Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
pengertian endorsement dalam dunia pilot

Pengertian Endorsement Dalam Dunia Pilot

Beranda / Bacaan Umum / Pengertian Endorsement Dalam Dunia Pilot

Endorsement merupakan pelatihan bagi seorang pilot ketika sudah lulus dari sekolah pilot di luar negeri. Pelatihan tersebut diwajibkan bagi mereka yang menempuh pendidikan di sekolah pilot luar negeri tapi pulang ke Indonesia untuk meniti karir. Dengan kata lain, para calon pilot yang melanjutkan sekolah pilot ke luar negeri bisa jadi karena pendidikannya yang lebih singkat (kurang lebih satu tahun) ketika kembali ke tanah air harus mengikuti ujian penerbangan sesuai dengan standar negara Indonesia.

Tujuan Endorsement dalam Dunia Pilot

Endorsement pada dasarnya adalah “penandatanganan” dari instruktur penerbangan bersertifikat yang menyatakan bahwa pilot telah menerima pelatihan yang diperlukan untuk tugas tertentu.

Dikarenakan pendidikan yang ditempuh pada setiap negara berbeda, jadi untuk memastikan kemampuan yang diraih di sekolah pilot sudah memenuhi kapabilitas yang ditetapkan, makadari itu dilakukanlah yang namanya Endorsement untuk memastikan kemampuan terbang pilot sesuai dengan standart negara di Indonesia. Biasanya sekolah pilot luar negeri yang dipilih juga harus terdaftar di ICAO (International Civil Aviation Organization).

Misalkan kalian sekolah di US dan mau kerja di maskapai US, tidak perlu Endorsement lagi karena kalian sudah sekolah di sekolah lokal. Paling hanya tinggal mengurus work permit saja.

Biaya Endorsement sendiri bervariasi antara IDR 77 juta – IDR 130 juta tergantung sekolahnya. Durasi Endorsement sendiri kurang lebih 1 – 3 bulan (tergantung jadwal dan cuaca). Melihat durasi pelatihan yang berlangsung begitu singkat, tidak menutup kemungkinan peluang diterima bekerja di airline juga relatif cepat sehingga sangat memungkinkan menerima bayaran dan bisa mengembalikan modal untuk menjadi seorang pilot.

Sekolah Pilot Terbaik di Luar Negeri

Meskipun perguruan tinggi mungkin terakreditasi secara keseluruhan secara regional atau nasional, masing-masing program juga dapat diakreditasi secara teknis oleh otoritas akreditasi industri tertentu. Badan Akreditasi Penerbangan Internasional mensertifikasi banyak program penerbangan.

Berikut adalah sekolah pilot terbaik di dunia yang bisa jadi pilihan kamu:

Purdue University Aviation College

Purdue Aviation College adalah salah satu perguruan tinggi teknik dirgantara terbaik di dunia yang berlokasi di West Lafayette Indiana, Amerika Serikat. Di sinilah Neil Armstrong, orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan, menerima ijazah SMA-nya. Menurut US News & World Report, sekolah penerbangan Universitas Purdue diakui sebagai “Tempat Lahirnya Astronot.” Tingkat penerimaan Universitas Purdue hanya 58% yang berarti mengikuti kriteria penerimaan selektif.

Ohio State University Aviation College

Ohio State University adalah salah satu sekolah penerbangan terbaik di dunia dan juga di Amerika. Rata-rata pendaftaran sarjana di Ohio State University adalah 45,800 mahasiswa. Pusat Studi Penerbangan di Ohio State University tidak diragukan lagi adalah salah satu institusi penerbangan terbesar di dunia.

Tingkat penerimaan Universitas Negeri Ohio adalah 53% dan tingkat penerimaan awal sekitar 59%. Oleh karena itu, ini adalah salah satu universitas penerbangan terbaik di dunia, menyediakan program gelar sarjana dan pascasarjana penerbangan yang berketerampilan tinggi.

Western Michigan University Aviation College

Fakultas Penerbangan ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik di Amerika Serikat. Lembaga ini telah berdiri selama 75 tahun dan telah memantapkan dirinya sebagai perguruan tinggi penerbangan yang sangat terkenal dan dihormati di seluruh dunia.

Program gelar dalam manajemen penerbangan, ilmu penerbangan, dan pemeliharaan penerbangan tersedia bagi siswa di College of Aviation.

Singapore Flying College

Didirikan pada tahun 1988, sekolah penerbangan di Singapura ini terkenal karena memberikan pelatihan penerbangan dasar dan lanjutan kepada pilot yang bekerja untuk Singapore Airlines Group. Armada pelatihan perguruan tinggi terdiri dari 16 pesawat bermesin tunggal Cessna C172 yang dilengkapi dengan Garmin dan lima pesawat bermesin tunggal Cessna C172 yang berbasis di Seletar.

Diketahui, sekitar 1.900 taruna yang bertugas di Singapore Airlines Group telah mendapatkan pelatihan di perguruan tinggi tersebut, yang telah diakui sebagai salah satu sekolah pilot terbesar di dunia. Ia mulai menerima lamaran dari orang-orang yang disponsori sendiri pada tahun 2006; hingga saat ini, 30 dari pelamar tersebut bekerja di maskapai penerbangan terkemuka.

Alasan Kamu Harus Kuliah Penerbangan

Gelar dari salah satu sekolah pilot terbaik di dunia memberikan banyak hak istimewa profesional dan pribadi. Pilot diharuskan menyelesaikan pelatihan terbang profesional. Gelar adalah rute paling andal menuju pekerjaan di bidang penerbangan.

Selain itu, kurikulum penerbangan mempersiapkan siswa untuk berkarir sebagai pilot dengan mengajarkan keterampilan teknis dan keahlian yang diperlukan. Siswa memperoleh pengetahuan tentang pengoperasian pesawat, undang-undang penerbangan, dan parameter iklim.

Gelar Sarjana dalam bidang penerbangan memberikan kemampuan tingkat lanjut yang memungkinkan lulusan untuk mengejar pekerjaan yang lebih luas dengan prospek gaji yang lebih baik. Rata-rata, gelar yang lebih tinggi menghasilkan gaji rata-rata yang lebih tinggi.

Banyak program penerbangan berkolaborasi dengan maskapai penerbangan besar dan bisnis lain di industri ini. Mendaftar di sekolah pilot terbaik di dunia dapat memberikan siswa jaringan profesional yang lebih besar dan peluang kerja yang lebih besar setelah mereka lulus.

Program penerbangan melatih siswa untuk berbagai lisensi dan sertifikasi yang diperlukan untuk profesi pilot. Sertifikasi lanjutan mungkin juga membantu mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan