Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
bisakah kerja sambil kuliah di korea

Bisakah Kerja Sambil Kuliah di Korea?

Beranda / Bacaan Umum / Bisakah Kerja Sambil Kuliah di Korea?

Kerja sambil kuliah di Korea sudah menjadi hal yang biasa, namun bagi siswa internasional tentunya ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan agar diizinkan bekerja paruh waktu di sela-sela waktu kuliah.

Meskipun kamu sudah mendapatkan beasiswa dari universitas ternama di Korea, ada kalanya, kamu mungkin memerlukan uang saku tambahan dan tidak bisa hanya mengkamulkan beasiswa. Itulah kenapa bekerja paruh waktu bisa menjadi solusi terbaik saat kamu kuliah disana.

Cara Agar Bisa Kerja Sambil Kuliah di Korea

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan jika kamu ingin bekerja sambil kuliah di Korea Selatan.

Memiliki Visa D-2

Agar bisa kerja sambil kuliah di Korea Selatan, kamu harus memiliki visa jenis D-2. Dengan memiliki visa ini maka kamu bisa bekerja secara legal sambil kuliah di Korea.

Dengan visa D-2 kamu bisa langsung bekerja setelah masuk kuliah disana. kamu juga bisa bekerja dengan menggunakan visa D-4 namun kamu harus terlebih dahulu menyelesaikan satu semester kuliah dengan minimal kehadiran 90%.

Baca juga : Apa Saja Jurusan Kuliah Yang Bisa Ke Korea?

Mematuhi Peraturan Kerja

Ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi mahasiswa jika mereka jngin kuliah. Pertama mereka harus bekerja di tempat-tempat yang sudah legalkan untuk siswa bekerja diantaranya adalah minimarket, restauran, konter pulsa, laundry, lembaga kursus bahasa, kafe, kantor administrasi kampus dan tempat-tempat sejenis.

Selain itu, waktu kerja tidak boleh melebihi 80 jam dalam sebulan. Oleh karena itu, mahasiswa yang ingin bekerja harus benar-benar memperhatikan dimana dan berapa lama mereka akan bekerja.

Peraturan-peraturan tersebut banyak yang masih dilanggar oleh bebrapa mahasiswa yang ingin mendapatkan gaji lebih. Biasanya mereka bekerja di pabrik dengan jam kerja lebih dari 80 jam sebulan. Hal itu mereka lakukan agar mendapatkan gaji yang lebih besar.

Akan tetapi hal itu tidak boleh dilakukan karena kebijakan bagi mahasiswa yang ingin bekerja sudah ditentukan, jadi siswa harus bekerja sesuai dengan peraturan yang ada.

Mengatur Waktu

Antara kuliah dan bekerja harus dilakukan sesuai porsinya agar prestasi dalam kuliah bisa ditingkatkan. Terlebih lagi jika kamu kuliah dengan beasiswa, tentunya kamu harus benar-benar memperhatikan nilai agar tidak sampai jelek.

Bekerja dan kuliah secara bersamaan tidaklah mudah. Fokus dan konsentrasi kamu akan terbagi dan waktu untuk belajar dan istirahat pun berkurang. Oleh sebab itu, pilihlah pekerjaan yang bisa dilakukan dengan santai meskipun gajinya tidak terlalu besar, misalnya menjadi penjaga minimarket.

Baca Juga : Pilihan Universitas Di Seoul Yang Murah

Pilihan Pekerjaan Paruh Waktu di Korea

Bekerja paruh waktu di Korea Selatan dapat menambah pengalaman di dalam resume kamu dan menjadi referensi positif ketika melamar pekerjaan penuh waktu.

Ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih ketika ingin kuliah sambil kerja di Korea:

  • Kasir
  • Sales Associate 
  • Package Handler 
  • Part Time Teacher
  • Part Time Tutor
  • Administration Supporter
  • Part-time Research Assistant

Siswa yang ingin mencari pekerjaan paruh waktu di Korea Selatan harus telah menyelesaikan setidaknya satu semester studi mereka sebelum mereka dapat melakukannya.

Salah satu kemungkinan terbaik bagi siswa adalah bekerja paruh waktu karena memberi mereka banyak pengalaman dan dukungan finansial.

Sebagai bagian dari kurikulum mereka, banyak sekolah dan universitas di Korea Selatan juga menawarkan magang kepada siswanya. Siswa dapat melanjutkan studi mereka sambil juga mendapatkan uang melalui magang.

Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja

Salah satu alasan kenapa mahasiswa internasional memutuskan untuk bekerja sambil kuliah adalah karena mereka membutuhkan tambahan uang saku. Biaya hidup di Korea Selatan tidaklah murah karena negara tersebut masuk ke dalam daftar salah satu negara dengan biaya hidup termahal.

Jika kamu mendapatkan beasiswa, mungkin kamu masih membutuhkan uang saku tambahan untuk biaya sehari-hari. Meskipun sudah mendapatkan uang saku dari beasiswa, biasanya masih kurang untuk beberapa keperluan lainnya.

Sulitnya berkuliah sambil bekerja mungkin membuat kamu bingung bagaimana memulainya, jadi kamu bisa mencari tempat konsultasi kuliah luar negeri. ICAN Education Consultant bisa menjadi tempat yang tepat untuk menghilangkan segala kebingungan yang kamu agar bisa mengatur waktu kuliah sambil bekerja.

Dengan berkonsultasi pada agen yang tepat, merencakan kerja sambil kuliah di Korea akan jauh lebih mudah. kamu bisa lebih matang dalam mengatur hal-hal yang perlu dipersiapkan baik itu fisik maupun psikologis.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan