarakan program vokasi hingga jenjang D3 dan tidak menyediakan program profesi D4. Akademi juga kini memang lebih berfokus untuk mencetak tenaga yang lebih berkualitas dengan satu bidang keilmuan saja.

Contoh Universitas dan Akademi

Perbedaan akademi dan universitas dilihat dari contohnya yaitu universitas saat ini memiliki beberapa fakultas dengan banyak jurusan, misalnya Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Kampus ini lokasinya diketahui berada di Gading Serpong, Tangerang, Banten.

UMN sendiri lebih dikenal sebagai salah satu universitas yang telah menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk beberapa rumpun ilmu. Setidaknya saat ini sudah ada sekitar 17 jurusan atau program studi yang telah dikategorikan menjadi 4 fakultas.

Untuk pendidikan akademik di tingkat sarjana (S1), UMN sendiri saat ini telah mempunyai kekuatan beberapa prodi di rumpun ilmu humaniora. Misalnya saja seperti Film dan Animasi serta Desain Komunikasi Visual (DKV).

Dalam rumpun ilmu terapan, UMN saat ini sudah memiliki Jurnalistik Digital, Arsitektur, prodi Komunikasi Strategis (Ilkom), Teknik Komputer, Informatika, Sistem Informasi, dan lainnya. Sementara itu, jenjang magister (S2) kini sudah ada prodi Magister Ilmu Komunikasi (MIK) dan Magister Manajemen Teknologi (MMT).

Sedangkan, akademi yang saat ini ada di Indonesia umumnya hanya diselenggarakan oleh lembaga maupun instansi pemerintahan. Beberapa contoh dari akademi yang saat ini sangat populer adalah Akademi Polisi (Akpol), Akademi Meteorologi, Akademi Militer (Akmil), dan Geofisika (AMG), Akademi Keperawatan (Akper).

Bergabung dengan ICAN agar Lulus di Akademi maupun Universitas!

Bagi Anda yang saat ini ingin masuk ke Akademi maupun Universitas maka perlu beberapa persiapan. Salah satunya bahasa Inggris, setidaknya Anda harus bisa memahami beberapa kosakata dalam bahasa Inggris.

Salah satu instansi yang bisa membantu Anda mempelajari kosakata bahasa Inggris adalah ICAN. Instansi ini nantinya akan memberikan Anda berbagai macam kemudahan yang berhubungan dengan bahasa Inggris.

Selain bahasa Inggris, ICAN juga menyediakan kursus pelatihan lainnya. Jadi Anda nantinya akan terbantu jika bergabung dengan agen pendidikan luar negeri dan tidak bingung lagi dengan perbedaan akademi dan universitas.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan