Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
mengenal program undergraduate di inggris

Mengenal Program Undergraduate di Inggris

Beranda / Perkuliahan / Mengenal Program Undergraduate di Inggris

Memutuskan memilih kuliah di Inggris untuk program undergraduate akan menjadi pilihan tepat. Saat ini banyak pelajar Indonesia yang mulai tertarik untuk melanjutkan studi di luar negeri. Banyak yang menyadari bahwa kuliah di luar negeri bisa memberikan berbagai macam benefit yang menguntungkan bagi masa depan.

Ada berbagai macam negara tujuan yang dipilih oleh pelajar Indonesia, salah satunya adalah negara Inggris. Inggris menjadi salah satu negara yang terkenal dengan kualitas pendidikan terbaik dan banyak perguruan tinggi terkemuka dunia yang ada di negara Inggris.

Berbagai macam program pendidikan juga disediakan, salah satunya adalah program undergraduate yang setara dengan jenjang S1. Di Inggris gelar sarjana biasanya merupakan gelar pertama yang didapatkan setelah menyelesaikan sekolah maupun pendidikan lanjutan. Tertarik untuk kuliah S1 di Inggris?

Apa Pengertian Program Undergraduate?

Program undergraduate merupakan program pendidikan jenjang S1 yang biasanya ditempuh dalam waktu 4 tahun, namun ada beberapa program studi yang mengharuskan mahasiswanya menempuh lebih dari 4 tahun.

Menyelesaikan program undergraduate kamu bisa mendapatkan gelar Bachelor dan merupakan pilihan gelar yang paling disukai untuk kualifikasi sarjana. Selain itu ada juga beberapa pilihan lain seperti HND/HNC, Foundation Degrees, dan lain sebagainya yang dapat digunakan sebagai akses menuju tahun terakhir program gelar sarjana.

Memutuskan untuk mengambil gelar sarjana S1 atau Bachelor di Inggris bisa menjadi hal yang menyenangkan dan memberikan banyak pengalaman. Jika program undergraduate di beberapa negara ditempuh dalam waktu 4 tahun, tetapi berbeda dengan Inggris yang hanya membutuhkan waktu 3 tahun untuk meraih gelar honours.

Dalam berbagai macam program gelar sarjana, hasil ujian di tahun pertama kuliah tidak akan diperhitungkan untuk mendapatkan klasifikasi gelar akhir. Hasil penilaian pada tahun kedua dan ketiga ditambah dengan nilai skripsi yang akan menentukan nilai akhir.

Program perkuliahan juga berbeda-beda tergantung pada riwayat universitas. Mayoritas institusi pendidikan menawarkan program gelar sarjana menawarkan kesempatan untuk bisa mempelajari dua bidang dalam gelar gabungan. Sebuah gelar ganda yang bisa melibatkan berbagai macam mata perkuliahan dan belum tentu memiliki bobot yang sama.

Baca juga :
Universitas Hukum Di Inggris 

5 Jurusan Populer untuk Program Undergraduate di Inggris

Kuliah di Inggris, kamu bisa memilih kampus favorit terkemuka dunia yang menyediakan berbagai macam jurusan terbaik dalam berbagai macam bidang keilmuan. Berikut ini beberapa jurusan populer yang banyak dipilih oleh pelajar internasional selama perkuliahan di Inggris untuk program undergraduate.

1. Jurusan Kedokteran

Jurusan Kedokteran memungkinkan kamu untuk memiliki impian bekerja di dunia medis dan menjadi dokter. Inggris menawarkan studi kedokteran berkualitas dunia. Banyak orang tertarik untuk kuliah di Inggris dan mengambil jurusan kedokteran.

Jurusan ini banyak diminati karena merupakan studi tulisan paling banyak mendapatkan pekerjaan.

2. Jurusan Biologi Kelautan

Tertarik untuk mempelajari dunia Kelautan? Salah satu jurusan yang banyak diminati di Inggris adalah biologi Kelautan. Jurusan ini banyak diminati karena banyak perguruan tinggi yang menawarkan fasilitas lengkap.

Selain itu ada lima universitas terbaik peringkat dunia yang menyediakan jurusan Kelautan. Lulusan jurusan biologi kelautan juga banyak memberikan peluang kerja.

3. Jurusan Komputer

Perkembangan teknologi yang berjalan cepat membuat banyak generasi muda saat ini memilih jurusan komputer. Teknologi menjadi bidang yang banyak diminati karena peluang pekerjaan di masa depan sangat luas. Jika kamu tertarik untuk mempelajari jurusan komputer Inggris menjadi tempat yang paling cocok.

Ada berbagai macam Inovasi dan teori yang sekarang menjadi acuan di bidang teknologi. Kamu bisa mendapatkan peluang kerja cerah di masa depan.

4. Jurusan Bisnis

Program studi bisnis di Inggris juga menjadi salah satu jurusan populer dan tersedia di program undergraduate. Ada banyak perguruan tinggi terbaik dunia di Inggris yang menyediakan jurusan bisnis. Beberapa dari Universitas tersebut seperti Universitas Oxford, Universitas Buckingham, Universitas Warwick, dan masih banyak lagi lainnya.

Ketika kamu tertarik untuk mendapatkan novel manajerial atau mengelola usaha sendiri maka diurus dan bisnis menjadi pilihan yang wajib.

5. Jurusan Teknik

Jurusan Teknik juga menjadi salah satu program studi yang banyak diminati oleh pelajar lokal maupun internasional. Program studi teknik disediakan oleh beberapa kampus unggulan Inggris, seperti Durham University, Cardiff University, University of Bristol, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mendalami ilmu teknik dengan sarana dan prasarana yang lengkap dan modern. Kamu juga bisa mengetahui hasil karya nyata dari kemajuan teknik yang berada di Inggris secara langsung.

Baca juga :
Estimasi Biaya Kuliah Di Inggris Yang Perlu Anda Ketahui

Universitas Terbaik di Inggris Beserta Jurusannya

Inggris memiliki berbagai macam universitas terbaik dunia yang bisa kamu pilih ketika memutuskan untuk kuliah di negara tersebut. Beberapa universitas di bawah ini bisa menjadi pilihan karena menyediakan fasilitas terbaik dan program studi lengkap, seperti berikut:

Oxford University

Perguruan tinggi pertama yang bisa direkomendasikan adalah Oxford University yang merupakan kampus dengan peringkat terbaik di Inggris. Perguruan tinggi ini merupakan kampus tertua di dunia dan sudah ada sejak abad ke-11. Kamu akan mendapatkan berbagai macam pengalaman yang menarik selama kuliah di Oxford University.

Sebagai perguruan tinggi terbaik di Inggris Oxford University menawarkan berbagai macam jurusan dan berikut ini program studi populer yang banyak dipilih.

  • Seni Kreatif dan Desain
  • Kesehatan dan Kedokteran
  • Ilmu Teknik dan Teknologi
  • Ilmu Sosial dan Media
  • Humaniora
  • Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan
  • Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
  • Hukum

Kampus ini juga memiliki reputasi yang sangat baik dalam penerimaan mahasiswa dengan kompetitif. Ada sekitar Rp20.000 mahasiswa yang mendaftar setiap tahunnya di Oxford University dan hanya ada 3200 mahasiswa saja yang berhasil diterima.

University of Cambridge

University of Cambridge mendapatkan peringkat kedua sebagai perguruan tinggi terbaik di Inggris dan menjadi kampus dengan kekuatan besar dalam bidang pendidikan di Inggris.

University of Cambridge terdiri dari bangunan megah dan menyediakan berbagai macam program studi terbaik yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan kemampuan mahasiswa, seperti berikut:

  • Arsitektur dan Pembangunan
  • Humaniora
  • Hukum
  • Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan
  • Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
  • Ilmu Sosial dan Meida
  • Ilmu Teknik dan Teknologi
  • Pertanian dan Kedokteran Hewan
  • Pendidikan dan Pelatihan
  • Kesehatan dan Kedokteran

Masih banyak program studi yang ditawarkan oleh University of Cambridge dan kampus ini menekankan proses pembelajaran independen.

Imperial College London

Imperial College London dan termasuk salah satu perguruan tinggi terbaik di Inggris yang menawarkan berbagai macam jurusan. Jurusan yang ditawarkan mulai dari Bidang sains, teknik, bisnis, kedokteran, dan lain sebagainya.

Ada beberapa jurusan populer yang ditawarkan oleh Imperial College London, seperti berikut:

  • Kesehatan dan Kedokteran
  • Humaniora
  • Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
  • Ilmu Teknik dan Teknologi
  • Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan
  • Bisnis dan Manajemen

Lokasinya ada di London dan Imperial College London sudah menjadi perguruan tinggi yang banyak diminati oleh mahasiswa internasional.

Baca juga :
Serba Serbi Kuliah Desain Grafis Di Inggris

Penutup

Program undergraduate di Inggris disediakan oleh kampus-kampus unggulan dunia yang menawarkan berbagai macam program studi terbaik. Kuliah program S1 di Inggris kamu bisa menempuh dengan durasi 3 tahun saja. Namun ada beberapa program studi yang mengharuskan kamu menyelesaikan perkuliahan hingga 4 -5 tahun.

Tertarik untuk kuliah di Inggris? Konsultasikan keinginan kamu dengan agen pendidikan luar negeri terbaik ICAN Education. Melalui agen pendidikan luar negeri kamu bisa mendapatkan informasi valid seputar program undergraduate di kampus favorit kamu. Ada berbagai macam tips dan trik yang bisa dilakukan sehingga peluang diterima di universitas favorit Inggris bisa terwujud.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
Macquarie
Auckland
Study in SIngapore

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan