Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
kehidupan siswa di australia, seperti apa

Kehidupan Siswa di Australia, Seperti Apa?

Beranda / Bacaan Umum / Kehidupan Siswa di Australia, Seperti Apa?

Mempersiapkan kuliah di luar negeri tidak hanya terkait biaya dan kurikulum pendidikannya saja. Namun, perlu pula mengetahui dan memahami sistem sosial serta kehidupan di negara tersebut. Misalnya apabila kuliah di Australia. Maka, para calon mahasiswa perlu mengetahui dan memahami kehidupan di Australia.

Hal tersebut perlu dilakukan agar mampu bersosialisasi di negara Australia. Karena tentunya akan banyak perbedaan sosial serta budaya antara negara Indonesia dan negara Australia. Apabila tidak mencoba menyesuaikan diri. Maka dikhawatirkan tidak dapat melakukan sosialisasi serta adaptasi dengan baik selama menetap di negara tersebut.

Kehidupan di Australia: Sistem Pendidikan

Hal utama yang wajib diketahui oleh calon mahasiswa adalah terkait sistem pendidikannya. Perlu dipahami bahwa sistem pendidikan di Indonesia dan Australia memiliki perbedaan. Bukan hanya di kurikulum saja, tetapi di aspek lainnya seperti struktur pendidikan. Inilah beberapa sistem pendidikan di Australia yang perlu diketahui!

Kurikulum

Seperti yang diketahui, sistem kurikulum di Indonesia terlihat cukup padat. Pasalnya, siswa akan diberikan kurikulum yang cukup padat sejak kelas 1 SD. Terlebih saat ini yang sudah memasuki kurikulum baru. Siswa SD sudah dituntut untuk memahami beberapa materi yang banyak serta rumit. Namun, hal tersebut tidak berlaku di Australia.

Pasalnya, di Australia biasanya hanya memberikan mata pelajaran sekitar 6-7 saja setiap semesternya untuk siswa SMA. Berbeda dengan Indonesia yang memberikan sekitar 10-12 mata pelajaran setiap semesternya. Selain itu, tingkat pendidikan di universitas Australia pun lebih mendekatkan kepada kebutuhan industri untuk mempersiapkan karir di masa depan.

Struktur Pendidikan

Selain kurikulumnya, struktur pendidikan di Australia cukup berbeda dengan Indonesia. Australia menggunakan istilah Year untuk struktur pendidikannya. Sekolah dasar dilakukan sampai year 6 atau year 7. Sedangkan untuk SMP adalah year 7 atau year 8 sampai dengan year 10. Lama pendidikan SMP adalah sekitar 3 sampai 4 tahun.

Sedangkan untuk SMA adalah year 11 dan year 12. Di Australia, tidak ada sistem akselerasi. Sehingga, semua siswa melewati jenjang pendidikan yang sama. Untuk jenjang kuliah, tidak berbeda jauh dengan Indonesia. Australia pun memiliki program vokasi yang orientasinya kepada praktik. Hal tersebut sama dengan Indonesia yang biasanya terdapat di politeknik.

Tahun Akademik

Tahun akademik di Indonesia biasanya dalam satu tahun dibagi menjadi dua semester. Awal tahun akademik akan dimulai pada pertengahan tahun atau bulan Juli. Sedangkan untuk universitas, biasanya diadakan pada bulan Agustus. Hal tersebut ternyata berbeda dengan sistem tahun akademik di negara Australia.

Di Australia, awal tahun akademik adalah pada bulan Januari atau Februari. Satu tahun dibagi menjadi 4 term (SD, SMP, dan SMA). Untuk jenjang kuliah, satu tahun biasanya akan dibagi menjadi dua sampai tiga semester. Awal tahun akademik akan berlangsung pada Februari, Juni, atau November.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar perkuliahan di negara ini, kamu bisa melakukan konsultasi kuliah luar negeri di ICAN Education Consultant. Tim kami akan memberikan informasi lengkap agar kamu bisa memahaminya lebih awal.

Baca Juga: Pendaftaran Kuliah di Australia

Kehidupan di Australia: Kehidupan Sosial

Selain sistem pendidikan, calon mahasiswa di Australia sebaiknya memahami pula kehidupan di Australia. Karena bagaimanapun, siswa dan mahasiswa internasional akan menetap di negara ini. Sehingga, akan bersosialisasi dengan masyarakat di negara Australia. Simak beberapa kehidupan sosial Australia di bawah ini!

Pekerjaan Paruh Waktu

Sama halnya dengan Indonesia, negara Australia pun menyediakan pekerjaan paruh waktu untuk mahasiswa yang masih dalam perkuliahan. Di Australia, biasanya mahasiswa internasional dapat bekerja paruh waktu selama 20 jam per minggu. Tentunya, pekerjaan paruh waktu ini dimaksudkan untuk menambah uang saku selama di Australia.

Biaya Hidup

Untuk menghemat pengeluaran, sebaiknya memasak makanan sendiri di tempat tinggal selama di Australia. Harga sembako di Australia adalah 2,81 AUD untuk roti tawar, beras 1 kg seharga 2,73 AUD, telur (1 lusin) seharga 4,77 AUD, dan daging ayam (1 kg) seharga 10,00 AUD. Biaya tersebut terbilang jauh lebih hemat dibandingkan dengan makan di restoran.

Kehidupan di Australia menjadi hal penting untuk diketahui oleh para calon pelajar di negara ini. Pasalnya, kehidupan di Australia tentunya akan cukup berbeda dengan Indonesia. Sehingga, sebaiknya persiapkan pula hal tersebut sebelum menetap di negara Australia. Agar lebih nyaman dalam bersosialisasi bersama masyarakat Australia.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
Macquarie
Auckland
Study in SIngapore

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan