Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Apa Saja Keunggulan Sistem Pendidikan di Singapura?

Apa Saja Keunggulan Sistem Pendidikan di Singapura?

Beranda / Bacaan Umum / Apa Saja Keunggulan Sistem Pendidikan di Singapura?

Keunggulan sistem pendidikan di Singapura menjadikannya salah satu negara yang banyak dituju untuk menempuh atau melanjutkan pendidikan. Selain itu, di negara ini pun memiliki kualitas udara yang bersih sehingga menjadikan orang-orang yang tinggal disana merasa nyaman.

Sistem pendidikan di Singapura juga sangat dihormati karena penekanannya yang kuat pada keunggulan akademik, penelitian, dan pembelajaran praktis. Universitas-universitas di Singapura mendorong pendekatan multidisiplin dalam pendidikan, mengintegrasikan pengetahuan teoretis dengan penerapan praktis. Pendekatan ini membekali siswa dengan keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan untuk unggul dalam bidang pilihan mereka.

Keunggulan Sistem Pendidikan di Singapura

Tentu bukan tanpa alasan negara ini menjadi favorit oleh banyak orang untuk menempuh pendidikan. Salah satunya yaitu keunggulan sistem pendidikan yang mereka miliki. Adapun kelebihannya tersebut adalah sebagai berikut!

Sistem pendidikan terbaik Asia Tenggara

Singapura menjadi negara dengan peringkat pertama dalam sistem [pendidikan terbaik yang ada di kawasan Asia Tenggara. Sehingga tidak heran, apabila negara ini banyak menjadi tempat tujuan melanjutkan pendidikan dengan peringkat tinggi oleh mahasiswa internasional.

Selain itu, negara ini pun mendapatkan peringkat kedua di kawasan Asia dalam kualitas pengajaran. Bahkan terdapat beberapa universitas di Singapura yang banyak dipilih oleh mahasiswa internasional dari berbagai penjuru dunia. Bahkan para mahasiswa pun dapat belajar mengenai ragam budaya dari berbagai negara.

Kualitas pengajar

Para pengajar yang memberikan mengajar di kampus maupun di sekolah-sekolah merupakan lulusan terbaik. Di Negara ini menganggap bahwa kualitas guru atau pengajar menjadi kunci utama dalam mencapai sistem pendidikan dengan standar internasional.

Tidak hanya itu saja, negara ini pun bahkan berani untuk membuka lowongan pengajar dari luar untuk memenuhi kuota pengajar. Sehingga para murid atau mahasiswa yang belajar di negara ini mendapatkan pendidikan terbaik.

Fasilitas terbaik dan lengkap

Semua kebutuhan pendidikan yang dibutuhkan oleh murid tersedia lengkap sekaligus terbaik. Baik dari sisi perpustakaan, ruang kelas, fasilitas olahraga, ruang interaksi, kantin, dan lain sebagianya. Dengan begitu, para peserta didik dapat belajar dengan nyaman dan tenang.

Tanpa merasa bingung atau khawatir mengenai kualitas sekolah. Hal tersebut pun dapat membantu para murid atau mahasiswa belajar dengan fokus.

Terdapat bimbingan bakat terpadu

Setiap orang yang bersekolah di Singapura mendapatkan penguasaan dan arahan yang sesuai dengan bakatnya. Dimana hal tersebut dimulai dari mereka menginjak pendidikan sara sampai dengan sekolah atas. Hal tersebut dilakukan supaya seluruh siswa mendapatkan hasil yang optimal dan sesuai dengan bakat yang mereka miliki.

Tes ujian ketat

Para siswa yang hendak melanjutkan studinya ke universitas di negara ini, wajib mengikuti seleksi masuk. Akan tetapi, ujian yang diselenggarakan oleh negara ini cukup terbilang ketat. Sehingga banyak siswa yang mengambil kursus selain belajar dengan giat di sekolah.

Selain itu, para siswa di negara ini jika tidak berhasil lolos dalam seleksi masuk dengan nilai terbaik. Maka mereka akan dibebaskan untuk kuliah ke luar negeri sesuai dengan kemampuan orangtuanya. Termasuk nantinya, mereka dapat mencari beasiswa untuk pendidikan yang sedang mereka tempuh.

Kurikulum yang diterapkan

Setiap negara atau bahkan lembaga memiliki kurikulum tersendiri, termasuk di Singapura. Negara ini menerapkan kurikulum yang menghargai setiap kemampuan, minat, dan bakat siswa miliki. Selain itu, negeri ini pun telah menerapkan sistem yang menitberakan apda pengemabngan kemampuan dan minat sosial para siswa.

Dengan menerapkan sistem pembelanjaan ini, Pemerintah Singapura berharap bahwa siswa dapat menjadi lebih berkembang dari berbagai sisi, baik kemampuan maupun minat sosialnya. Selain itu, para siswa pun tidak merasa terbebani dengan hasil ujian yang berupa angka, skor, maupun nilai. Dimana hal tersebut sering menjadi tolak ukur prestasi di banyak lembaga pendidikan.

Kesempatan dalam mengemabngkan bakat

Kebanyakan kampus yang ada di negara ini memiliki keunggulan dalam mengajar bahasa Mandarin dan Inggris. Dimana dua bahasa tersebut menerapkan dua bahasa utama yang banyak dicari oleh perusahaan saat nanti hendak bekerja.

Tidak hanya itu, kampus-kampus yang ada di Singapura pun unggul dalam bidang pendidikan sains maupun matematika. Bahkan kebanyakan kampus yang berada di Universitas Singapura menerapkan nilai tambahan untuk aktivitas ekstrakurikuler. Seperti halnya , seni, olahraga, dan lain sebagainya.

Baca juga : Seputar Kuliah Perhotelan Di Singapura

Biaya Pendidikan Terjangkau di Singapura

Seperti yang diketahui, Singapura menjadi salah satu negara dengan biaya hidup yang lumayan tinggi. Akan tetapi, untuk biaya pendidikan di negeri ini terbilang relatif terjangkau karena pemerintah memberikan subsidi. Dimana hal tersebut mencakup biaya transportasi, penunjang kelancaran sekolah, dan lain sebagianya.

Bahkan pemerintah Singapura pun mengatakan bahwa keterbatasan ekonomi yang dimiliki oleh sebuah keluarga bukanlah alasan untuk tidak sekolah atau menimba ilmu. Dengan begitu, tidak heran apabila negara ini disebut-sebut sebagai negara yang menaruh perhatian tinggi terhadap pendidikan.

Keunggulan sistem pendidikan di Singapura yaitu kualitas pengajar, fasilitas terbaik dan lengkap, terdapat bimbingan bakat terpadu, tes ujian ketat, dan lain sebagainya. Selain itu, biaya yang ditawarkan oleh beberapa lembaga pendidikan di negara ini cukup terjangkau.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Bekasi
Macquarie
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan