Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
informasi kuliah bidang lingkungan di australia dan peluang kerja lulusan

Informasi Kuliah Bidang Lingkungan di Australia dan Peluang Kerja Lulusan

Beranda / Perkuliahan / Informasi Kuliah Bidang Lingkungan di Australia dan Peluang Kerja Lulusan

Setiap tahunnya, permintaan lulusan kuliah bidang lingkungan di Australia dan negara lainnya terus meningkat. Pemerintah dan sektor industri sering menghadapi isu terkait apa saja dampak kegiatan manusia terhadap lingkungan.

Ilmu lingkungan berkaitan erat dengan lingkungan sebagai aspek utama yang menyediakan sumber daya untuk manusia supaya kehidupan dapat terus berlanjut. Kegiatan yang dilakukan oleh manusia tanpa adanya pengendalian dampak lingkungan akan meningkatkan suhu pada permukaan bumi dan meningkatkan resiko bencana alam.

Negara-negara maju di berbagai belahan dunia mulai memperhatikan kesejahteraan lingkungan. Pemerintah, Industri, dan PBB merupakan aktor dalam pembangunan dunia membutuhkan lulusan ilmu lingkungan yang mempunyai keahlian untuk mengelola sumber daya alam dan lingkungan berkelanjutan.

Perkuliahan Ilmu Lingkungan di Australia

Australia adalah salah satu negara yang sangat memperhatikan lingkungan berkelanjutan. Negara ini juga mampu memberikan contoh baik ketika melakukan pengelolaan lingkungan atau menetapkan kebijakan terkait lingkungan.

Salah satu contoh baik tersebut adalah kesadaran masyarakat Australia yang mampu menerapkan gaya hidup 3R (reduce, reuse, recycle) dan kebiasaan menggunakan transportasi umum. Dorongan kebijakan dan insentif untuk masyarakat terkait penerapan gaya hidup tersebut menjadi salah satu yang akan kamu pelajari selama kuliah bidang lingkungan di Australia.

Berikut adalah apa saja informasi penting terkait perkuliahan Lingkungan di Australia:

Program Sarjana dan Magister

Terdapat ratusan program sarjana dan Magister bidang lingkungan di Australia, seperti: Biodiversitas, Energi, Manajemen Lingkungan, Konservasi, dan Sumber Daya Alam Berkelanjutan.

Mahasiswa Sarjana (S1) di Departemen Ilmu Lingkungan mempunyai beberapa opsi jurusan, yaitu: Sains Kebumian; Sains Lingkungan; Evolusi, Ekologi, dan Biologi Organisme; Sains Kelautan; Pemodelan Kuantitatif Lingkungan; Studi Keberlanjutan; Manajemen Sumber Daya Lingkungan.

Untuk perkuliahan Magister (S2), pembelajaran yang ditawarkan mengarah pada sains dan program riset. Sedangkan sifat perkuliahannya adalah teknis dan manajemen dalam program coursework. Berikut adalah beberapa pilihan universitas terbaik jurusan Ilmu Lingkungan di Australia:

Ilmu dan Karakter yang Sesuai

Perkuliahan bidang Sains Lingkungan memerlukan kemampuan dalam subjek Biologi dan Kimia. Jadi, jika kamu berminat melanjutkan studi di bidang ilmu lingkungan, kamu dapat meningkatkan kemampuan terkait Biologi dan Kimia dari sekarang.

Apakah harus ada karakter khusus ketika ingin mengambil jurusan Lingkungan? Secara umum, pelajar tidak harus mempunyai karakter khusus. Hanya saja, ada beberapa kemampuan yang penting untuk memperlancar perkuliahan, seperti kemampuan melakukan analisis, mampu memecahkan masalah, mempunyai wawasan luas, mampu berpikir dan bekerja detil serta terstruktur, juga dinamis dan aktif.

Baca juga : Gaji Tinggi Menanti, Prospek Kerja Lulusan Kuliah Australia

Pilihan Universitas

Ada banyak universitas bertaraf internasional di Australia jika kamu ingin kuliah jurusan Lingkungan, seperti: The University of Melbourne, The Australian National University, The University of Sydney, University of Queensland, Monash University, University of New South Wales, University of Western Australia, dan University of Technology Sydney.

Semua pilihan universitas Australia ini mempunyai program studi untuk jenjang perkuliahan Sarjana dan Magister. Perkuliahan berjalan selama 3-4 tahun untuk program Sarjana dan 1-2 tahun untuk program Magister.

Syarat Masuk

Setiap universitas di Australia mempunyai persyaratan berbeda ketika berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru jurusan Lingkungan. Secara umum, berikut adalah syarat masuk untuk program Sarjana:

  • Nilai rata-rata Ujian Nasional jurusan IPA minimal 7,0
  • Nilai IELTS minimal 6.0-6.5
  • Nilai TOEFL minimal 550 atau 80 untuk internet based

Sedangkan mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2, maka dapat memenuhi persyaratan umum berikut:

  • Ijazah S1 Minimal IPK 2,5-3,0
  • IELTS dengan nilai minimal 6,5
  • Nilai TOEFL 580 atau minimal 85 (internet based)

Jika kamu berminat menjalani perkuliahan jurusan Lingkungan di Australia, kamu wajib mengetahui pembukaan pendaftaran di universitas tujuan. Misalnya, program S1 di Monash University dimulai pada akhir bulan Juli. Agar jadwal perkuliahan kamu tidak berantakan, kamu bisa meminta bantuan ICAN Education Consultant sebagai agen perkuliahan luar negeri terbaik.

Baca Juga: Informasi Biaya Kuliah Di University of Queensland

Peluang Kerja Lulusan

Prospek kuliah bidang lingkungan di Australia terbuka lebar, sesuai jurusan tersebut. Ada beberapa pilihan karir yang sangat mungkin untuk lulusan Sains Lingkungan, sebagaimana berikut:

  • Konsultasi lingkungan
  • Peneliti lingkungan
  • Perekayasa lingkungan
  • Manajer lingkungan
  • Ahli biologi lingkungan
  • Ahli konservasi
  • Ahli manajemen limbah
  • Ahli kualitas lingkungan
  • Konsultan keberlanjutan

Secara umum, lulusan Lingkungan di Australia mendapatkan gaji yang terbilang tinggi. Misalnya, bekerja sebagai Konsultan Lingkungan akan mendapatkan gaji sebesar Rp 648 juta per tahun. Sementara untuk posisi Manajer Keberlanjutan dibayar hingga Rp 764 juta per tahun.

Apabila kamu adalah individu yang sangat peduli terhadap lingkungan, kuliah bidang lingkungan di Australia wajib kamu pertimbangkan. Jurusan ini sangat sesuai untuk pelajar yang menyukai sains, seperti kimia dan biologi. Apalagi prospek kerja yang ditawarkan juga sangat luas.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan