Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
mau kuliah ke malaysia ini rekomendasi kampus terbaik

Mau Kuliah ke Malaysia? Ini Rekomendasi Kampus Terbaik

Beranda / Perkuliahan / Info Universitas / Mau Kuliah ke Malaysia? Ini Rekomendasi Kampus Terbaik

Malaysia tidak hanya menawarkan pesona pariwisata saja. Negeri Jiran ini juga menjadi salah satu negara tetangga Indonesia yang memiliki sistem pendidikan dengan kualitas yang terbaik di Asia. Dekatnya jarak kedua negara ini secara geografis, memungkinkan para pelajar Indonesia untuk melanjutkan kuliah ke Malaysia.

Malaysia merupakan negara federasi yang multikultural, disana masyarakat internasional melakukan aktivitas di berbagai sektor. Termasuk dalam dunia pendidikan, Malaysia menjadi salah satu negara yang diminati oleh pelajar dari berbagai negara. Disana kamu bisa memilih untuk kuliah di kampus negeri atau kampus swasta. Berikut ini daftar universitas di Malaysia.

3 Kampus Negeri di Malaysia

Kampus Negeri akan selalu menjadi pertimbangan pertama saat akan melanjutkan pendidikan. begitu pula saat akan kuliah di Malaysia, terutama bagi pelajar yang menargetkan kuliah dengan biaya pendidikan yang terjangkau. Pasalnya jika dibandingkan, kampus swasta akan memakan biaya yang tinggi dibandingkan dengan kampus negeri pada umumnya.

1. Universiti Teknikal Malaysia Melaka

Salah satu universitas negeri yang menawarkan biaya pendidikan yang cukup terjangkau adalah UteM dengan memakan biaya sebesar RM 4000 per tahun. Kampus yang terkenal dengan kemutakhiran fasilitasnya memiliki sepuluh fakultas. Di dalamnya termasuk juga Institut Manajemen Teknologi dan Kewirausahaan serta Fakultas Teknik Elektro.

2. Universiti Sains Islam Malaysia

Kampus negeri lainnya yang bisa kamu pilih untuk tujuan kuliah ke Malaysia adalah Universitas Sains Islam Malaysia. Kampus yang memulai kegiatannya pada tahun 1998 ini merupakan salah satu universitas milik negara yang didanai oleh pemerintah Malaysia. Disana terdapat sembilan fakultas, salah satunya yaitu Fakultas Kedokteran Gigi.

3. Universiti Utara Malaysia

Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk kuliah di salah satu kampus negeri bernama Universiti Utara Malaysia. Kampus ini menjadi satu-satunya universitas Pendidikan Manajemen dan meraih peringkat ke-6 di Malaysia. Selain itu, kampus Utara Malaysia ini menawarkan biaya kuliah yang cukup terjangkau yaitu sekitar RM 8.880 per tahun.

Kampus Swasta di Malaysia

Meski demikian kuliah di kampus swasta juga tidak kalah menarik dengan sistem pendidikan yang mumpuni. Walaupun biaya pendidikan yang harus dikeluarkan tentunya lebih besar dibandingkan dengan kampus negeri. Jika kamu berencana kuliah ke Malaysia di kampus swasta, beberapa universitas Malaysia di bawah ini bisa menjadi rekomendasi terbaik.

Universiti Tenaga Nasional

Salah satu kampus swasta terbaik di Malaysia yaitu Universiti Tenaga Nasional yang berlokasi di Selangor. Universitas ini merupakan kampus swasta yang dimiliki oleh perusahaan penyedia listrik se-Asia Tenggara bernama TNB (Tenaga Nasional Berhad). Kampus ini berfokus pada pengembangan pendidikan di sektor energi dalam bentuk akademik maupun pelatihan.

Multimedia University

Kampus swasta lainnya yang bisa kamu pilih yaitu Multimedia University. kampus didirikan pada tahun 1996 oleh penyedia listrik terbesar di Malaysia. Beberapa jurusan yang bisa kamu pilih di kampus ini diantaranya yaitu software engineering, ilmu komputer, seni perfilman, Desain Multimedia, dan masih banyak lagi jurusan lainnya.

Universitas Teknologi Malaysia

Kampus swasta lainnya yang bisa kamu pilih adalah Universitas Teknologi Malaysia. Universitas ini terletak di Kuala Lumpur. UTM ini didirikan secara resmi pada tahun 1975. Kampus utamanya berada di Skudai, Distrik Johor. Sedangkan kampus cabangnya berlokasi di Kuala Lumpur.

Baca Juga: Kamu Suka Bisnis? Masuk Jurusan di Heriot Watt University Malaysia Yuk!

Sebagai universitas yang terkenal di Malaysia UTM menempati peringkat ke-203 di dunia. Adapun jurusan yang paling diminati di sana yaitu program studi untuk bidang teknik dan teknologi.

Baik kampus negeri maupun swasta kuliah ke Malaysia membutuhkan persiapan yang matang baik secara finansial juga kemampuan akademik. Sehingga bagi kamu yang ingin kuliah ke Negeri Jiran persiapkan segala hal yang kamu butuhkan sejak saat ini.

Apa yang Kamu Dapatkan Jika Studi di Malaysia?

Menawarkan gelar yang diakui secara global, universitas-universitas Malaysia berada di peringkat universitas top dunia dan total berada di peringkat 13 dalam 600 teratas menurut QS World University Rankings 2023. Berdasarkan QS World University Rankings by Subject 2022, 10 program Malaysia ditempatkan di antara 50 universitas terbaik untuk studi mata pelajaran akademik mereka.

Dengan beragam program studi yang dapat dipilih dan rasio guru-siswa yang optimal, universitas-universitas Malaysia fokus pada pengembangan holistik dan memastikan bahwa siswa mendapatkan pengalaman kampus yang mengesankan. Penekanan pada pendidikan berkualitas memastikan siswa menerima pengalaman belajar yang berharga.

Rata-rata, biaya hidup di Malaysia 50% lebih murah dibandingkan negara lain seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Australia, berkat berbagai beasiswa dan bantuan pendidikan dari Pemerintah Malaysia. Selain itu, biaya kuliah di universitas-universitas Malaysia terjangkau, memungkinkan kamu mengejar pendidikan berkualitas tanpa beban keuangan yang berlebihan.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan