Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
ini dia biaya hidup mahasiswa di korea yang harus kamu siapkan!

Ini dia biaya hidup mahasiswa di Korea yang harus kamu siapkan!

Beranda / Perkuliahan / Persiapan Kuliah / Ini dia biaya hidup mahasiswa di Korea yang harus kamu siapkan!

Korea saat ini memang lebih dikenal memiliki kualitas pendidikan yang lebih mumpuni dengan berbagai macam universitas top dunia, seperti SNU & KAIST, dan Yonsei. Selain mendapatkan beasiswa penuh, biaya berkuliah dan biaya hidup mahasiswa di Korea juga mahal.

Meskipun jika dibandingkan dengan negara maju lainnya Korea ini tentunya memiliki biaya hidup yang relatif lebih murah. Namun, tetap saja kamu perlu sekali menyiapkan secara detail terkait besarnya biaya hidup seorang mahasiswa yang tinggal di negara tersebut.

Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa di Korea

Ada beberapa penjelasan yang berkaitan dengan biaya hidup mahasiswa. Berikut ini sudah ada beberapa hal tentang biaya hidup mahasiswa di Korea, antara lain:

1. Biaya Makan

Setiap orang tentunya memiliki alokasi budget yang tidak sama. Hal ini sebenarnya tergantung dari pola makan dan kebutuhan. Namun, di sebuah restoran, harga setiap menunya hanya berkisar di angka 6 ribu hingga 12 ribu won per menu.

Namun, apabila kamu ingin lebih hemat, maka bisa makan di warung setempat. Hal ini tentunya karena memiliki porsi mengenyangkan serta tetap aman bagi kantong.

Sebagai contoh, harga kimbab atau nasi gulung saat ini masih 2 ribu sampai 4 ribu won. Ada juga bulgogi beserta nasi yang berkisar 5 ribu sampai 7 ribu won, nasi beserta mie goreng seharga 3 ribu won dan lainnya.

Sementara itu, jika jamu bisa memasak sendiri, biaya maka yang akan dikeluarkan jauh lebih terjangkau, sekitar 2.500 sampai 5.000 won untuk sekali makan. Biaya hidup mahasiswa di Korea ini tentunya bisa langsung dihemat lagi dengan menjadikan roti seharga seribu won untuk sarapan.

2. Biaya Akomodasi

Saat ini biaya akomodasi, seperti tempat tinggal untuk mahasiswa, ada berbagai macam pilihan. Contohnya saja seperti, gisuksa atau asrama kampus biasanya memiliki biaya sewa sekitar 400 ribu hingga 1,5 juta won per semester atau 3 bulan.

Apabila kamu saat ini memiliki budget lebih, maka juga bisa langsung memilih goshiwon dengan biaya sewa sebesar 150 ribu hingg 280 ribu won per bulanan. Ada juga biaya sewa sebesar 300 ribu hingga 600 ribu won per bulan dengan kamar mandi dalam.

Terdapat pula opsi office tel atau one roomdengan biaya sewa rumah sekitar 400 ribu hingga 1 juta won per bulan. Hal ini tentunya telah dilengkapi dengan fasilitas lemari, dapur, meja, kamar mandi, dan mesin cuci.

Alternatif lainnya, bagi mahasiswa baru juga bisa langsung menyewa rumah dengan tarif hanya sekitar 400 ribu won per bulan saja. Konsep dari hasukjib ini sebenarnya hampir mirip seperti homestay.

Di mana nantinya kamu bisa langsung tinggal dengan keluarga yang ada di Korea serta mahasiswa lain. Jadi akan bisa lebih merasakan keseharian dari keluarga di sana.

3. Biaya Transportasi Publik

Saat ini sudah ada 3 pilihan transportasi publik bagi mahasiswa di Korea Selatan. Pertama, bus dengan tarif reguler saarvihi hanya sekitar 1.200 sampai 1.300 won. Sementara itu, untuk tarif bus express hanya sebesar 2.300 hingga 2.400 won.

Pilihan lainnya yaitu subway dengan tarif yang dikenakan mulai 1.250 won. Kemudian, jika ingin lebih praktis, maka bisa menggunakan taksi mulai 3 ribu won untuk tarif awal.

4. Biaya Internet

Selain itu, ada pula biaya hidup mahasiswa di Korea internet yang nantinya harus dipenuhi dengan membeli paket data seluler. Untuk harga internet sendiri hanya sekitar 66 ribu atau 88 ribu won.

Baca juga : 
Universitas di Korea Jurusan Hukum

Pilihan Akomodasi untuk Mahasiswa di Korea

Salah satu aspek terpenting dalam mengevaluasi potensi tujuan studi di luar negeri adalah jenis akomodasi siswa yang bisa Anda dapatkan. Tentu saja, kamu ingin memiliki tempat tinggal yang aman, tenteram, dan menyenangkan saat kamu memulai perkuliahan di Korea Selatan. Nah, berikut beberapa tips memilih akomodasi yang tepat di Korea!

Tinggal di Dormitori Kampus

Meskipun beberapa mahasiswa memilih untuk tinggal di luar kampus, biasanya dengan sekelompok teman di akomodasi sewaan, asrama universitas di Korea Selatan adalah pilihan yang sangat populer bagi mahasiswa yang baru pertama kali belajar. Banyak asrama yang menyediakan kamar dan makanan, yang dapat membantu siswa yang tidak ingin memasak sendiri. Biasanya mahasiswa yang tinggal di asrama berbagi kamar dengan satu hingga tiga orang lainnya dan kamar tersebut sudah dilengkapi perabotan. Kamar mandi dapat digunakan bersama di lantai atau menyatu dengan ruangan, tergantung pada apa yang ditawarkan universitas. Selalu ingat untuk menanyakan kepada calon universitas mengenai pilihan apa saja yang tersedia, termasuk aksesibilitas.

Menyewa Goshiwon

Goshiwon adalah kamar kecil berperabotan lengkap yang dirancang untuk menyediakan fasilitas dasar yang diperlukan untuk hidup. Kamar ini merupakan pilihan yang lebih murah dibandingkan akomodasi universitas, namun perlu diketahui bahwa kamar tersebut tidak memiliki banyak ruang. Kamu dapat menyewa goshiwon secara pribadi atau melalui universitas jika mereka menawarkan layanan tersebut.

Tinggal di Hasukjip

Hasukjip adalah bentuk akomodasi yang sedikit lebih tua dan sangat mirip dengan pilihan homestay. Gaya akomodasi ini banyak digunakan oleh pelajar. Mereka hampir selalu dijalankan oleh ajumma (wanita tua yang sudah menikah) yang memasak sarapan dan makan malam setiap hari. Ini bisa menjadi hal yang baik bagi siswa yang tidak ingin memasak atau khawatir akan rindu kampung halaman.

Baca juga :
Berbagai Kampus Internasional Di Korea

Tips Hidup Hemat untuk Mahasiswa di Korea

Agar lebih mudah dalam mengelola keuangan, sebaiknya jika seluruh pemasukan serta pengeluaran bulanan dicatat dengan lengkap dan teliti. Hal ini bertujuan agar mampu mengetahui kondisi keuangan atau arus kas.

Selain itu, juga memastikan pengeluaran tidak lebih besar jika dibandingkan dengan pemasukan. Apabila dilakukan bulanan sebenarnya terasa terlalu ribet, oleh karena itu tidak ada salahnya untuk langsung mengecek arus kas secara mingguan.

Hal ini tentunya agar lebih mudah mengontrolnya. Jika kamu ingin lebih mudah mengetahui biaya hidup di Korea maka bisa langsung bergabung dengan ICAN Education Consultant. ini tentunya akan memberikan kemudahan untuk semuanya orang dalam mengetahui biaya hidup mahasiswa di Korea.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan