Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Tips Kuliah S2 di Jerman Tanpa Beasiswa

Tips Kuliah S2 di Jerman Tanpa Beasiswa

Beranda / Bacaan Umum / Tips & Trick / Tips Kuliah S2 di Jerman Tanpa Beasiswa

Kuliah S2 di Jerman tanpa beasiswa memang menjadi salah satu opsi yang dapat kamu pilih saat pengajuan untuk beasiswa tidak diterima. Namun, melanjutkan studi di negara tersebut bukanlah hal yang tidak mungkin selama kamu mempersiapkannya dengan matang. Selain itu, kamu pun perlu mengatur keuangan dengan lebih bijak sehingga tidak membelanjakan untuk barang atau produk yang sebenarnya tidak perlu.

7 Tips kuliah S2 di Jerman

Ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan untuk dapat kuliah di kampus impianmu yang berada di Jerman. Sehingga saat melakukan studi di negara tersebut kamu dapat beradaptasi dengan baik. untu tips nya sendiri adalah sebagai berikut!

1. Belajar bahasa Jerman

Negara ini menerapkan bahasa Jerman dalam bahasa pengantar untuk menyampaikan materinya. Meskipun ada beberapa yang menggunakan bahasa Inggris. Akan tetapi, tidak sebanyak bahasa aslinya. Selain itu, bahasa Jerman pun dapat membantu kamu untuk berinteraksi sehari-hari, baik dengan mahasiswa lainnya maupun masyarakat.

Selain itu, kami pun dapat lebih mudah untuk mendapatkan akses buku-buku ilmiah yang dibutuhkan untuk kuliah. Pasalnya, buku-buku yang translate dari Jerman ke Inggris terbilang masih sedikit. Dengan begitu, mempersiapkan kemampuan atau belajar bahasa Jerman itu sangatlah penting. Kamu dapat mempersiapkan hal ini jauh-jauh hari sebelum melakukan tes masuk ke kampus yang berada di Jerman.

Baca juga:
Syarat Kuliah Untuk Gelar S2 Di Jerman

2. Tentukan universitas

Jerman menjadi salah satu negara yang memiliki kampus dengan kualitas yang baik. Namun, meskipun begitu pastikan Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan. dari mulai fasilitas, program, sampai dengan budaya belajar di kampus tersebut. Selain itu, kampus-kampus yang ada di Jerman masih sedikit yang menyediakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk belajarnya.

Meskipun begitu, ada pula kampus yang menyediakan program dwi bahasa dalam bahasa Inggris dan Jerman. Dimana nantinya kampus yang menyediakan program ini  biasanya pada dua semester akan dibawakan dengan bahasa Inggris dan selanjutnya menggunakan bahasa Jerman.

3. Ketahui Proses Penerimaan

Seperti halnya di Indonesia, di Jerman pun memiliki proses dalam penerimaan mahasiswa barunya. Dengan begitu, pastikan kamu untuk mengetahui alur penerimaan dari kampus yang dipilih. Pasalnya setiap kampus memiliki jadwal maupun alur yang berbeda.

Pastikan, kamu mencatat maupun menyiapkan jadwal dan ketentuan yang telah ditentukan. Selain itu, usahakan untuk melakukan proses yang diminta sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.

4. Pelajari requirement-nya

Sekarang saatnya kamu untuk  dapat mempelajari detail dari kualifikasi  pada masing-masing kampus.  Jika kamu memilih kampus dengan menggunakan bahasa Jerman, maka nantinya akan diminta bukti dari kemampuan bahasa Jerman. Untuk levelnya sendiri minimal yang setara dengan sertifikasi C2 yang dikeluarkan oleh Goethe.

Namun, jika kamu memilih program dengan bahasa Inggris, maka nantinya perlu mencantumkan sertifikasi IELTS maupun TOEFL. Selain itu, kamu pun perlu mempelajari setiap program studi yang kamu pilih. Apakah dalam rekrutmen membutuhkan surat rekomendasi, motivation letter, dan lain sebagainya.

Bahkan beberapa kampus di Jerman memiliki syarat untuk interview sebagai salah satu bagian dari proses rekrutmen. Pastikan kamu memperhatikan tanggal dan syarat dokumen yang perlu kamu lampirkan.

Baca juga :
Persiapan Penting Sebelum Kuliah Di Jerman

5. Tentukan Pemilihan Akomodasi

Cobalah untuk memilih akomodasi dengan biaya yang terjangkau. Biasanya, semakin dekat dengan kampus dan lengkap fasilitasnya, biayanya pun semakin tinggi. Selain itu, sebaiknya kamu memilih akomodasi yang tidak terlalu dekat atau berada di pusat kota. Meskipun begitu, pastikan kamu telah menghitung biaya transportasi.

6. Berbelanja Kebutuhan di Pasar

Untuk membeli perlengkapan atau kebutuhan barang-barang, maka kamu dapat membelinya di sebuah pasar bernama Flea Market atau Flohmarkt. Dimana pasar tersebut sudah tersebar di seluruh kota yang ada di Jerman.

Orang-orang sering pergi kesana untuk belanja, baik turis, orang lokal, maupun mahasiswa. Hal ini karena harga yang ditawarkan oleh pasar ini cukup terjangkau. Meskipun barang bekas, tetapi keadaan atau kondisinya masih dalam hal yang bagus. Uniknya lagi, barang-barang disini semua asli karena yang palsu tidak dibolehkan untuk penjual pasarkan di market ni.

7. Belajar Cara Memasak

Untuk dapat menghemat biaya konsumsi, cobalah untuk belajar memasak sejak dini. Sehingga nantinya, saat kuliah kamu tidak terus-menerus membeli makanan di luar. Tentu hal tersebut dapat membuat pengeluaran jauh lebih hemat.

Baca juga :
Universitas Di Jerman Jurusan Komunikasi

Perkiraan Biaya Hidup di Jerman

Untuk biaya hidup disini sendiri, terbilang cukup terjangkau daripada London, Paris, maupun Zurich. Dimana rata-rata biaya hidupnya sendiri yaitu sekitar €700 hingga €800. Akan tetapi, biaya akan jauh lebih terjangkau apabila kamu tinggal di luar kota-kota metropolitan. Seperti halnya hamburg, Munich, dan lain sebagainya.

Kuliah S2 di Jerman tanpa beasiswa memang butuh persiapan, dari mulai belajar bahasa Jerman sampai dengan belajar untuk memasak sehingga pengeluaran jauh lebih hemat. Selain itu, pastikan pula untuk kamu melengkapi semua ketentuan yang berlaku.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Bekasi
Macquarie
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan