Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
ican education mengenal sistem pendidikan di luar negeri

ICAN Education: Mengenal Sistem Pendidikan di Luar Negeri

Beranda / Bacaan Umum / ICAN Education: Mengenal Sistem Pendidikan di Luar Negeri

Sebelum menentukan dan memilih tempat kuliah di luar negeri. Ada baiknya kamu mengenal sistem pendidikan di luar negeri mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi.

Sistem Pendidikan di Luar Negeri

Pada setiap negara di dunia memiliki sistem pendidikan yang berbeda-beda. Wajib disimak informasi bagaimana sistem pendidikan di berbagai negara, untuk kamu yang ingin berkuliah di luar negeri. Berikut informasinya :

Australia

Sekolah di Australia dibagi menjadi 2 golongan, yaitu sekolah negeri dan swasta. Kebanyakan sekolah bertipe “Co-educational” (menerima pelajar pria dan wanita) dengan pengecualian beberapa sekolah menengah swasta.

Secara umum, lamanya pendidikan dasar dan menengah di Australia sama dengan di Indonesia, yaitu 12 tahun. Wajib belajar di Australia adalah sampai dengan kelas 10. Kelas 11 dan 12 disebut sebagai Senior Secondary. Setelah lulus dari kelas 12, pelajar akan mendapatkan kualifikasi Senior Secondary Certificate of Education dari negara bagian masing-masing; yang diakui untuk masuk ke Universitas di Australia maupun di luar negeri.

Baca juga :
International Education Expo ICAN, Konsultasi Kuliah Lebih Mudah!

Singapura

Secara umum, lamanya pendidikan dasar di Singapura sama dengan di Indonesia yaitu 6 tahun, terdiri dari program dasar selama 4 tahun dan diikuti oleh program orientasi selama 2 tahun. Pada akhir tahun keenam, pelajar akan mengikuti ujian PSLE (Primary School Leaving Examination). Kurikulum yang diajarkan lebih memfokuskan pada pengajaran bahasa Inggris, bahasa ibu seperti China, Melayu atau Tamil, serta pelajaran matematika, pengetahuan alam, music, seni rupa dan kerajinan tangan, olah raga dan pendidikan sosial.

Setelah lulus ujian PSLE, pelajar akan meneruskan ke sekolah menengah dengan kurikulum ‘O’ level selama 4 tahun atau ‘N’ level selama 5 tahun, sesuai dengan kemampuan individu. Kurikulum ini mencakup bahasa Inggris, bahasa ibu, serta pelajaran matematika, science dan humanities. Pada tahun ketiga, pelajar dapat memilih untuk mengambil kelas kesenian, science, ilmu tata niaga atau jurusan teknik. Ujian akhir yaitu Singapore-Cambridge General Certificate of Education ‘Ordinary’ (CGE ‘O’ level) atau ‘Normal’ (CGE ‘N’ level). Melalui kurikulum ini, pelajar dilatih dan diajarkan cara berpikir kritis.

Malaysia

Di Malaysia, ada beberapa macam tipe sekolah, yaitu Sekolah Menengah Kebangsaan yang memakai bahasa Melayu sebagai pengantar, dan Sekolah Jenis Kebangsaan yang menggunakan bahasa Inggris, Mandarin atau Tamil sebagai pengantar. Secara umum, lamanya pendidikan dasar di Malaysia sama dengan di Indonesia yaitu 6 tahun.

Pada akhir tahun keenam, palajar akan mengikuti UPSR (Ujian Penilaian Sekolah Rendah). Setelah lulus UPSR, pelajar meneruskan ke sekolah menengah yang boleh dibagi menjadi 2 tingkat. Tingkatan 1 sampai 3 disebut dengan Menengah Rendah atau form 1-3; sedangkan tingkatan 4 sampai 5 disebut Menengah Atas atau form 4-5 dimana pelajar ditawarkan program khusus seperti sains, sastra dan teknikal.

Selandia Baru

Sekolah di Selandia Baru dimulai dari umur 5 tahun, tahun akademik mereka adalah dari bulan Januari sampai dengan Desember.

Secara umum, lamanya pendidikan dasar dan menengah di Selandia Baru adalah 13 tahun. Primary School sampai dengan year 8, lalu Secondary School sampai year 13. Wajib belajar di Selandia Baru adalah sampai dengan year 10. Setelah year 10, pelajar boleh meneruskan ke Diploma untuk mendalami keahlian tertentu.

Inggris

Secara umum, lamanya pendidikan dasar di Inggris sama dengan di Indonesia yaitu 6 tahun. Setelah lulus dari Sekolah Dasar (Primary Education), pelajar melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah (Secondary Education) yang durasinya selama 4 tahun.

Setelah lulus dari pendidikan wajib 10 tahun ini, pelajar akan menerima sertifikat bernama GCSEs (General Certificate of Secondary Education). Pelajar biasanya mengambil sekitar 10 mata pelajaran yang dinilai (tergantung dari mata pelajaran yang diambil) melalui kombinasi dari tugas dan ujian tertulis.

Amerika Serikat

Secara umum, lamanya pendidikan dasar dan menengah di Amerika Serikat sama dengan di Indonesia yaitu 12 tahun. Pendidikan dasar di Primary Schoolselama 5 tahun, lalu Secondary School selama 7 tahun. Setelah lulus dari kelas 12, pelajar akan mendapatkan High School Diploma yang diakui untuk masuk ke College dan Universitas di Amerika Serikat.

Baca Juga:
Pembukaan Kantor Baru ICAN Education Cabang Bintaro
UOB Privilege Banking Bekerjasama Dengan ICAN Education Consultant Dalam Pendidikan Kuliah Ke Luar Negeri

Swiss

Sistem sekolah wajib biasanya mencakup pendidikan dasar dan pendidikan sekunder. Sebelum itu, anak-anak biasanya pergi ke taman kanak-kanak, tetapi tidak diperlukan. Murid dipisahkan tergantung pada apakah mereka berbicara Prancis, Jerman atau Italia. Pada akhir sekloah dasar (atau di awal sekolah menengah), siswa dipisahkan sesuai dengan kapasitas mereka dan minat karir di beberapa bagian. Siswa yang bercita-cita untuk sebuah karir akademik masuk sekolah tinggi (bernama Gymnasium atau Kantonsschule) harus siap untuk studi lebih lanjut dan matura (biasanya diperoleh setelah 12 atau 13 tahun dari sekolah pada usia 18/19).

Siswa yang berniat untuk mengejar perdagangan atau pekerjaan melengkapi hanya 3 tahun tambahan sebelum memasuki pendidikan kejuruan yang diatur oleh hukum federal dan didasarkan pada kerjasama bisnis swasta yang menawarkan pekerjaan-posisi pendidikan dan sekolah umum yang menawarkan pelajaran sekolah wajib gratis kepada pendidik kerja. Ini “sistem ganda” yang disebut membelah pelatihan akademis dan kejuruan memiliki kelanjutan dalam sistem pendidikan tinggi.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai sistem pendidikan di luar negeri yang perlu untuk kamu ketahui.  Apabila kamu ingin konsultasi secara gratis dalam memilih dan menentukan tempat kuliah di luar negeri, silahkan hubungi konsultan pendidikan luar negeri kami.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan