Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
kunci belajar bahasa inggris untuk anak

Kunci Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Kunci Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Belajar bahasa inggris anak memang tidak mudah. Ketika Mulai mengajarkan bahasa Inggris kepada anak ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Anak yang belajar Bahasa Inggris tentu berbeda dengan orang dewasa.

Apalagi anak-anak juga mudah merasa bosan, jadi proses belajar juga harus menyenangkan. Selain itu belajar bahasa Inggris juga jauh berbeda dengan belajar bahasa Indonesia. 

Bahasa Inggris adalah bahasa yang jarang digunakan oleh anak-anak dalam aktivitas sehari-hari. Proses pembelajaran membutuhkan kesabaran dan keahlian khusus. Apabila ingin anak belajar bahasa Inggris dengan baik dan cepat kamu bisa mencoba untuk mendaftarkannya ke kursus bahasa Inggris terbaik.

Kunci Mempermudah Anak Belajar Bahasa Inggris

Ketika mengajari anak belajar bahasa Inggris mungkin para orang tua lebih setuju untuk mementingkan pengucapan. Ketika dapat berbicara bahasa Inggris dengan baik dan benar bisa dijadikan langkah awal untuk belajar membaca maupun menulis dalam bahasa Inggris.

Kunci untuk mulai belajar bahasa Inggris bagi anak-anak adalah melalui cara Fonik. Apa tu Fonik? Fonik adalah metode yang akan membantu mengajarkan cara membaca dan mengeja dalam menggunakan bahasa Inggris dengan cara memberikan kesadaran antara bunyi dan pengejaan.

Jika anak anda belajar aturan fonik maka akan melatih 80% kosakata dalam menggunakan bahasa Inggris dan anak akan mengucapkan dengan cara yang baik. Tertarik untuk mengajarkan anak dengan metode Fonik?

Baca Juga:
Kenapa Harus Ikut Kursus Bahasa Inggris Anak-Anak Di Kelapa Gading?

Cara Menerapkan Metode Fonik pada Anak

Untuk menerapkan metode Fonik pada anak memang tidak mudah. Nah, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan, seperti berikut.

Belajar pengucapan huruf

Langkah pertama anak harus belajar pengucapan huruf dan pengucapan dalam sebuah kata. Kamu bisa memulai untuk mengajarkan anak menyebutkan nama kata dan bunyinya. Misalnya, huruf B akan disebut Bi namun ketika sudah diucapkan akan tetap menjadi B.

Tambahkan Konsonan

Selanjutnya ajarkan anak untuk kenal pada kombinasi konsonan dan vokal, misalnya seperti map, hat, cat, cap.

Belajar aturan vokal

Untuk mempelajari aspek berbicara, pastikan anak juga mengetahui aturan vokal. Ada aturan vokal panjang dan kombinasi vokal yang terdapat di kosakata bahasa Inggris. Misalnya, wood, meet, deer, rain, meat, dan masih banyak lagi lainnya,

Baca juga:
Pilihan Kartun Untuk Belajar Bahasa Inggris

Terus latihan konsonan dan vokal

Pastikan untuk selalu belajar dan Latihan kombinasi konsonan maupun vokal dalam dua suku kata atau lebih. Hal tersebut akan meningkatkan kemampuan anak dalam berbicara bahasa Inggris. Misalnya, plea-sant atau sli-pper. Dengan begitu anak akan bisa mengucapkan kosakata yang panjang dalam bahasa Inggris.

Orang tua mungkin jarang mengetahui metode fonik dan Bagaimana cara menerapkan pada anak. Tetapi kalau mau bisa mulai secara perlahan-lahan dan mengenalkan kosakata yang singkat terlebih dahulu. Apabila ia sudah mulai terbiasa untuk berbicara bahasa Inggris, selanjutnya akan mudah membuat mereka mempelajari metode lainnya.

Penutup

Tetapkan rutinitas waktu berbahasa Inggris di rumah. Lebih baik melakukan sesi yang singkat dan sering daripada sesi yang panjang dan jarang. Belajar selama 15 sudah cukup untuk anak-anak yang masih kecil. Anda dapat secara bertahap membuat sesi lebih lama seiring bertambahnya usia anak dan rentang konsentrasinya meningkat. Usahakan aktivitasnya singkat dan bervariasi untuk menarik perhatian anak.

Usahakan untuk melakukan aktivitas tertentu pada waktu yang sama setiap hari. Anak-anak merasa lebih nyaman dan percaya diri ketika mereka tahu apa yang diharapkan. Misalnya, kamu dapat memainkan permainan bahasa Inggris setiap hari sepulang sekolah, atau membacakan cerita bahasa Inggris bersama anak sebelum tidur.

Pengulangan sangatlah penting, anak-anak sering kali perlu mendengar kata dan frasa berkali-kali sebelum mereka merasa siap untuk mengucapkannya sendiri.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan