Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
kuliah animasi di luar negeri, apa yang dipelajari

Kuliah Animasi di Luar Negeri, Apa yang Dipelajari?

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Kuliah Animasi di Luar Negeri, Apa yang Dipelajari?

Animasi adalah salah satu teknik paling populer yang digunakan dalam pembuatan film, dan animasi. Namun demikian, industri ini mencakup lebih dari sekadar fitur animasi. Animator juga mengerjakan video game, iklan, dan serial televisi. Kuliah animasi di luar negeri akan mempersiapkan kamu untuk meniti karir yang baik di bidang ini.

Lulusan dengan gelar sarjana animasi dapat bekerja sebagai desainer game, seniman VFX, dan pemodel 3D. Animator juga bekerja di luar industri hiburan. Animator medis membuat animasi untuk menunjukkan cara kerja sel, dan animator forensik menggunakan keterampilan mereka untuk mereplikasi TKP untuk membantu penyelidikan.

Seperti Apa Kuliah Animasi di Luar Negeri?

Siswa yang mengejar gelar sarjana animasi mengambil kursus, seperti pemodelan 3D dan desain karakter, pengenalan seni gerakan, menulis untuk animasi, dan menggambar kehidupan tingkat lanjut. Beberapa kurikulum juga mencakup sejarah dan analisis animasi.

Beberapa sekolah menawarkan Bachelor of Art (BA) dalam animasi, sementara yang lain menawarkan Bachelor of Fine Arts (BFA). Program BA sering kali memasukkan lebih banyak kursus seni liberal di luar jurusan. Siswa dalam program ini mempelajari animasi sambil mengambil kelas dalam sejarah, sosiologi, dan ilmu kehidupan. Sebaliknya, program BFA lebih menekankan pada pelatihan artistik dan teknis.

Baik BA dan BFA dalam program animasi mengajarkan siswa untuk membuat karya animasi. Sebagian besar program memberikan pelatihan dalam berbagai jenis animasi, seperti animasi 2D dan 3D, stop motion, dan grafik gerak. Siswa juga mengembangkan kemahiran dalam menggunakan perangkat lunak animasi, seperti Adobe Suite.

Beberapa kursus yang biasanya didapat oleh siswa adalah

  • 3D Animation
  • 3D Design and Modeling
  • Animation
  • Digital Cinema Production
  • Digital Sound Design
  • Editing
  • Figure Drawing
  • Hand-Drawn Animation
  • History of Animation
  • History of Cinema
  • Illustration
  • Motion Graphics
  • Screenwriting
  • Storyboarding and Narrative Development
  • Visual Design

Sebagian besar siswa membutuhkan empat tahun untuk mendapatkan gelar sarjana dalam bidang animasi. Banyak program mengharuskan siswa untuk menyelesaikan 57-78 kredit dalam jurusan, selain mata kuliah inti. Meskipun beberapa lulusan sarjana dalam program animasi mengejar MFA, banyak lulusan memulai karir mereka tanpa mendapatkan gelar tambahan.

Untuk langkah pertama kuliah di bidang animasi, kamu harus memilih universitas terbaik untuk program ini. Konsultasi kuliah luar negeri adalah langkah pertama agar kamu bisa menemukan kampus terbaik. Konsultasi ini bisa kamu dapatkan di ICAN Education Consultant dengan menghubungi tim kami.

Baca juga:
Universitas Jurusan Animasi Terbaik di Dunia

Negara Terbaik untuk Memulai Karir di Bidang Animasi

Seorang animator berbakat memiliki kemampuan untuk menciptakan karya yang sangat menarik dan diminati oleh semua orang. Kuliah animasi di luar negeri menjadi salah satu pilihan bagi banyak siswa yang tertarik di bidang ini.

Memulai karir di bidang animasi akan sangat kompetitif. Namun, negara mana yang terbaik untuk memulai karir dalam bidang animasi? Beberapa negara yang membayar sangat cukup untuk seorang animator adalah Tokyo, Spanyol, Prancis, Jerman, China, Korea Selatan, dan Swedia.

Jika kamu akan melamar pekerjaan di bidang ini, kamu harus menunjukkan portofolio yang lengkap dan tentunya CV singkat. Jangan tunjukkan pekejeraan yang belum selesai atau sesuatu yang menurut kamu belum sempurna.

Untuk CV, pastikan kamu membuatnya tetap ringkas, yaitu tidak lebih dari satu halaman A4. Studio menerima banyak permintaan pekerjaan magang dan animasi, jadi buatlah secara singkat. Buat daftar perangkat lunak yang saat ini kamu gunakan dan tingkat keahliannya.

Tambahkan juga setiap bidang animasi / desain / ilustrasi / media yang telah kamu pelajari. Soroti kursus yang sedang kamu tangani atau keterampilan yang sedang dikerjakan di waktu luang kamu. Ditambah daftar pengalaman industri apa yang kamu miliki hingga saat ini.

Seputar Kuliah Jurusan Animasi

Untuk kamu yang gemar menggambar dan suka menonton film animasi, jurusan ini sangat cocok untuk kamu pilih. Hal tersebut karena, di jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai teknik menggambar digital, sperti di bawah ini.

Teknik menggambar dasar

Hal pertama yang akan kamu pelajari yakni, teknik menggambar dasar. Pada tahapan ini kamu akan diberikan pembelajaran mengenai berbagai gambar dasar seperti cara membuat tubuh manusia yang baik dan benar serta cara menggambar objek pendukung lainnya.

Proses ide kreatif

Selanjutnya, kamu juga akan belajar mengenai proses ide kreatif. Pada tahapan ini, kamu akan belajar mengenai cara mengembangkan ide-ide dengan kreatif. Ide-ide tersebut meliputi karakter serta plot cerita yang ingin diangkat.

Baca juga : Sekolah Animasi Terbaik di Dunia

Teknik menggambar 2D

Kemudian, kamu juga akan belajar mengenai teknik menggambar 2 dimensi. Teknik ini bisa diterapkan untuk game, animasi film, dan sebagainya. Setelah itu, akan dilanjutkan ke teknik menggambar 3D

Kuliah animasi di luar negeri dapat dijadikan sebagai pilihan untuk kamu yang memiliki minat dan bakat di bidang ini. berbagai informasi di atas akan cukup membantu kamu dalam memilih serta mengetahui serba serbi berkuliah animasi.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan