Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Kuliah Jurusan Psikologi, Ini yang Dipelajari!

Kuliah Jurusan Psikologi, Ini yang Dipelajari!

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Kuliah Jurusan Psikologi, Ini yang Dipelajari!

Kuliah jurusan Psikologi akan membantu kamu untuk mempelajari tentang diri sendiri dan orang lain. Jurusan psikologi merupakan sebuah program studi yang meneliti tentang aspek-aspek mental, pikiran, dan perilaku manusia. Dalam bidang ini, dipelajari bagaimana pikiran manusia bekerja dan bagaimana hal tersebut memengaruhi perilaku sehari-hari. 

Pemahaman tentang pola pikir seseorang berhubungan langsung dengan tindakan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan untuk menganalisis pola pikir dan perilaku memungkinkan lulusan psikologi untuk menangani masalah sosial yang kompleks dalam masyarakat.

Nah, di Indonesia sendiri, jurusan Psikologi menjadi salah satu program studi yang cukup banyak diminati oleh generasi muda saat ini. Kesadaran bahwa pentingnya menjaga kesehatan mental dan memahami diri sendiri semakin besar di kalangan generasi muda, sehingga jurusan Psikologi bisa menjadi salah satu  jalan keluar.

Belajar Apa Saja Di Jurusan Psikologi?

Jika kamu tertarik untuk mengambil program studi psikologi,  maka ada banyak hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu, salah satunya apa saja yang dipelajari dalam jurusan tersebut. Berikut ini rincian apa saja yang akan kamu pelajari di jurusan Psikologi mulai dari semester 1 hingga semester 8.

Masuk Semester 1

Awal perkuliahan kamu akan masuk semester pertama, dimana terdapat mata kuliah yang mengulas sejarah dan tokoh-tokoh utama dalam perkembangan Ilmu Psikologi. Di antara mereka terdapat Sigmund Freud, Abraham Maslow, serta Charles Bartlett. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar tentang ilmu Psikologi.

Kamu akan mempelajari konsep-konsep seperti memori, persepsi, emosi, kepribadian, dan stres, serta hakikat ilmu Psikologi secara umum.

Baca juga:
Jurusan Psikologi Di Universitas Luar Negeri

Lanjut Semester 2

Kemudian lanjut pada semester 2,  kamu akan menemukan banyak mata perkuliahan. Sebenarnya mata kuliah semester dua dalam jurusan Psikologi menjadi kelanjutan dari materi yang sudah dipelajari sebelumnya. Pada semester ini, fokus pembelajarannya untuk mengamati perkembangan manusia dari berbagai rentang usia, mulai dari masa anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia.

Ternyata, kondisi fisik, kognitif, dan emosional setiap individu memainkan peran penting dalam membentuk tingkah laku mereka pada setiap tahap perkembangan tersebut. Sebagai contoh, tantrum pada anak-anak sering kali disebabkan oleh kesulitan mereka dalam mengkomunikasikan perasaan dan kebutuhan mereka secara jelas.

Selain itu, kamu juga belajar tentang Teori Kepribadian yang melibatkan tiga pendekatan utama, yaitu Psikoanalisis, Humanistik, dan Behavioral. Setiap pendekatan memiliki sudut pandang yang berbeda dalam menganalisis perilaku individu, yang semuanya memberikan wawasan yang berharga dalam memahami keragaman perilaku manusia. 

Semester 3

Kuliah jurusan Psikologi pada semester 3, kamu  akan diperkenalkan pada berbagai macam cabang ilmu di bidang psikologi mulai dari psikologi sosial, psikologi klinis psikologi pendidikan, psikologis organisasi, hingga psikologi faal. Sekalipun materi yang dipelajari masih bersifat dasar, tetapi kamu akan mendapatkan gambar yang terkait peminatan mana yang sesuai dengan keinginan kamu dan  profesi yang akan  dikejar setelah menyelesaikan pendidikan tinggi. 

Semester 4 dan Semester 5

Masuk di semester 4 dan 5 bisa dikatakan di tengah Portugis kuliahan kamu akan memperdalam pemahaman terkait berbagai macam jenis assessment yang digunakan guna memahami karakteristik maupun kecenderungan gangguan mental pada seseorang. Proses asesmen ini melibatkan tiga metode utama, yaitu observasi, wawancara, dan penggunaan alat ukur psikologis (psychological testing).

Semester 6

Semester 6 fokus mata perkuliahan jurusan Psikologi akan semakin terarah. Jadi mahasiswa akan diberikan kebebasan untuk memilih spesialisasi yang sesuai dengan minat kamu. Jika minatmu ada di bidang industri dan organisasi, mata kuliah Psikologi Industri dan Organisasi mungkin menjadi pilihan yang tepat. Di sini, kamu akan mendalami topik-topik seperti manajemen sumber daya manusia, psikologi konsumen, dan dinamika kerja lintas budaya.

Namun, jika tujuan kamu adalah membantu individu dengan gangguan kesehatan mental, maka spesialisasi dalam Psikologi Klinis adalah kunci. Kamu akan belajar mengenai berbagai jenis gangguan mental melalui referensi seperti buku DSM.

Lanjut Semester 7 dan Semester 8 

Semester 7 dan semester 8 dikatakan sebagai semester akhir. Jadi waktu masuk tahun terakhir perkuliahan jurusan psikologi, seperti halnya jurusan lainnya, kamu akan menghadapi rangkaian seminar proposal, magang, dan menyusun skripsi.

Ketiga tahapan ini menjadi syarat utama untuk meraih gelar Sarjana Ilmu Psikologi (S.Psi). Durasi studi di Jurusan Psikologi berlangsung selama 3,5 sampai 4 tahun.

Baca Juga:
Ini Daftar Ciri-ciri Orang yang Cocok Masuk Jurusan Psikologi!

Mata Kuliah Jurusan Psikologi

Selama menjalani masa perkuliahan jurusan Psikologi, tentu ada beberapa mata pelajaran yang mungkin kamu temui, misalnya seperti berikut:

  • Statistika menjadi salah satu mata perkuliahan yang akan ditemui. Kamu akan tetap mempelajari statistika dasar, yaitu Bagaimana cara menghitung mean, median, dan modus. Tidak hanya itu tetapi kamu juga akan mempelajari bagaimana cara melakukan pengujian hipotesis. 
  • Filsafat dikatakan sebagai mata perkuliahan untuk dasar semua ilmu dan hampir semua jurusan perkuliahan pasti mendapatkan mata perkuliahan yang satu ini. Untuk jurusan Psikologi, kamu akan mengenal beberapa filsuf di dunia dengan teori yang telah dikemukakan.
  • Psikologi kepribadian adalah mata pelajaran yang akan mempelajari mengenai sejarah dan filosofi dasar kepribadian manusia. Mata perkuliahan ini bisa membantu kamu untuk mempelajari pengelompokan kepribadian manusia, termasuk mempelajari kepribadian diri sendiri ya.
  • Psikometri mempelajari teori mengenai pengukuran psikologi. Nantinya kamu akan belajar dengan perhitungan statistika dengan tujuan untuk mempelajari masalah pengembangan teori, serta model tes dan kualitas tes tersebut.
  • Biopsikologi mata  perkuliahan yang diambil dari biologi dan psikologi sehingga menjadi ilmu untuk mempelajari perilaku serta fungsi mental manusia dari sisi biologi. Mata perkuliahan yang satu ini kamu akan mengenal istilah di bidang biologi dan kedokteran.
  • Konstruksi Alat Ukur Psikologi akan membantu kamu untuk mempelajari bagaimana cara pembuatan dan penggunaan serta penentuan berbagai macam jenis alat ukur dalam psikologi.

Masih banyak mata perkuliahan yang mungkin kamu dapatkan, tidak menutup kemungkinan juga mendapatkan beberapa mata perkuliahan tambahan dari pihak kampus. Biasanya satu kampus dengan kampus lainnya memiliki mata perkuliahan jurusan Psikologi yang berbeda-beda.

Baca juga:
Kampus Dengan Jurusan Filsafat Terbaik Di Dunia

Penutup

Kuliah jurusan Psikologi ada banyak sekali hal yang bisa kamu pelajari, semua mengarah  untuk mempelajari diri sendiri dan orang lain. Kamu akan melewati 8 semester, dan masing-masing tingkatan memiliki tugas yang berbeda-beda. 

Jika tertarik untuk mengambil jurusan Psikologi, dapatkan kampus terbaik entah itu di dalam negeri maupun di luar negeri.  Apabila ingin mendapatkan kampus kualitas terbaik untuk jurusan Psikologi, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan agen pendidikan luar negeri terbaik dan profesional ICAN Education. Kamu akan mendapatkan bimbingan dari konselor pendidikan profesional dalam bidang psikologi untuk mendapatkan kampus terbaik.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan