Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
pilihan akomodasi selama kuliah di malaysia

Pilihan Akomodasi Selama Kuliah di Malaysia

Beranda / Perkuliahan / Persiapan Kuliah / Pilihan Akomodasi Selama Kuliah di Malaysia

Kuliah di luar negeri bukanlah tentang memilih universitas yang tepat. Namun, kamu juga harus memilih akomodasi terbaik untuk tinggal di negara tujuan. Untuk kamu yang berencana kuliah di Malaysia, kamu perlu mempertimbangkan akomodasi apa yang akan kamu pilih selama menjadi mahasiswa internasional.

Biasanya pilihan yang paling nyaman, mahasiswa dapat memilih antara akomodasi di dalam kampus dan di luar kampus. Untuk fasilitas akomodasi di dalam kampus biasanya terdiri dari Halls of Residence atau Student Hostels. Sedangkan, akomodasi di luar kampus biasanya terdiri dari apartemen atau rumah pribadi milik sekolah. Saat menerima tawaran kursus dari universitas atau perguruan tinggi, sebutkan jika kamu memerlukan akomodasi.

Akomodasi di Malaysia untuk Mahasiswa

Beberapa institusi menawarkan akomodasi lengkap dengan biaya per hari antara USD 2,50 dan USD 5,00. Ketika memilih akomodasi di luar kampus, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti misalnya jarak dari akomodasi ke kampus, perabotan dan berbagai fasilitas yang disediakan.

Untuk memastikan kamu mendapatkan akomodasi terbaik selama kuliah di Malaysia, kamu bisa menggunakan layanan konsultasi kuliah luar negeri di agen pendidikan professional. ICAN Education Consultant menjadi salah satu agen pendidikan professional yang memiliki tim terbaik untuk memberikan informasi lengkap seputar perkuliahan.

Beberapa pilihan akomodasi di Malaysia untuk mahasiswa internasional adalah:

Akomodasi di dalam Kampus

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, akomodasi di dalam kampus biasanya terdiri dari Residence Halls dan Student Hostels.

Sebagian besar universitas negeri dan kampus cabang universitas internasional di Malaysia menawarkan tempat tinggal kampus bagi siswa internasional. Bahkan, on campus residence ditawarkan kepada mahasiswa internasional terlebih dahulu sebelum mahasiswa lokal karena mahasiswa internasional belum mengenal negara tersebut.

Kantor pendaftaran internasional di sebuah universitas di Malaysia memiliki departemen akomodasi sendiri yang bisa menjelaskan fasilitas yang tersedia dan biaya sewanya.

Residence Halls

Akomodasi ini adalah yang paling populer di kalangan siswa. Akomodasi ini menawarkan single room atau shared room yang bisa disesuaikan dengan anggaran kamu. Untuk fasilitas yang ditawarkan, mulai dari kamar mandi pribadi, internet gratis, ruangan dengan full perabotan, Kasur, kursi, meja belajar dan balkon. Untuk single room biaya sewa biasanya sekitar US$30-150.

Hostels

Tipe akomodasi lainnya yang bisa kamu pilih adalah hostels. Tinggal di hostels menjadi cukup populer di masa sekarang untuk siswa internasional. Hostel memiliki fasilitas yang sama dengan dormitory dan kamu bisa memilih antara single room atau shared room.

Untuk fasilitas di akomodasi ini termasuk dapur kecil, ruang binatu, ruang belajar, ruang duduk, dan internet gratis. Satu kamar akan dikenakan biaya US$28-US$68 per minggu. Hostel juga menawarkan makanan per hari bagi siapa pun yang menginginkan fasilitas ini.

Perumahan Pribadi

Jenis akomodasi yang satu ini adalah akomodasi luar kampus yang juga cukup diminati oleh banyak siswa internasional. Kediaman di luar kampus adalah pilihan akomodasi yang lebih pribadi dan mandiri untuk siswa internasional.

Banyak siswa internasional yang sudah mengenal Malaysia lebih dalam dan semua serba-serbinya memutuskan untuk pindah ke perumahan pribadi. Kantor akomodasi di kampus bisa membantu kamu menemukan perumahan pribadi atau kamu juga bisa mendaftarkan diri secara pribadi.

Biaya sewanya biasanya berkisar US$55-123 per bulan. Namun, biaya tersebut tidak termasuk dengan internet dan fasilitas lainnya.

Tips Untuk Memilih Akomodasi di Luar Kampus

Sebelum memutuskan untuk memilih akomodasi di luar kampus, kamu harus membaca semua kontrak secara hati-hati sebelum menandatanganinya.

Karena Malaysia memiliki iklim yang panas, pastikan kamu memilih tempat tinggal yang memiliki pendingin ruangan. Nah, karena tagihan listrik akan menjadi biaya yang tinggi, pastikan Sebagian besar tagihan listrik sudah masuk ke harga sewa.

Jika kamu mengambil layanan dari organisasi perumahan siswa atau agen real estate, pastikan mereka membantu kamu untuk bertemu dengan pemilik property sehingga kamu tahu peraturan di akomodasi secara langsung.

Untuk tempat tinggal di luar kampus pemilik meminta uang jaminan minimal 3 bulan. Bandingkan sewa tempat tinggal di berbagai daerah dan juga bandingkan fasilitas sebelum membuat keputusan akhir.

Pastikan area yang kamu pilih untuk tinggal aman bagi siswa dan dekat dengan universitas tujuan kamu.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
UTS College
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
Monash Malaysia
Deakin University
SIT
Education Expo Manado

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan