Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
kunci belajar bahasa inggris untuk level menengah

Kunci Belajar Bahasa Inggris untuk Level Menengah

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Kunci Belajar Bahasa Inggris untuk Level Menengah

Jika kamu ingin menaikkan level bahasa Inggris dari pemula sampai ke level menengah, maka perlu menggunakan kunci belajar bahasa Inggris yang tepat. Seseorang yang mempunyai kemampuan bahasa Inggris pada level intermediate atau upper-intermediate pastinya mempunyai pemahaman lebih dalam.

Walaupun pada level ini kamu sudah mempunyai kemampuan bahasa Inggris cukup bagus, tetapi masih banyak hal yang harus kamu lakukan. Tujuannya supaya kamu mampu memahami pikiran lebih kompleks dan mengutarakan perasaan. 

Belajar Bahasa Inggris Intermediate & Upper Intermediate 

Pada level intermediate dan upper intermediate, kamu sudah mempunyai kemajuan besar dalam berbahasa Inggris serta mampu mempertimbangkan diri supaya dapat bekerja pada lingkungan berbahasa Inggris. Walaupun begitu, kamu masih harus mengikuti latihan lebih banyak supaya bisa meningkatkan kecakapan pada level Advance. Berikut adalah hal-hal supaya level intermediate Bahasa Inggris meningkat:

Lakukan hal sederhana

ada banyak cara yang dapat kamu lakukan supaya kamu bisa terus menggunakan bahasa Inggris bahkan dari hal yang paling sederhana. Misalnya dengan mengubah pengaturan ponsel agar dapat menggunakan bahasa Inggris.

Ubah pengaturan bahasa pada email dan akun medsos juga, sehingga akan memaksa diri sendiri supaya terbiasa dalam menggunakan bahasa Inggris. Cara seperti ini terbilang sederhana tetapi cukup powerfull untuk memberikan dampak besar terhadap kemampuan bahasa Inggris.

Sering membaca

Kunci belajar bahasa Inggris untuk level menengah berikutnya yaitu sering membaca sesuai minat. Cobalah membaca bacaan bagi orang dewasa muda seperti misalnya membaca koran.

Hal seperti ini adalah hal normal bagi siswa dengan kemampuan upper intermediate walaupun kamu harus mencari tahu lagi berbagai vocabulary. Jika kamu sedang bekerja atau studi pada bidang finansial International, cobalah membaca Wall Street Journal berbahasa Inggris. Catat dan cobalah untuk membuat rencana pembahasan opini pada lembar halaman yang sudah kamu baca.

Belajar melalui podcast

Jika kamu belajar bahasa Inggris sesuai bidang keahlian, maka akan membuat proses belajar terasa lebih menyenangkan. Dengarkan podcast dan catat kata-kata apapun yang kamu tidak pernah dengar sebelumnya dan perhatikan bagaimana intonasi dalam penyebutan kata-kata tersebut.

Beberapa podcast Justru lebih mudah untuk kamu mengerti pada tingkat intermediate. Pilih podcast berita atau hal lainnya yang mudah dipahami daripada podcast komedi.

Belajar bahasa Inggris secara menyenangkan

Ada banyak cara menyenangkan jika kamu ingin belajar bahasa Inggris pada level menengah atau intermediet dan upper-intermediate. Misalnya, dengan pergi berkaraoke dan belajar lirik lagu bahasa Inggris sesuai kesukaan.

Kamu juga bisa mencoba bernyanyi di depan banyak orang untuk meningkatkan rasa percaya diri. Cara lainnya bisa dengan menonton film atau video call teman chat dari luar negeri.

Cari partner

Bahasa Inggris juga dapat kamu pelajari dengan mencari partner untuk belajar bersama seperti melakukan presentasi atau wawancara bahasa Inggris. Kamu bisa memulai dengan bercerita pengalaman, kelemahan, kekuatan, atau jalur karir.

Belajar bersama tentu sangat menyenangkan apalagi jika kamu telah mempunyai partner yang mempunyai motivasi dan tujuan sama dalam belajar bahasa Inggris. Sering latihan bersama dan saling memberi saran tentu akan sangat membangun diri supaya lebih semangat belajar bahasa Inggris.

Kamu juga bisa mengikuti kursus bahasa Inggris. Dengan dampingan dari tutor kamu akan belajar lebih maksimal dan dapat memahami bahasa Inggris lebih baik. ICAN English menjadi salah satu tempat kursus yang bisa kamu pilih. Hadir di berbagai kota, kamu bisa memilih lokasi yang paling tepat untuk kamu.

Baca juga : Alasan Belajar Bahasa Inggris untuk Orang Dewasa

Kesalahan Dalam Belajar Bahasa Inggris

Ada beberapa hal yang membuat kamu merasa mengapa sudah belajar banyak tapi hasil belum efektif. Jika hal ini terjadi, artinya masih ada yang kurang tepat terhadap kunci belajar bahasa Inggris yang kamu jalankan.

Misalnya, kamu mungkin ingin belajar speaking secara lancar tetapi malu berbicara. Rasa malu justru menghambat proses belajar sehingga kamu tidak punya keberanian untuk berbicara bahasa Inggris. Padahal, dimanapun orang yang sedang belajar pasti selalu ada kesalahan. Bahkan seseorang yang sudah level Advance dalam berbahasa Inggris pasti juga mempunyai kesalahan.

Kunci belajar bahasa Inggris pada level apapun adalah praktek. Jika kemampuan bahasa Inggris hanya mengandalkan teori tetapi tidak pernah praktek maka tidak akan berguna. Walaupun kamu sudah menguasai berbagai kosakata dan susunan kalimat termasuk tenses di luar kepala, tanpa praktek ilmu tersebut pasti tidak akan bisa meningkat.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan