Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
5 peluang kerja untuk lulusan luar negeri

5 Peluang Kerja Untuk Lulusan Luar Negeri

Beranda / Bacaan Umum / 5 Peluang Kerja Untuk Lulusan Luar Negeri

Peluang kerja lulusan luar negeri memang jauh lebih besar. Menjadi lulusan perguruan tinggi di luar negeri bisa membantu kamu mendapatkan banyak peluang karir dari berbagai macam industri dan bisa didapatkan secara global.

Saat ini banyak pelajar di Indonesia yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Mudahnya mencari pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan di luar negeri menjadi salah satu alasannya.

Ada banyak prospek pekerjaan yang bisa dipilih dalam berbagai macam bidang jika kau berhasil menyelesaikan studi di luar negeri. Apalagi jika kamu berhasil lulus dari perguruan tinggi ternama dan terbaik di luar negeri.

Prospek Kerja Lulusan Luar Negeri

Prospek kerjaan yang bisa didapatkan oleh lulusan kuliah luar negeri sangat luas, hal tersebut juga disesuaikan dengan bidang yang kamu ambil. Ada banyak sekali bidang yang bisa dipilih untuk studi di luar negeri. Berikut ini beberapa prospek pekerjaan yang bisa didapatkan setelah menyelesaikan pendidikan di luar negeri untuk bidang tertentu.

Jurusan Teknik Mesin

Jika kamu berhasil menyelesaikan studi di luar negeri dengan jurusan Teknik Mesin, ada banyak sekali prospek kerja yang bisa didapatkan. Kuliah teknik mesin di luar negeri akan mempelajari tentang objek serta sistem dalam pergerakannya. Peran teknik mesin ini akan membawa konsep produk dari sebuah ide menuju pasar.

Ada banyak prospek pekerjaan yang bisa didapatkan setelah menyelesaikan pendidikan teknik mesin di luar negeri, misalnya seperti Spesialis Otomotif, Analis Industri Bioteknologi, Spesialis Robotik, Analis Industri Kedirgantaraan, dan masih banyak lagi lainnya.

Jurusan Kedokteran

Ilmu kesehatan dan kedokteran akan mempelajari segala hal yang memiliki kaitannya dengan kesehatan manusia dan hewan. Banyak juga pelajar dari Indonesia yang tertarik untuk mempelajari Jurusan Kedokteran di luar negeri.

Prospek pekerjaan yang didapatkan sangat beragam dan disesuaikan dengan bidangnya. Kamu bisa menjadi Dokter, Dokter Hewan, Apoteker, Perawat, Bidan, Dokter Gigi, dan masih banyak lagi prospek kerja lainnya yang bisa didapatkan asalkan sesuai dengan bidangnya. 

Jurusan Ilmu Sosial

Untuk kamu yang mengambil jurusan ilmu sosial di luar negeri, ada banyak sekali prospek kerja yang bisa didapatkan. Jurusan ilmu sosial ini bisa bekerja secara fleksibel. Biasanya banyak sekali lulusan ilmu sosial di luar negeri yang memilih untuk bekerja di negara tempat mereka kuliah.

Lulusan ilmu sosial bisa bekerja sebagai manager government affairs, investigator kriminal, sejarah dunia, budaya internasional, konsentrasi filosofi, dan masih banyak lagi lainnya. 

Jurusan Arsitektur

Kuliah jurusan arsitektur, kamu akan fokus pada konsep dan ide desain di atas kertas. Ada banyak alasan kenapa pelajar di Indonesia tertarik untuk kuliah arsitektur di luar negeri, misalnya inspirasi arsitektur modern bisa didapatkan dari luar negeri, fasilitas kuliah di luar negeri sangat bagus sehingga jurusan arsitektur didukung oleh studio lengkap, dan ada berbagai macam kegiatan ekskursi global.

Ada banyak sekali prospek kerja yang bisa didapatkan untuk lulusan arsitektur di luar negeri, misalnya menjadi arsitek, konsultan arsitektur, Project associate, peneliti bidang urban development, dan lain sebagainya. 

Jurusan Seni Kreatif & Desain

Kuliah jurusan seni kreatif & desain di luar negeri sangat menyenangkan. Jurusan ini akan membuat kamu mempelajari persepsi medium karya yang dibuat untuk seni kreatif, sedangkan desain akan fokus pada pembuatan karya dalam bentuk 2D maupun 3D. 

Prospek pekerjaan yang ditawarkan untuk lulusan seni kreatif & desain sangat banyak, mulai dari musisi, aktris, penulis kreatif, kurator museum, fotografer, Desain interior, desain grafis, web designer, animator, dan masih banyak lagi lainnya.

Kenapa Lulusan Luar Negeri Banyak Diminati Pemberi Kerja?

Kuliah di luar negeri, selain kamu bisa mendapatkan pengalaman yang beragam, ternyata lulusan luar negeri banyak diminati oleh pemberi kerja. Hal ini membuat kamu memiliki peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan di Indonesia maupun di luar negeri. 

Ada beberapa alasan kenapa pemberi kerja lebih tertarik dengan calon pelamar lulusan luar negeri, seperti berikut;

1. Menguasai Bahasa Asing

Alasan pertama dikarenakan lulusan luar negeri bisa menguasai bahasa asing dengan baik. Ketika kuliah di luar negeri tentu kamu harus menguasai bahasa negara tujuan yaitu bahasa Inggris. Sekalipun hal ini tidak mudah dilakukan, tetapi ada banyak manfaat yang bisa dirasakan setelah mampu menguasai bahasa Inggris.

Salah satunya adalah banyak perusahaan besar yang mencari pegawai dengan penguasaan beberapa bahasa, salah satunya adalah bahasa Inggris. Nah itu penguasaan bahasa asing menjadi salah satu soft skill yang dibutuhkan ketika ingin mencari karir dengan gaji tinggi.

2. Lebih Suka Tantangan

Alasan selanjutnya, beberapa perusahaan besar lebih memilih lulusan dari luar negeri karena lebih menyukai tantangan. Hal ini dikarenakan mereka memutuskan untuk kuliah ke luar negeri jauh dari keluarga dan teman, bahkan di tempat yang asing dengan kebudayaan maupun bahasa yang berbeda.

Namun hal tersebut tidak menyurutkan keinginan untuk menyelesaikan pendidikan di luar negeri. Sikap tersebut sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, sebab pegawai masa kini diharapkan mampu membawa perusahaan mereka dalam berbagai macam tantangan di masa depan.

Baca juga:
Jurusan Kuliah ini Bikin Kerja Sambil Jalan-Jalan ke Luar Negeri
Prospek Karir untuk Gelar Sarjana Ekonomi di Luar Negeri

3. Bisa Beradaptasi & Fleksibel

Alasan selanjutnya dikarenakan lulusan dari luar negeri ini dapat beradaptasi dengan baik dan fleksibel. Lulusan dari luar negeri mendapatkan nilai ideal karena individu tersebut bisa beradaptasi dengan berbagai macam hal baru.

Berbaur dengan orang yang memiliki latar belakang kebudayaan yang berbeda akan melatih individu untuk menjadi lebih fleksibel dan mengatasi berbagai macam perbedaan pendapat, kebudayaan, dan kebiasaan. Hal ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, sebab individu tersebut harus bisa menghormati pendapat setiap orang, tetapi masih memiliki pegangan sendiri.

Peluang kerja lulusan luar negeri jauh lebih besar karena berbagai macam alasan, Misalnya saja mampu menguasai bahasa asing, lebih suka dengan tantangan, dapat beradaptasi dan fleksibel. Ada banyak prospek pekerjaan yang bisa didapatkan sesuai dengan bidang yang kamu pelajari ketika kuliah di luar negeri.

Untuk mendapatkan kemudahan kuliah di luar negeri, cobalah konsultasikan keinginan tersebut dengan agen pendidikan luar negeri terbaik dan profesional ICAN Education Consultant. Konsultan pendidikan luar negeri tersebut akan membantu kamu mendapatkan berbagai macam informasi serta memberikan tips untuk bisa kuliah di kampus favorit, sesuai dengan jurusan yang diminati.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Bekasi
Macquarie
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan