Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
mengenal sistem kuliah di singapura

Mengenal Sistem Kuliah di Singapura

Beranda / Perkuliahan / Mengenal Sistem Kuliah di Singapura

Menjadi salah satu negara tujuan pendidikan populer, sistem kuliah di Singapura terkenal sangat baik. Pendidikan Tinggi di Singapura dikelola oleh Kementerian Pendidikan (MoE). Setelah menyelesaikan pendidikan sekolah 12 tahun atau setara, siswa melanjutkan ke program perguruan tinggi.

Perguruan tinggi junior dan institut terpusat bertindak sebagai sekolah persiapan untuk pendidikan tinggi dan menawarkan program dua tahun atau tiga tahun, yang menghasilkan ujian Tingkat “A” GCE.

Lebih Jauh Seputar Sistem Kuliah di Singapura

Institusi pendidikan tinggi Singapura membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang penting untuk bekerja di industri. Kuliah di Singapura akan membawa kamu ke pengalaman yang sangat bermakna dan mempersiapkan kamu ke industri karir yang sukses.

Singapura sendiri memiliki beberapa jenis institusi pendidikan tinggi yang masing-masing memiliki sistem kuliah di Singapura yang berbeda, seperti misalnya:

Junior Colleges

Singapura memiliki perguruan tinggi junior yang dirancang untuk menyediakan program akademik dua tahun untuk mahasiswa. Berdasarkan prestasi dalam hasil tingkat “O” GCE, siswa mendapatkan penerimaan di perguruan tinggi junior untuk kursus 2 tahun yang membimbing dan mempersiapkan mereka untuk ujian Tingkat Lanjutan (“A”) Cambridge GCE Singapura.

Setiap siswa diwajibkan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ko-kurikuler karena kinerja dalam kegiatan ini menentukan penerimaan universitas. Pusat pra-universitas Singapura ini (Junior Colleges dan Centralized Junior Colleges dan Centralized Institutes) mendidik siswa untuk gelar universitas lokal dalam dua hingga tiga tahun mendatang.

Polytechnic and Arts Institution

Selain perguruan tinggi junior, ada politeknik dan institut seni yang terlibat dalam membentuk siswa untuk pendidikan tinggi di luar negeri atau universitas lokal. Dengan nilai bagus di politeknik, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk belajar di universitas di Singapura dan juga memiliki kesempatan untuk memilih pendidikan di luar negeri di negara-negara seperti Australia, Selandia Baru dan Inggris.

Politeknik dan lembaga seni berkomunikasi secara teratur dengan universitas di luar negeri sehingga mahasiswa yang tidak dapat pindah ke luar negeri mendapat kesempatan untuk belajar kursus lokal. Baru-baru ini, Ngee Ann Polytechnic telah bekerja sama dengan Chapman University Amerika Serikat untuk memberikan gelar Bachelor of Fine Arts dalam Produksi Kreatif untuk lulusan departemen Studi Film dan Media Sekolah. Nanyang Polytechnic juga berkerja sama dengan University of Stirling di Skotlandia untuk memberikan mahasiswa kursus Pemasaran Ritel.

Universitas

Negara ini memiliki enam universitas lokal otonom yaitu National University of Singapore, Nanyang Technological University, Singapore Management University, Singapore University of Technology & Design, Singapore Institute of Technology dan Singapore University of Social Sciences.

University of Singapore dan Nanyang Technological University adalah universitas riset terkenal di negara ini. Kedua universitas tersebut mendapatkan peringkat terbaik universitas Top di dunia oleh QS World University Rankings. Kedua kampus ini juga masuk dalam Top 54 universitas peringkat global yang ditentukan oleh THE World University Rankings.

Banyaknya universitas yang tersedia di Singapura mungkin membuat kamu sedikit bingung. Layanan dari ICAN Education Consultant akan memberikan konsultasi kuliah luar negeri agar kamu bisa menentukan universitas terbaik sesuai minat kamu.

Level Pendidikan di Universitas Singapura

Singapura adalah pusat kekuatan dengan beberapa infrastruktur dan pendidik terbaik dunia dan menyediakan berbagai pilihan studi berkualitas untuk siswa lokal dan internasional. Beberapa level pendidikan yang tersedia di universitas Singapura termasuk juga:

  • Sarjana: Masuk ke program gelar pertama didasarkan pada hasil Singapore-Cambridge GCE A-Level, Polytechnic atau ujian lain yang setara. Durasinya berkisar 3 hingga 5 tahun
  • Gelar Pascasarjana: Calon Master dengan penelitian harus memegang gelar Honours dan menyerahkan disertasi. Kualifikasi masuk minimum untuk Master dengan kursus dan disertasi adalah gelar Sarjana atau yang setara. Durasinya sekitar 1 hingga 2 tahun
  • Gelar Doktor: Doktor dalam Bisnis membutuhkan kombinasi kursus dan disertasi. Doktor Sastra, Doktor Hukum dan Doktor Sains diberikan berdasarkan karya yang diterbitkan. Durasi sekitar 2 hingga 5 tahun.

Singapura muncul sebagai salah satu tujuan paling populer untuk pendidikan tinggi di Asia. Singapura telah memantapkan dirinya sebagai pemain teratas di pasar pendidikan internasional dengan kualitas pendidikan dan keragaman program studi yang ditawarkan.

Kehidupan Diluar Sistem Perkuliahan

Meski sedang menempuh pendidikan namun tidak disarankan untuk study minded. Ini berlaku dimana saja. Kamu perlu menyeimbangkan pola pergaulan dan kehidupan sehari-hari supaya lebih teratur. Selain belajar, mahasiswa umumnya akan membentuk suatu komunitas dan aktif didalamnya. Menciptakan pergaulan sesuai dengan minat bakat yang sama dengan tujuan positif.

Meski sistem kuliah di Singapura tidak jauh beda dengan Indonesia, namun hati-hati saat memilih aktivitas. Tidak diperkenankan bagi pemegang Student pass untuk mengambil peluang kerja paruh waktu. Sistem ini berbeda dengan Indonesia yang bisa kapan saja dan siapa saja bisa mengambil pekerjaan paruh waktu. Biasanya alasan melakukannya adalah untuk menambah uang jajan atau membayar biaya kost.

Selama di negeri orang, kamu perlu mempelajari budaya, adat, kebiasaan, dan semua hal sebagai pengalaman dan pengetahuan. Sesekali perlu liburan, mengeksplor tempat-tempat baru, sebab waktu kamu tinggal tidak lama. Bisa jadi dari eksplorasi tersebut, kamu bisa menemukan banyak hal baru yang justru menjadi peluang karir kedepannya setelah lulus nanti.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan