Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
pentingnya grammar dalam speaking

Pentingnya Grammar dalam Speaking

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Pentingnya Grammar dalam Speaking

Belajar bahasa Inggris, kamu mungkin pusing dengan grammar dan speaking, padahal pentingnya grammar dalam speaking tidak dapat diabaikan begitu saja.

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa ketika belajar speaking, tidak perlu fokus terhadap grammar terlebih dahulu. Tetapi bukan berarti kamu bisa mengabaikan grammar secara keseluruhan jika ingin meningkatkan kemampuan berbicara atau speaking.

Mengapa Grammar Dalam Speaking Sangat Penting?

Grammar merupakan tata bahasa yang mengatur penggunaan bahasa Inggris sesuai aturan. Bahkan tidak hanya bahasa Inggris yang mempunyai grammar, tetapi semua bahasa pasti punya tata bahasa yang sudah ada aturannya untuk penggunaan secara formal.

Dalam bahasa Inggris grammar adalah tata bahasa yang sangat kompleks karena terdapat 12 sampai 16 tenses, menjelaskan tentang keterangan waktu serta kondisi berbeda.

Baca juga:
Cara Jitu Melatih Speaking English

Berbicara sesuai kondisi dan waktu

Pentingnya belajar grammar dalam speaking adalah kamu bisa berbicara sesuai kondisi dan waktu. Apalagi bahasa Inggris mempunyai kata kerja atau verb dengan keterangan waktu berbeda.

Masyarakat Indonesia menyebutkan bahwa “makan” pada berbagai waktu tidak peduli itu di masa lampau atau masa depan, kata kerja tersebut tidak berubah.

Tetapi dalam bahasa Inggris berbeda sebagaimana contoh dari ICAN English berikut:

Can I eat this cake? – Bisakah aku makan kue ini? (semua orang pasti tahu bahwa kalimat ini muncul ketika I atau Aku melihat kue dan ingin memakannya tetapi meminta izin terlebih dahulu)

John is eating an apple – John sedang makan buah apel (perhatikan bahwa kata “eat” berubah menjadi “is eating” karena kegiatan ini sedang terjadi ketika seseorang berbicara hal tersebut)

Dari contoh tersebut maka kata kerja bisa berubah, bukan? Inilah pentingnya belajar grammar supaya kamu bisa berbicara atau speaking dalam bahasa Inggris sesuai waktu karena kata kerja bisa berubah kapan saja sesuai waktunya.

Berbicara tanpa banyak kata

Pentingnya belajar grammar dalam speaking berikutnya yaitu bahwa kamu bisa menjelaskan secara verbal tanpa harus menggunakan banyak kata. Agar lebih mudah memahami maksud penjelasan ini kamu bisa melihat contoh berikut:

Amanda have sent a letter for you – Amanda telah mengirimkan sebuah surat untukmu

Dari contoh tersebut, si pembicara berbicara menggunakan present perfect tense yang ada dalam grammar untuk menghemat kalimat yang tidak perlu. Sehingga ia tidak perlu mengucapkan keterangan waktu kapan surat tersebut sudah dikirimkan.

Jika kamu sudah tahu tentang pentingnya Grammar dalam speaking, maka hal berikutnya yang harus kamu ketahui adalah bagaimana cara mempelajari dua hal tersebut dalam waktu bersamaan.

Baca juga:

Trik Jitu Belajar Grammar English

Tips Belajar Grammar Dan Speaking

Untuk cara belajar efektif meningkatkan kemampuan speaking dan grammar adalah membuat jadwal belajar grammar pada jam sekian dan speaking pada jam sekian. Jadi, jika kamu sudah belajar grammar, praktekkan dalam bentuk bicara. Atau kamu juga bisa mengambil kelas bahasa Inggris di luar pembelajaran formal, seperti mengikuti kursus bahasa Inggris di ICAN English.

Misalnya, untuk melatih kemampuan speaking, latihan berbicara, menghadap cermin atau gunakan internet dengan memanfaatkan Skype, juga aplikasi video call supaya bisa praktek langsung bersama guru atau teman. Dengan cara ini, kamu bisa meningkatkan kemampuan speaking menggunakan grammar yang tepat.

Tidak perlu malu jika pada awal belajar speaking, kamu masih mengalami kesalahan dalam praktek grammar. Dengan berbagai waktu latihan secara intensif, kamu bisa perlahan meningkatkan kemampuan grammar dan speaking secara sempurna.

Apabila kamu belajar di sekolah, kurikulum sekolah sangat lengkap untuk mendidik para pelajar dalam mengasah kedua kemampuan tersebut. Akan tetapi kamu masih perlu belajar tambahan karena frekuensi belajar di sekolah masih terbilang sangat minim untuk pelajaran bahasa Inggris. Jadi gunakan cara tersebut untuk kamu praktekkan sehari-hari bersama keluarga maupun teman di rumah.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan